Kabar KampusPojok #UNYu

Pembelajaran Luar Sekolah Bersama Gembira Loka Zoo dan Prodi PLS UNY

Hallo sobat #UNYu kalian tahu tidak sih tentang PLS? Tetapi PLS yang dimaksud bukan Prodi yang ada di UNY lho. PLS yang satu ini memiliki arti berupa program Pembelajaran Luar Sekolah, untuk lebih jelasnya lagi yuk kita simak pengertian berikut ini!

Program PLS atau Pembelajaran Luar Sekolah merupakan sebuah program edukasi satwa yang diselenggarakan oleh Gembira Loka Zoo bekerja sama dengan Prodi Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta. Program PLS ini sebagai lembaga konservasi Ex-Situ dan berfungsi sebagai tempat penelitian, edukasi, serta rekreasi. Program ini merupakan salah satu dari program CSR (Corporate Social Responsibility) Gembira Loka Zoo kepada masyarakat setempat khususnya bagi para pelajar dari sekolah-sekolah se-usia TK-SMA/sederajat. Dalam konsep program PLS ini tidak hanya berkaitan dengan pendidikan formal saja, namun lebih luas lagi mengajak warga belajar untuk mendapatkan ilmu di luar lingkungan sekolahnya dan dipadukan dengan wisata sambil bermain.

 

Baca Juga  Hanya Mahasiswa Pejuang Beasiswa yang Mengerti 5 Hal ini

Dalam program PLS ini pihak GLZoo menyediakan fasilitator atau pemandu dari hasil kerja sama dengan Prodi Pendidikan Luar Sekolah UNY. Pemilihan fasilitator atau pemandu ini juga memiliki syarat dan ketentuan tertentu, tetapi pemandu di sini hanya untuk mahasiswa Prodi PLS UNY dan tidak open recruitment untuk masyarakat umum.

Program PLS dilakukan dengan cara pembelajaran outing class yang dapat memberikan kemudahan akses untuk anak-anak agar dapat belajar secara langsung bagi anak PAUD, SD, SMP, dan SMA atau sederajat. Dalam kegiatan program PLS ini ada beberapa tahapannya, berikut ini tahap pelaksanaan program PLS yaitu:

Pertama penyambutan peserta, saat peserta pertama kali masuk dari loket depan para pemandu sudah siap untuk menyapa dan menyambut kedatangan warga belajar dan didampingi guru.

Kedua bina suasana, setelah penyambutan dilakukan bina suasana seperti pembuatan kelompok, baris yang rapi, perkenalan, ice breaking hingga informasi tentang aturan yang ada.

Ketiga pelaksanaan pojok kreatif, kegiatan pojok krestif yang dimaksud ini adalah kegiatan untuk warga belajar dalam membuat hasil karya yang sudah disedikan oleh pemandu, hasil karya ini contohnya seperti mewarnai gambar binatang, menggambar binatang, membuat kerajinan tangan, accessories dan lain sebagainya.

Baca Juga  5 Hal yang Kamu Rasakan Ketika Punya Gebetan Satu Jurusan

Keempat mulai tour kebun binatang, setelah kegiatan pojok kreatif dan ice breaking saatnya pemandu nemimpin warga belajar untuk keliling Gembira Loka, di sini kita akan dijelaskan oleh pemandu mengenai fakta-fakta unik satwa dan juga berdiskusi, selanjutnya juga bisa mengelilingi Gembira Loka menggunakan kereta keliling dan juga warga belajar bisa merasakan naik kapal di tengah danau buatan di GLZoo.

Kelima recalling, untuk kegiatan terakhir yaitu mengingat kembali materi yang telah disampaikan oleh pemandu.

Nah, kegiatan Pembelajaran Luar Sekolah Gembira Loka Zoo bersama Prodi PLS UNY ini bisa kita jadikan sarana pembelajaran dan wisata edukasi bagi adik-adik dari usia TK hingga SMA, untuk lebih jelasnya lagi bisa dilihat official account Instagram: @glzoojogja dan @plsglzoo

Silvia Adisty

Mahasiswi PLS UNY 2020

Related Articles

Back to top button
X