Mahasiswa BangetPojok #UNYuTips

Perhatikan 4 Poin Ini Untuk Sambut Semester Baru!

Halo, Sahabat UNYu!

Gimana liburannya kemarin? Menikmati dengan maksimal? Atau malah masih terngiang sama hasil/nilai semester lalu?

Eiittss, ingat, hasil/nilai adalah sebagian kecil dari proses pembelajaran yang dihadapi. Jadikan kuliah sebagai proses untuk memaknai belajar, menuntut ilmu dari para dosen expert. Kalau ada yang belum dapat maksimal, boleh sedih kok, tapi jangan berlarut-larut, ya.

Karena liburan telah usai, kini waktunya bangun untuk hadapi rutinitas seperti biasa. Selamat datang di semester baru! Berdasarkan edaran Surat Keputusan Rektor UNY kemarin, pembelajaran semester genap ini masih berlangsung online, kan. Nggakpapa. Kita musti terus semangat, entah kuliah online/offline.

By the way, kira-kira apa aja sih yang udah kalian siapin? Coba, simak beberapa poin berikut ini. Pastikan sudah ter-ceklist sebelum benar-benar masuk kuliah online, ya.

  1. Sudah bayar UKT dan Isi KRS

Pada mahasiswa reguler, pembayaran UKT dan pengisian KRS punya relevansi. Mahasiswa yang sudah membayar UKT, otomatis akan dapat PIN unik untuk pengisian KRS. Nah, pastikan kalian sudah memenuhi itu semua, ya. Pembayaran UKT UNY juga sudah lebih mudah karena bisa melalui teller, ATM, bahkan TokoPedia. Setelah membayar UKT, jangan lupa lakukan pengisian KRS sesuai arahan dosen program studi dan dosen pembimbing akademik. Jadi, pastikan UKT dan KRS sudah beres sebelum kuliah semester baru dimulai.

  1. Buat jadwal kuliah untuk semester baru
Baca Juga  Kisah Perjuanganku Masuk Kuliah di UNY

Membuat jadwal kuliah pada binder/file gambar kadang memudahkan mahasiswa saat melihat kegiatan sehari-harinya. Kalian bisa ikuti cara ini juga. Untuk yang suka menulis di binder, kalian bisa tulis di selembar kertas binder. Jika lebih suka berbentuk file digital, silakan berkreasi dengan Canva/Paint. Tambahkan ornamen yang kira-kira membuat kalian lebih bersemangat.

  1. Cari tahu latar belakang dosen

Jangan salah, cara ini bisa kalian manfaatkan untuk lebih paham dengan karakter dosen kalian, terlebih untuk dosen yang belum pernah mengajar di kelas semester sebelumnya. Kalian bisa banget mewawancarai kakak tingkat/teman dari kelas lain. Kumpulkan informasi detail tentang dosen tersebut. Informasi yang bisa kalian kumpulkan misalnya tentang bagaimana karakternya ketika mengajar, apa saja kriteria penilaiannya, dan aturan khusus apa saja yang diterapkannya. Alamat rumah juga boleh lho kalian cari tahu hehe. Siapa tahu mau silaturahmi dan antar kue 😀

  1. Selalu tanyakan kontrak belajar pada tiap dosen saat pertemuan pertama kuliah
Baca Juga  Untukmu yang Galau Dirundung Perjodohan

Nah, ini jadi poin penting juga yang perlu kalian siapkan saat menghadapi semester baru. Saat pertemuan pertama kuliah, tanyakan pada dosen yang bersangkutan tentang kontrak belajar. Berapa menit keterlambatan yang ditolerin, berapa kali absen yang dibolehkan. Kalian juga boleh minta RPS dan informasi buku rujukan untuk kuliah.

Itu dia poin-poin yang perlu kalian siapkan untuk mengahdapi seemster baru. Sekali lagi, selamat, ya! Semoga di semester baru ini kalian bisa makin menikmati proses belajar dan menyerap ilmu sebanyak mungkin. Semangaaat!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNY @irtifassina

Related Articles

Back to top button
X