Pojok #UNYuUNY Banget

Mau Tes TOEFL? Langsung Kepoin Layanan Tes TOEFL di UNY, Yuk!

Tahukah Sobat UNYu, TOEFL adalah tes yang terstandarisasi untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris dari seseorang yang bahasa ibunya bukanlah bahasa Inggris serta orang tersebut bertujuan untuk bekerja atau kuliah (https://www.wallstreetenglish.co.id/english-tips/toefl/).

Apakah Sobat UNYu termasuk scholarship hunter? Atau mau daftar kerja yang memerlukan sertifikat TOEFL?

Tenang, kalian sudah menemukan artikel yang tepat. Kali ini kami akan kenalin layanan tes TOEFL ITP (Institutional Testing Program) yang disediakan oleh Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UNY. Untuk yang belum tahu, Gedung P2B berada di seberang Gedung Student Center UNY. Mau tahu cara daftar dan berapa biayanya? Simak terus artikel sampai selesai, ya.

Prosedur pendaftaran

Berdasarkan informasi yang ada di website resmi Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) UNY, kalian bisa mengikuti langkah berikut ini:

  1. Calon Peserta mendaftar selambat-lambatnya pada tanggal batas pembayaran seperti tertera pada timeline yang disediakan.
  2. Calon Peserta dapat mendaftarkan diri ke Kantor P2B LPPMP UNY di Gedung Language Training Center UNY Lantai 1 atau mendaftar (booking) via telepon ke nomor Kantor P2B LPPMP UNY (0274) 550844.
  3. Persyaratan pendaftaran yang perlu dikumpulkan sebelum tes dimulai yaitu fotokopi KTP satu lembar dan pasfoto ukuran 3×4 satu lembar.
  4. Biaya tes TOEFL ITP Per 1 Desember 2018 adalah Rp 550.000,00 (lima ratus lima puluh ribu rupiah) termasuk pajak. Harga dapat berubah sewaktu-waktu.
  5. Pembayaran biaya tes TOEFL ITP dilayani baik secara langsung di Kantor P2B LPPMP UNY di Gedung Language Training Center UNY Lantai 1 maupun melalui transfer antarbank ke Bank BTN UNY dengan nomor rekening 00342-01-50-000622-1n. Pusat Pengembangan Bahasa LPPMP. Bukti transfer dikirim ke email p2b@uny.ac.id .
  6. Biaya tes yang sudah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  7. Peserta WAJIB hadir selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) menit sebelum tes dimulai.
  8. Tes dimulai pukul 00 WIBdi Laboratorium Komputer Gd. LPPMP UNY, Gedung Language Training Center UNY lantai 2. Peserta yang hadir setelah tes dimulai dianggap gugur dan biaya yang telah dibayarkan tidak dapat ditarik kembali.
  9. Peserta dilarang melakukan kecurangan (memberi contekan, mencontek, mencatat selama tes berlangsung, mengoperasikan alat komunikasi, dan/atau mengoperasikan alat elektronik lainnya). Apabila didapati peserta melakukan kecurangan, nilai dibatalkan.
Baca Juga  Be Amazing With Sastra Inggris UNY

Catatan penting!

Tes TOEFL ITP terselenggara dengan minimal peserta sejumlah 10 orang. Apabila peserta minimal tidak terpenuhi, Pusat Pengembangan Bahasa LPPMP UNY akan menginformasikan kepada peserta perihal pembatalan kegiatan tes pada tanggal batas pembayaran dan mengembalikan biaya pendaftaran sebesar 100%.

Pelayanan Pendaftaran Semi Online

Pusat Pengembangan Bahasa (P2B) LPPMP UNY juga melayani pendaftaran semi online dengan mekanisme sebagai berikut:

  • Pengisian formulir
  1. Unduh formulir tes TOEFL ITP
  2. Cetak formulir tes TOEFL ITP
  3. Isi secara manual
  4. Bubuhkan pas foto ukuran 3×4 sebanyak 1 lembar
  • Pengiriman berkas pendaftaran
  1. Scan formulir yang telah Anda isi
  2. Scan bukti transfer (pembayaran) tes TOEFL ITP
  3. Scan kartu identitas yang masih berlaku (KTP/SIM)
  4. Kirimkan file-file tersebut ke email P2B dengan alamat: p2b@uny.ac.id
Baca Juga  Pengen dapat Perhatian Lebih dari cewek, Lakukan Hal Romantis Berikut

Catatan: Calon peserta tes TOEFL ITP yang akan mendaftar mengikuti skema online WAJIB melakukan reservasi/booking melalui nomor (0274) 550844 sebelum melakukan pembayaran/transfer.

Nah, itu dia alur pendaftaran yang bisa Sobat UNYu lakukan untuk melakukan tes TOEFL ITP di P2B UNY. Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa langsung kunjungi website resminya http://p2b.lppmp.uny.ac.id/.

Semangat para pejuang TOEFL!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017 @irtifassina

Related Articles

Back to top button
Close
X