intip JurusanPojok #UNYu

Mengenal Lebih Dekat Prodi Pendidikan Luar Sekolah UNY

Hallo sobat #UNYu kalian udah pada tahu belum prodi-prodi yang ada di UNY? Pastinya udah dong. Nah, kali ini akan membahas tentang prodi Pendidikan Luar Sekolah, biasanya prodi ini disingkat “PLS” atau PNF (Pendidikan Nonformal). Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui program studi ini, menurut pengalaman kebanyakan orang yang baru pertama mendegar prodi PLS pasti langsung bertanya-tanya “PLS itu apa sih?” untuk menjawab pertanyaan itu yuk kita simak penjelasan prodi ini.

Pendidikan Luar Sekolah adalah salah satu Program Studi  yang ada di Universitas Negeri Yogyakarta termasuk dalam Fakultas Ilmu Pendidikan, PLS merupakan jalur pendidikan yang bersifat nonformal atau berada di luar pendidikan formal di sekolah, biasanya digunakan untuk menambah, pelengkap atau menggantikan pendidikan formal yang dibutuhkan warga belajar. Banyak orang yang menyebut PLS dengan pendidikan masyarakat karena kegiatannya langsung terjun ke masyarakat, mereka dituntut untuk mensejahterahkan masyarakat yang belum mendapatkan pendidikan atau hanya sekedar menambah wawasan ilmu pengetahuan. Konsep pendidikan nonformal ini lebih mengarah ke pemberdayaan masyarakat, membelajarkan masyarakat, bersifat life long education/ pendidikan sepanjang hayat,

doc pribadi

Di dalam satuan pendidikan nonformal terdapat ranah/bidang yang bisa kita pelajari, menurut Undang-Undang RI No 2 Tahun 2003 pasal 26 ayat (3) “Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan, pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan kemampuan peserta didik.”

  1. Pendidikan Kecakapan Hidup atau Life Skill

Adalah pendidikan yang mempelajari tentang keterampilan/skill seseorang untuk memperbaiki nilai-nilai kehidupan di masa mendatang. Contohnya seperti program pemberian pelatihan dan keterampilan seperti pelatihan komputer, pelatihan memasak dan lain-lain

  1. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
Baca Juga  Ini Dia 5 Tempat Sewa Kebaya Wisuda Dengan Harga Kantong Mahasiswa

Merupakan lembaga pendidikan yang sasarannya usia 2-8 tahun bisa berupa pendidikan Kelompok Bermain/ playground, Taman Kanak-kanak, Taman Penitipan Anak, dan PAUD BIA.

  1. Pendidikan Kepemudaan

Merupakan pendidikan yang diselenggarakan untuk mematangkan kader para pemimpin bangsa, biasanya dalam implementasi pendidikan kepemudaan dilakukan melalui organisasi-organisasi kepemudaan ditingkat wilayah tertentu. Contohnya seperti karang taruna, remaja masjid, dan lain-lain.

  1. Pendidikan Pemberdayaan Perempuan

Adalah usaha perempuan untuk memperoleh akses dan pengawasan terhadap bidang-bidang yang ada, agar perempuan bisa meningkatkan keterampilan dan tidak dipandang rendah oleh laki-laki. Contohnya seperti pembentukan organisasi khusus perempuan, program pelatihan, sosialisasi, dan lain-lain

  1. Pendidikan Keaksaraan

Merupakan layanan pendidikan bagi masyarakat yang buta aksara (belum bisa membaca, menulis, dan berhitung) hal ini untuk upaya peningkatan kualitas hidup yang semakin maju.

  1. Pelatihan Kerja
Baca Juga  Hari Terakhir, Sudah Daftar SBMPTN 2016?

Merupakan peranan pendidikan yang mengutamakan pengetahuan, keterampilan, dan peningkatan sikap seseorang dalam melakukan tugas untuk mencapai tujuan yang dicapai.

  1. Pendidikan Kesetaraan

Adalah pendidikan untuk warga negara yang tidak atau belum berkesempatan mendapatkan pendidilan formal di sekolah. Contoh program yang diselenggarakan berupa program kejar paket A setara SD/MI, B setara SMP/MTs, dan C setara SMA/MA.

Setelah mengetahui ada banyak ranah dan program-program yang ada di PLS, sehingga dapat membuka peluang kerja/ prospek kerja yang luas dan tidak hanya menjadi guru saja, tetapi ada banyak profesi non keguruan dari lulusan prodi PLS ini. Yuk kita simak!

  • Sebagai Badan Pemberdaya Masyarakat (BAPERMAS)
  • Sebagai penilik pendidikan masyarakat baik di tingkat kacamatan maupun di kabupaten atau kota
  • Sebagai Tenaga Lapangan Pendidikan Masyarakat (Dikmas)
  • Sebagai Pusat Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini Non Formal Dan In Formal (PP-PAUDNI)
  • Sebagai Dirjen PAUD Dan DIKMAS Kemendikbud
  • Sebagai Pamong Belajar Pendidikan Nonformal Informal (PNFI)
  • Sebagai Pengelola dan Penyelenggara Pendidikan Nonformal Informal
  • Bekerja di Kementerian Sosial
  • Analis KB dan Diklat (BKKBN)
  • Bekerja di dinas pendidikan
  • Sebagai fasilitator dan pendidik lembaga nonformal
  • Sebagai dosen PLS

Silvia Adisty

Mahasiswi PLS UNY 2020

Related Articles

Back to top button
X