Pojok #UNYu

Media Pembelajaran Interaktif untuk PAUD

Hallo sobat #UNYu kalian suka bingung tidak kalau mau mendidik anak-anak terutama pada anak usia dini? Oh iya, mendidik anak-anak itu harus super sabar dan krearif. Mungkin yang perlu dibutuhkan untuk mendidik anak salah satunya dengan penggunaan media pembelajaran yang interaktif, agar kegiatan belajar itu tidak membosankan dan cepat tercerna bagi anak usia dini. Dalam pemilihan media pembelajaran juga harus sesuai dengan sasaran dan kebutuhan yang diperlukan anak, misalkan sasarannya anak usia dini (2-4 tahun) serta mereka ingin belajar mengenai pengingatan berupa pengenalan warna. Jadi, media yang cocok dengan kriteria tersebut adalah memilih media pembelajaran dengan bahan yang aman misalnya origami atau barang bekas yang layak, warnanya juga harus beragam, sesuaikan dengan materi yang ada, sertakan gambar yang menarik.

Mungkin berikut ini contoh media pembelajaran:

  1. Magic Card

Magic card atau kartu ajaib ini merupakan media pembelajaran yang berbentuk kartu dan di dalamnya terdapat materi ajar. Bahannya bisa dari bahan bekas berupa kardus yang dihias menggunakan spidol dan origami atau bisa juga terbuat dari kertas yang diprint sesuai materi ajar. Tujuan penggunaan media pembelajaran ini untuk membantu anak-anak dalam proses meningat dan untuk bermain bersama orang tua. Cara bermainnya bisa dengan tebak-tebakan antara anak-anak dengan orang tua. Namun, sudah banyak di toko-toko buku mengenai media belajar ini, di sana sudah ada berbagai macam materi yang bisa kita beli dan lebih efektif.

Baca Juga  The Magical Story of Taman Randu Alas, Tempat Syahdu nan Sejuk di UNY Tercinta!

Berikut ini contoh penggunaan Magic Card:

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Isricky | Sharing Kids Activity (@isrickyfamily)

  1. Smart Board Color

Smart board color atau papan warna cerdas adalah sebuah media untuk kegiatan belajar anak-anak berbentuk papan yang berbahan dasar barang bekas berupa kardus tebal yang di atasnya ada sedotan untuk memasukkan permainan warna. Tujuan media belajar ini untuk memudahkan dalam mengingat warna, meningkatkan motorik anak dan melatih kesabaran. Dalam membuat media belajar ini lebih baik menggunakan bentuk yang mudah di pahami anak contohnya bidang datar dan juga warna yang jelas.

Berikut ini contoh penggunaan Smart Board Color:

https://www.instagram.com/reel/Ch_5JmYBZXU/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

  1. Papan Mencocokkan Warna

Papan Mencocokkan Warna merupakan media belajar yang mudah dibuat dan digunakan, media ini terbuat dari kardus bekas yang dibalut kertas hvs putih, dibagian dalam kertas kita isi contoh berupa gambar dan warna yang menarik, setelah itu nanti si anak mencontoh gambar yang ada dan menempel di papan tersebut. Tujuan media belajar ini untuk melatih kesabaran, melatih menempel dan meningkatkan ingatan anak. Media ini sangat efektif dan efisien untuk melatih anak dalam belajar meningat, kita sebagai orang tua jadi tidak perlu bingung lagi.

Berikut ini contoh penggunaan Papan Mencocokkan Warna:

https://www.instagram.com/p/CVpQjFjJ-Vc/?igshid=YmMyMTA2M2Y%3D

Silvia Adisty

Mahasiswi PLS UNY 2020

Related Articles

Back to top button
X