Kabar KampusPKM

Pelatihan Daring “Karsa Wisata Geopark” oleh Kelompok PKM-M UNY

KEBUMEN- Salah satu kelompok Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian kepada Masyarakat (PKM-M) dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) menyelenggarakan program pelatihan daring bertajuk “Karsa Wisata Geopark” untuk anggota karang taruna Desa Karangsambung, Kebumen. Program ini meliputi lima kali pelatihan daring yang diselenggarakan melalui aplikasi Google Meet pada tanggal 13-21 September 2020.

Pelatihan ini bertujuan untuk menyiapkan pengembangan wisata “Karsa Wisata Geopark” di Desa Karangsambung, Kebumen.

“Karsa Wisata Geopark” adalah  pengembangan desa wisata yang memanfaatkan situs-situs geopark yang ada di Desa Karangsambung sebagai sumber belajar yang dikemas dalam wisata alam dan edukasi sebagai komponen utama dan wisata air dan budaya sebagai komponen pendukung.

Baca Juga  Pendopo Tejokusumo, Ikon FBS yang tak Pernah Sepi

Pelatihan meliputi sosialisasi Geopark Nasional Karangsambung-Karangbolong dan situs-situs geologi yang berada di Desa Karangsambung, pelatihan tour guiding,pemasaran dan promosi desa wisata,  manajemen pariwisata, serta pelatihan pembuatan kerajinan lampion bambu dan kesenian Ebeg.

Anggota kelompok PKM-M yang beranggotakan Indah Mutiara Sari sebagai ketua tim, Lutfiana Hikmawati, Wahyu Nur Afrita, Mirda Nor Endah Sari, dan Anjas Pramesti ini juga menjadi pemateri dalam pelatihan daring yang diikuti oleh tujuh anggota Karang Taruna Gatra Karsa Desa Karangsambung.

“Pelatihan ini sangat berguna sebagai bentuk pemberdayaan masyarakat dan menyiapkan desa wisata yang memanfaatkan situs geopark,” tutur Aji, salah satu peserta pelatihan.

Selain mampu memberdayakan masyarakat Desa Karangsambung, program ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. (Indah Mutiara/UNY)

Baca Juga  UNY Wisuda 983 Lulusan, 349 Diantaranya Meraih Predikat Cumlaude

 

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X