Pojok #UNYuTips

Pengertian Sekaligus Perbedaan Piagam dan Sertfikat

Ada sebuah cerita, sebagai pengantar. Kemarin saya baru saja mendapatkan sertifikat atas kemenangan dalam lomba renang. Saya bangga. Saya berhasil. Nah, itu hanya sebagai hidangan pengantar saja untuk melanjutkan pembahasan mengenai perbedaan piagam dan sertifikat.

Pengertian piagam menurut KBBI adalah surat (tulisan pada batu, tembaga, dan sebagainya) resmi yang berisi pernyataan pemberian hak, tanah, dan sebagainya atau berisi pernyataan dan peneguhan mengenai suatu hal (tentang ikrar dan sebagainya). KBBI juga menerangkan bahwa piagam adalah sebuah ijazah atau diploma.

Pengertian sertifikat menurut KBBI adalah tanda atau surat keterangan (pernyataan) tertulis atau tercetak dari orang yang berwenang yang dapat digunakan sebagai bukti pemilihan atau suatu kejadian.

Nah, mengenai pengertian piagam dan sertifikat di atas tentu sudah ada gambaran apa sih perbedaan keduanya? Sekarang akan mulai pembahasan mengenai perbedaan secara lebih spesifik mengenai perbedaan keduanya.

Baca Juga  Mitos: 5 Pohon Ini Adalah Tempat Bersarangnya yang Halus-halus

#1 Desain

Membuat desain piagam dan sertifikat bisa dilakukan menggunakan beberapa perangkat lunak yang saat ini semakin banyak dan memudahkan. Pada bagian depan piagam dan sertifikat biasanya berisi berupa nama atau ruang untuk sebuah tulisan sesuai dengan kebutuhan dan diperlukan di masing-masing piagam dan sertifikat. Paling penting dalam sebuah piagam dan sertifikat terdapat sebuah intansi, sekolah, dan perusahaan yang mengeluarkan piagam ataupun sertifikat tersebut. Tanda resmi dan dipercaya.

Pemilihan warna dalam mencetak piagam dan sertifikat bisa dilakukan secara menarik dan sesuai dengan kebutuhan. Ada bisa dicetak menggunakan hot print. Dan yang paling sering ditemukan adalah ada bagian logo yang samar-samar dalam sebuah piagam dan sertifikat. Biasanya itu gambar logo dari sebuah instansi yang mengeluarkan.

#2 Jenis dan Ukuran Kertas

Dalam mencetak beberapa surat, kertas, piagam, dan sertifikat tentu memiliki ukuran tersendiri. Nah, di sini akan dibahas jenis dan ukuran kertas yang digunakan untuk mencetak piagam dan sertfikat. Ukuran yang biasa digunakan untuk mencetak piagam dan sertfikat ini adalah Ukuran A5, ukuran A4, dan ukuran letter. Ketiga kertas tersebut tidak diharuskan mutlak piagam dicetak menggunakan ukuran A4 atau A5, tapi itu ukuran yang sering digunakan untuk mencetak piagam dan sertifikat.

Baca Juga  Nikah VS Kuliah? Why Not!

Jenis kertas yang baik untuk mencetak piagam dan sertifikat adalah Art Carton, Kertas Concorde, dan Kertas Linen. Ketiga kertas tersebut bisa digunakan untuk mencetak dan paling sering dipilih. Kertas yang digunakan biasanya memiliki ukuran 210 sampai 310 gsm.

Nah, itu adalah perbedaan yang paling mudah dipelajari dan diketahui mengenai piagam dan sertifikat. Ada perbedaan pengertian, perbedaan desain, dan perbedaan mengenai jenis kertas. Keduanya hampir memiliki persamaan, hanya saja dari segi tujuan tentu akan berbeda. Semoga bermanfaat.

Related Articles

Back to top button
X