Pojok #UNYuUNY Banget

Mengenal Lebih Dekat  Si Tampan ; Taman Pancasila di  Kampus UNY

Bagi sebagian besar mahasiswa, kebutuhan akan adanya ruang untuk berdiskusi dan melakukan aneka kegiatan menjadi penting. Terutama kesediaan ruang publik  untuk melakukan kegiatan baik agenda didalam maupun diluar ruangan.Salah satu ruang terbuka publik yang biasa digunakan oleh mahasiswa adalah taman-taman yang berada di penjuru area kampus.

Tak terkecuali di kampus pusat UNY,dimana ada beragam taman dan ruang publik yang bisa digunakan untuk menyelenggarakan aneka kegiatan dimana salah satunya adalah Taman Pancasila UNY.  Sebuah ruang terbuka yang lahannya berada di antara Museum Pendidikan Indonesia,Fakultas Ilmu Pendidikan & Psikologi serta Fakultas Ilmu Sosial ini memiliki ciri khas berupa adanya semacam layar kecil yang menampilkan butir-butir Pancasila.

foto : instagram @unyofficial

Lalu, seperti apa informasi lain mengenai taman yang satu ini ? Berikut ini tim redaksi ulaskan melalui narasi singkat !

Taman Pancasila merupakan salah satu bentuk taman atau juga bisa disebut aset ruang terbuka hijau yang ada di lingkungan Universitas Negeri Yogyakarta.Lokasinya sendiri sangat strategis karena berada di bagian tengah serta diampit oleh beberapa fakultas. Dahulu, (saat penulis masih berkuliah) taman ini pernah dijadikan lahan parkir karena belum tersedianya lahan parkir memadai pada beberapa fakultas. Namun, seiring berjalannya waktu adanya wacana untuk mengembalikan nilai keberfungsian serta estetika dari taman ini,maka secara perlahan sudah tidak digunakan sebagai lahan parkir lagi.

Baca Juga  Ketika Pertanyaan ‘KAPAN NIKAH?’ Mencuat Ke Permukaan Saat Lebaran, Siapkan Jawaban Berikut Ini

Menurut sumber berita yang tim redaksi dapatkan dari salah satu pejabat kampus, secara nilai kepemilikan bangunan taman yang biasa diakronimkan dengan nama ’ Tam-Pan’ ini adalah milik Fakultas Ilmu Sosial ( kini FISHUM/FISIPOL UNY).  Namun,secara kepemilikan bersama tentunya ini adalah ruang terbuka untuk seluruh civitas akademika UNY.

Perihal ini relevan dengan adanya keterkaitan bahwa biasanya kegiatan mahasiswa FIS mulai dari ospek hingga berkumpul saat ospek dilakukan di taman ini. Menurut narasumber yang tim redaksi wawancarai , yaitu YW ( Pendidikan Sosiologi 2018), ia hampir melakukan separuh kegiatan mahasiswanya dari mulai ospek atau PKKMB Fakultas hingga kegiatan kerja kelompok dengan’ngadem’ di tempat ini. Lokasi ini juga pernah menjadi tempat konsentrasi latihan pada pemain teater jurusan Pendidikan Luar Sekolah pada kisaran tahun 2018-2019 untuk event himpunan mahasiswa.

Baca Juga  Daya Tampung dan Peminat Seleksi Mandiri UNY 2021
foto : instagram @unyofficial

Taman Pancasila merupakan aset bersama yang wajib kita jaga. Hendaknya,semua kegiatan mulai dari mengerjakan tugas,melakukan ‘meet up’ hingga latihan atau kegiatan lain jangan sampai ‘mencederai’ keberfungsiaan, estetika,serta ruang hijau ini.

Pantauan terakhir pada bulan Oktober 2023, kini Taman Pancasila sudah tidak ada kendaraan yang terparkir. Dengan ini,harapannya Si -‘TamPan’ bisa kembali kepada fungsi awalnya  dan terus menjadi tempat nyaman bagi seluruh mahasiswa. Jika kamu ingin berkegiatan disini jangan lupa tetap menjaga ketertiban dan kebersihan ya !

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
X