Artikel

Manfaat Pull Up Untuk Kesehatan

Pull up adalah latihan otot-otot yang dilakukan dengan memanfaatkan sebuah media sebagai pegangan atau daya angkatnya.

Ada banyak manfaat pull up yang bisa kamu dapatkan untuk kebugaran dan kesehatan tubuh. Pull up sendiri merupakan olahraga yang bertujuan untuk melatih kekuatan otot tubuh bagian atas, terutama bagian tengah dan punggung.

Guna mendapatkan manfaat pull up yang maksimal, kamu membutuhkan tumpuan yang kuat, seperti pull up bar yang bisa kamu temukan di gym, palang yang tinggi, atau bisa juga ventilasi pintu rumah. Gerakan pull up dilakukan dengan cara mengangkat dan menggelantungkan tubuh pada tumpuan tersebut.

Lalu apa saja manfaat pull up? Untuk lebih jelasnya mari yuk simak ulasan berikut ini.

  1. Memperkuat Otot Punggung

Manfaat pull up yang pertama adalah dapat memperkuat otot punggung. Adapun bagian dari otot punggung yang dimaksud adalah sebagai berikut :

  • Infraspinatus

Merupakan otot punggung yang letaknya ada di tulang belikat.

  • Latissimus Dorsi

Merupakan otot punggung yang ukurannya paling besar. Otot ini membentang dari punggung bagian tengah hingga ke bawah ketiak dan tulang belikat.

  • Trapezius
Baca Juga  Contoh Soal UTUL UGM

Merupakan otot punggung yang letaknya berada di leher bagian belakang hingga bahu.

  • Thoracic Erector Spinae

Merupakan otot punggung yang terdiri dari 3 (tiga) otot dan membentang sepanjang tulang belakang.

  1. Memperkuat Otot Lengan dan Bahu

Manfaat pull up selanjutnya adalah dapat memperkuat otot lengan dan bahu. Hal ini dikarenakan gerakan pull up akan berpusat pada kedua bagian bagian tersebut. Jadi, bagi kamu yang ingin membentuk serta memperkuat lengan dan bahu, bisa coba melakukan gerakan pull up ini secara rutin.

Bagi pemula, kamu mungkin belum dapat menerapkan gerakan ini secara maksimal. Maka dari itu, jangan melakukan gerakan ini dengan terburu-buru tapi lakukan secara perlahan-lahan saja dalam durasi yang singkat. Jika sudah terbiasa, kamu dapat menambah intensitas latihannya.

  1. Meningkatkan Kekuatan Genggaman Tangan

Selain memperkuat otot punggung dan otot lengan serta bahu, pull up juga dapat meningkatkan kekuatan genggaman tangan. Pasalnya, karena saat melakukan pull up, bagian telapak tangan kamu akan menggenggam pull up bar dengan kuatnya guna menahan tubuh. Jika hal ini dilakukan secara benar dan rutin, maka tingkat kekuatan genggaman tanganmu tentunya akan semakin bertambah.

Baca Juga  Jadwal Rekrutmen, Seleksi Dan Penempatan Program SM-3T Tingkat Nasional Tahun 2016

Memiliki kekuatan genggaman yang kuat tentunya sangat bermanfaat, terutama bagi kamu yang sering melakukan aktivitas-aktivitas yang membutuhkan kekuatan genggaman tangan seperti bermain bulu tangkis, golf, atau membawa barang-barang yang cukup berat.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat gerakan pull up lainnya yang bisa kamu dapatkan adalah menjaga kesehatan tulang. Ada sejumlah penelitian yang menunjukkan bahwa gerakan-gerakan olahraga yang bertujuan melatih kekuatan seperti pull up akan sangat efektif dalam membantu menjaga tulsang supaya tetap sehat dan kuat.

Agar manfaat full up ini lebih maksimal, lakukan sebanyak 2-3 kali dalam seminggu. Selain itu, pastikan juga untuk melakukan gerakan pull up ini dengan baik dan benar untuk menghindari cedera.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat pull up untuk kesehatan yang terakhir adalah dapat menjaga kesehatan jantung. Bukan hanya itu, pull up juga dapat meminimalisir jantung dari mengalami gangguan kesehatan yang dapat mengancam jiwa.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang manfaat pull up untuk kesehatan. Semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X