PMB UNYPojok #UNYu

Prodi Favorit di UNY Jalur Seleksi Mandiri yang wajib kamu ketahui 

Musim penerimaan mahasiswa baru sudah dimulai, Setelah sebelumnya tahap seleksi nasional berbasis nilai telah terselenggara, kini masih ada pilihan bagi para calon mahasiswa baru (red : camaba) untuk mewujudkan impiannya menduduki kursi di perguruan tinggi Indonesia, khususnya Universitas Negeri Yogyakarta.

Universitas Negeri Yogyakarta atau yang acap dikenal dengan akronim sebagai UNY (dalam bahasa Indonesia) atau YSU (Yogyakarta State University dalam bahasa Inggris ), merupakan salah satu perguruan tinggi yang mempelopori banyak universitas yang lahir di kota bergelar daerah istimewa ini. Universitas Negeri Yogyakarta juga menjadi salah satu standar universitas di Indonesia. Tak ayal, universitas eks IKIP dan saudara tua dari UGM ini menjadi rujukan banyak calon mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Tidak mengeherankan, banyak prodi baik kependidikan maupun non kependidikan di fakultas –fakultas yang ada di UNY menjadi langganan peminat terbanyak setiap tahunnya.  Oleh karena itu, kali ini tim redaksi akan berbagi sedikit informasi dan referensi apa saja prodi dengan peminat terbanyak berdasarkan pola partisipasi pendaftar atau animo pendaftar  tahun 2022. Harapannya, informasi ini bisa menjadi sedikit pencerahan bagi para camaba yang akan mengikuti ujian seleksi khususnya seleksi mandiri yang rutin diadakan UNY tiap tahunnya.

 Berikut ini, 7 Prodi Peminat Terbanyak dan jadi langganan favorit camaba di UNY, Let’s check this out !

  1. Top 3 dari Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi UNY ; Kampusnya Feo !

Fakultas yang terkenal dengan maskor burung hantunya bernama Feo ini memiliki dua langganan program studi yang selalu menjadi buruan para camaba dari seluruh Indonesia.  Dua program studi tersebut adalah prodi Psikologi dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar ( PGSD).

Dilansir dari website PMB UNY, Program studi PGSD dan Psikologi pada tahun 2022 memiliki angka animo berturut-turut yaitu 6.201 dan 11.299 camaba. Selain dua prodi primadona tersebut, tahun 2022 tercatat lonjakan animo camaba pada program Bimbingan dan Konseling (BK). Pada tahun lalu, sebanyak 4.014 camaba menginginkan kursi pada program studi ini.

  1. Fakultas Bahasa dan Seni (yang sekarang) ditambah Budaya ; Punya Sasing sampai PBI dan PBSI dengan angka animo yang tinggi

Fakultas yang dulu terkenal dengan akronim FBS ini  tidak kalah mendapatkan tempat di hati para camaba. Terbukti dengan adanya angka animo tinggi bahkan lebih dari angka 4.000 pada salah satu prodi favoritnya. Program-program studi terfavorit pada tahun 2022 jatuh kepada Prodi Sastra Inggris atau biasa dikenal juga dengan nama ‘Sasing’  (4.418 ), disusul ‘ sister prodi-nya’  yaitu Pendidikan Bahasa Inggris atau ‘PBI’  (3.885), serta Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia  atau ‘PBSI’  (2.921).

  1. Ilmu Alam dan Matematika yang akan selalu berguna ; Prodi Favorit dari Fakultas MIPA

Fakultas bermakara biru dengan prodi yang secara keseluruhan berada di rumpun SAINTEK ini juga memiliki angka animo yang tinggi pada tahun 2022 pada tiga program studinya. Program tersebut adalah prodi Biologi Murni kemudian disusul prodi bungsu di FMIPA yaitu statistika  dan prodi Pendidikan Biologi.Program-program studi ini bahkan menyentuh angka animo lebih dari 3.000 dan 2.700.

Baca Juga  Mengenang Kembali Kebiasaan Waktu Kecil Saat Bulan Ramadhan

Sejauh ini, prodi statistika berulang kali menjadi langganan prodi terfavorit di UNY meski angka usia prodi tersebut terbilang masih baru.

  1. Fakultas Ilmu Sosial,Hukum, dan Ilmu Politik; Punya TOP ONE Langganan paling banyak camaba yang membidik

Fakultas Ilmu sosial yang sekarang menjadi Fakultas Ilmu sosial beserta Hukum dan Politik memiliki prodi-prodi langganan favorit hampir di semua jalur masuk seleksi. Bahkan, salah satu prodinya sering nangkring menjadi prodi favorit pada tiap tahun. Program studi tersebut adalah program ilmu komunikasi atau beken dikenal dengan nama ‘Ilkom’. Pada tahun 2022 saja, sebanyak hampir 13.091 camaba dari seluruh Indonesia memperebutkan tiket masuk untuk lolos di program studi satu ini.

Program studi lain dari fakultas ini tak kalang banyak animonya, sebut saja prodi Administrasi Publik hingga prodi Pendidikan Sosiologi.

  1. Fakultas Teknik; Si Rajawali Utara punya prodi yang diperebutkan oleh 6 ribu camaba Indonesia !

Fakultas paling utara di UNY yang terkenal dengan nama Rajawali Utara memiliki program studi ilmu teknik  dengan angka animo terbanyak tahun 2022 yaitu program studi Teknologi Informasi. Angka animonya bahkan mencapai angka 6.538 camaba.

Program studi di Fakultas Teknik yang lainnya juga tidak kalah banyak angka animonya, seperti prodi Teknik Sipil Murni hingga Teknik Industri.

  1. Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan ; Prodi PJKR banyak diincar !

Fakultas yang letaknya berada di serambi depan UNY ini memiliki prodi pada kelompok SAINTEK yang secara keseluruhan telah berakreditasi unggul. Prodi favoritnya adalah prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi atau bisa juga disebut PJKR.Prodi ini juga menyaratkan portofolio keterampilan , tinggi badan minimal serta tidak buta warna pada proses seleksinya. Prodi ini sendiri diperebutkan oleh 1.931 camaba.

  1. Fakultas Ekonomi ; Punya Prodi Masa Kini yang banyak diincar !

Fakultas Ekonomi yang sekarang berganti menjadi Fakultas Ekonomi dan Bisnis memiliki prodi impian para camaba masa kini. Program tersebut adalah program manajemen yang diminati oleh 15.180 camaba. Prodi ini merupakan salah satu prodi yang selalu laris tiap tahunnya dengan banyak peminat.

Baca Juga  5 Tipe Mahasiswa “Kupu-kupu”

 Dari ulasan tersebut, Fakultas Ilmu Pendidikan sendiri merupakan fakultas favorit dan  salah satu fakultas tertua yang ada di UNY. Dengan demikian, untuk masuk dan belajar di fakultas yang menjadi “mother of born” dari banyak prodi dan fakultas lain di UNY, diperlukan semangat yang tak kenal lelah. Sebagai catatan, pada fakultas ini semua program studinya berada dalam rumpun SOSHUM termasuk didalamnya program studi psikologi.

Ada juga FBS yang sekarang punya tambahan kata ‘budaya’ bukan hanya sekadar kawah candradimuka bagi mereka yang memiliki minat, bakat, dan ketertarikan pada ilmu bahasa , budaya, dan seni namun juga menjadi ‘ homebase’  yang nyaman.

Kawasan para calon ‘scientist’ bereksperimen juga menjadi kawasan terpadu yang nyaman dan menggelorakan semangat pembelajaran untuk menemukan dan menghasilkan banyak ide-ide baru khususnya untuk kemajuan Sains dan Teknologi di Indonesia.

Dengan semakin luasnya cakupan yang menjadi bahan kajian pada keseharian mahasiswa fakultas ilmu sosial, besar harapannya akan lahir kembali para pejuang muda yang dekat, mengerti, serta memahami kondisi bangsa serta menjadi pioner berlangsungnya keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia serta ketertiban hukum.

Ilmu-ilmu teknik yang ragam pilihannya tersedia di UNY menjadi bentuk “best choices” untukmu menjadi seorang ahli teknik yang berkualitas.

Kesehatan bangsa menjadi salah satu pondasi untuk menjadi bangsa yang kuat. Melalui fakultas ilmu keolahragaan,tidak hanya kesehatan jasmani yang dipelajari namun juga nilai-nilai untuk menyebarluaskan kebermanfaatan lebih lanjut melalui beragam kegiatan dan aktivitas olahraga.

Manajemen diri yang baik dan diikuti oleh pengisian ilmu manajemen yang baik pula, dapat melahirkan implementasi keilmuan untuk mendorong kemajuan negara.

Tak ada mimpi yang sempurna, namun ada nilai lebih ketika kedua tangan dan kaki kita setapak demi setapak menyulam mimpi tersebut. Selamat memperjuangkan UNY hingga titik akhir sebagai pilihan hatimu untuk mendulang makna pendidikan adalah upaya memberantas ketidaktahuan dalam dirimu.

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
X