AplikasiPojok #UNYuTips

Permudah Penyusunan Artikel Ilmiah dengan Tool Berikut Ini

Kalian mahasiswa tingkat akhir? Sedang menulis artikel ilmiah? Ingin publish di jurnal nasional/internasional? Ini merupakan tulisan yang cocok untuk kalian yaitu 3 tools yang akan membantu kita dalam proses penyusunan artikel ilmiah. Tanpa berlama-lama, langsung menuju TKP..

  1. Mendeley

Hal yang bikin frustasi itu ketika mulai menyusun daftar pustaka.  Terlebih jika kita tidak mengenal manajemen referensi, akan membutuhkan waktu yang lama dalam menyusun referensi secara manual. Namun tidak perlu khawatir, teman-teman bisa menggunakan reference manager (manajemen referensi) untuk mempercepat prosesnya, salah satunya yaitu Mendeley. Mendeley merupakan reference manager (manajemen referensi) yang membantu kita saat menyusun sumber-sumber yang kita gunakan baik buku, halaman web, majalah, peraturan perundang-undangan. Selain itu, fungsi lainnya kita bisa menambahkan referensi secara manual, membaca file, serta mencari referensi. Fungsi terpenting lainnya adalah kita bisa berkolaborasi dengan peneliti lain dalam satu project penulisan artikel ilmiah.

  1. Grammarly
Baca Juga  Kupas Tuntas Perbedaan Jurusan dengan Prodi

Bahasa Inggris sering menjadi momok dalam penyusunan artikel ilmiah. Jurnal banyak yang menggunakan bahasa Inggris sebagai syarat untuk di publish di tempat mereka. Untuk itu, teman-teman perlu berkenalan dengan Grammarly. Aplikasi ini sangat berguna untuk kita yang memiliki keterbatasan dalam menulis Bahasa Inggris. Grammarly sendiri dapat menerjemahkan, meninjau kesalahan tulisan (typo) sampai ke bagian lanjut yaitu merekomendasikan kata yang lebih baik. Jadi dengan adanya Grammarly ini kita seperti memiliki editor yang akan membantu memperbaiki tulisan kita.

  1. Turnitin

Tools terakhir yang perlu dimiliki yaitu Turnitin. Turnitin berfungsi dalam mengecek persentase plagiarisme dalam karya ilmiah kita. Selain itu, juga dapat menunjukkan bagian mana yang mengandung plagiarisme (baik kata maupun paragraf) serta sumber yang kita gunakan. Biasanya, jurnal mempersyaratkan minimal persentase plagiarisme. Selain itu juga, sebagai peneliti hal ini penting karena plagiarisme dapat dianggap pidana di karenakan mengambil karya orang lain dan menjadikan itu sebagai karangan sendiri.

Baca Juga  5 Fakta Tentang Prodi Pendidikan Geografi

Itu saja untuk kali ini, dari ketiga aplikasi tersebut hanya mendeley yang dapat diakses secara gratis. Sedangkan grammarly kita bisa gunakan tapi fungsinya terbatas, untuk dapat mengakses secara penuh akan dikenakan biaya. Untuk Turnitin juga berbayar, ada kampus-kampus tertentu yang menyediakannya sebagai fasilitas bagi mahasiswa untuk mengecek hasil karya ilmiah mereka.

Mohamad Riyandi Badu

Let's inspire the world

Related Articles

Back to top button
Close
X