Pojok #UNYuSosokUNY Banget

Meniru Semangat Berkarya dari Kak Athi, Mahasiswa Berprestasi UNY 2021

Sebagai mahasiswa berprestasi, Kak Athi’ mendapatkan privilege untuk dikenal secara luas oleh mahasiswa UNY. Privilege ini ia manfaatkan untuk menebar benih kebaikan dan mengajak kawan-kawannya agar lebih semangat berkarya.

Halo, Sobat UNYu!

Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan semangat meraih mimpi, ya!

Kali ini, penulis ingin menjelaskan profil mahasiswa berprestasi S-1 UNY pada tahun 2021. Pasti di antara kalian ada yang sudah tak asing lagi dengan namanya. Dia adalah Athi’ Nur Aulia Auliati Rahmah, Mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2018. Pada kesempatan yang lalu, penulis berkesempatan untuk berbincang santai bersama Kak Athi’. Penulis mendapatkan banyak inspirasi dan motivasi lho untuk lebih semangat berkarya. Nah, biar Sobat UNYu juga mendapat inspirasi dari Kak Athi’, yuk simak hasil perbincangan penulis bersama Gadis Jawa Timur satu ini.

Athi’ Nur Auliati Rahmah (https://www.instagram.com/athirahmah/)
Perantau Madura yang Semangat Menuntut Ilmu di Kota Pelajar

Kak Athi’ merupakan orang Sumenep, Madura, Jawa Timur. Ia memutuskan untuk merantau ke Kota Pelajar dan memilih Universitas Negeri Yogyakarta sebagai tempatnya menimba ilmu. Kak Athi’ masuk melalui Seleksi Mandiri (jalur prestasi). Hingga pada akhirnya, ia berhasil masuk menjadi bagian mahasiswa Pendidikan Fisika angkatan 2018.

Dalam kesehariannya, Kak Athi’ memanfaatkan waktu kuliah untuk belajar dan mencetak prestasi. Sudah tak terhitung lagi berapa jumlah prestasi gadis Sumenep satu ini. Melalui Instagram-nya, ia membagikan pengalamannya ketika mengikuti berbagai kegiatan dan memenangi kejuaraan di tingkat nasional dan internasional.

Berprestasi dengan Niat Menyalurkan Hobi

Pada salah satu pengalamannya, Kak Athi’ bercerita jika ia hobi melukis. Lalu, ia iseng-iseng mengirimkan karyanya ke pameran daring yang diadakan di Spanyol. Karena nasib mujur, karyanya berhasil lolos dan dipamerkan pada pameran tersebut. Ia juga bercerita tentang kesukaannya yang melakukan eksperimen dan berkutat di lab kampus. Berkat kesukaannya itu, ia membuat penelitian dan mengajukannya untuk ajang lomba. Beberapa perlombaan yang pernah diraih antara lain Selected Artist, Madrid Grafica 2020: Covid Exit; Poster Exhibition (pameran luring dandaring via website) – Madrid Design Association and Foundation, Spanyol; Invited Artist, Virus is Over – Taiwan Global Anti Virus Graphic Design Exhibition 2020, Kaohsiung Creators Association, Taiwan; Madrid Grafica 2019: Sustainable City; Poster Exhibition (pameran daring via website) – Madrid Design Association and Foundation, Spanyol; dan masih banyak lagi perlombaan tingkat nasional serta internasional yang telah diraihnya.

Baca Juga  Apa Itu HIMA? Mahasiswa Baru Wajib Tahu!
Dana Bukan Jadi Penghalang untuk Berprestasi  

Di antara Sobat UNYu semua, mungkin ada yang bertanya-tanya tentang besarnya dana yang dipakai Kak Athi’ untuk mengikuti banyak kompetisi. Menurutnya, jangan jadikan dana sebagai penghalang utama untuk berkarya. Selama ini, ia tak mudah menyerah untuk mengajukan permohonan bantuan dana pada universitas. UNY sendiri dianggap Kak Athi’ sebagai kampus yang mendorong dan mendukung mahasiswa-mahasiswanya untuk berprestasi. Terlebih lagi jika mengikuti Unit Kegiatan Mahasiswa/Ormawa, keanggotaan ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa untuk lebih diprioritaskan mendapatkan bantuan dana. Dana yang diajukan pun bisa ke fakultas atau universitas.

Athi’ Nur Auliati Rahmah bersama Eka Gustiwana (https://www.instagram.com/athirahmah/)
Terpilih sebagai Perwakilan Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 1 untuk Berdiskusi dengan Mas Menteri Nadiem Makarim

Selain berprestasi di kampus, Kak Athi’ juga mengikuti program Kampus Mengajar yang diadakan oleh Kemdikbud. Program ini mengharuskan mahasiswanya mengabdi di sekolah dasar yang berada di daerah 3T. Kak Athi’ pun mendapatkan SD Negeri Guluk-Guluk II, Guluk Guluk, Sumenep, Madura, Jawa Timur, sebagai sekolah sasaran tempat ia mengabdi. Di sana, Kak Athi’ menjadi salah satu mahasiswa beruntung yang bisa terjun langsung melihat pendidikan yang belum merata. Gadis Madura ini pun bersemangat mengamalkan ilmunya di SD Negeri Guluk-Guluk II selama tiga bulan. Kabar bahagia pun tersebar ketika Kak Athi’ mendampingi salah satu siswa untuk ikut lomba Kompetisi Sains Nasional dan berhasil mengantarkannya lolos Tahap 1 KSN Kecamatan Guluk-Guluk.

Baca Juga  Cara Hadapi Pertanyaan Sumber Kegelisahan Mahasiswa

Pengalaman mengesankan yang dialami Kak Athi’ tak berhenti sampai situ saja. Pada kesempatan yang lain, Kak Athi’ diundang oleh Kemdikbud untuk berbagi pengalamannya mengenai kegiatannya mengikuti Kampus Mengajar. Tak main-main, kegiatan yang dilaksanakan secara daring ini juga menghadirkan Mas Menteri Nadiem Makarim untuk membahas bersama mengenai realisasi Kampus Mengajar Angkatan 1 tahun 2021. Kita sebagai warga Universitas Negeri Yogyakarta patut berbangga hati karena Kak Athi’ menjadi perwakilan kampus yang sukses mengabdikan dirinya melalui Kampus Mengajar.

Peran Keluarga yang Supportif Membuat Kak Athi’ Terus Berkembang

Kak Athi’ tak lupa berbagi cerita mengenai keluarganya yang selalu mendukung semua yang dilakukan Kak Athi’. Mulai dari proses masuk kuliah dengan jalur Seleksi Mandiri, Kak Athi’ mendapat dukungan penuh untuk menimba ilmu di Kota Pelajar. Berasal dari daerah pelosok di Madura, ia menjalani kehidupan kuliah sehari-hari sebagai anak rantau. Berkat dukungan yang baik dari keluarga, Kak Athi’ mampu bertumbuh dan menginspirasi banyak orang hingga kini.

Nah, itulah profil dan nilai-nilai inspiratif dari Kak Athi’. Luar biasa, bukan? Sekarang waktunya Sobat UNYu menambah porsi semangat untuk meraih mimpi. Kembangkan apa yang menjadi passion kalian. Manfaatkan masa kuliah untuk mengeksplor skill baru dan menebar lebih banyak manfaat. Semangat, Para Pejuang Mimpi!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017 @irtifassina

Related Articles

Back to top button
Close
X