Pojok #UNYu

Selain Kedokteran, Ini dia 5 Jurusan Untuk Anak Rumpun IPA yang bisa jadi pilihan!

 Rumpun Ilmu Pengetahuan Alam dan Matematika atau biasa diakronimkan dengan nama MIPA, menjadi salah satu rumpun ilmu yang biasanya menentukan peminatan penjurusan di perguruan tinggi. Selain itu, rumpun jurusan ini biasanya merupakan “bawaan” dari tingkat sebelumnya khususnya di SMA atau MA. Rumpun ilmu juga menjadi “keyword” untuk menentukan seorang lulusan SMA sederajat akan mengikuti tes masuk perguruan tinggi.

pic : kanalkosong.blogspot.com

Terkenal akan keahlian hitung-hitungan atau biologi, nyatanya Rumpun IPA juga memiliki segudang prodi lain yang prospek kerjanya tak kalah menjanjikan. Selain kedokteran berikut ini 5 Jurusan Anak Rumpun IPA yang bisa dijadikan opsi pilihan !

  1. Ilmu Gizi

Ilmu Gizi menjadi kawah candradimuka untuk melahirkan para nutrionist muda yang terampil memasak juga memadu padankan bahan pangan agar tumbuh kembang si kecil hingga kebutuhan gizi lansia tetap terjaga.

Di Indonesia, beberapa perguruan tinggi menyediakan program studi ini antara lain UGM, Unsoed, UI hingga Poltekes Semarang.

  1. Statistika

Apa yang kamu bayangkan ketika mendengar statistika ? Statistika memang lekat dengan hitung-hitungan angka. Meski begitu, statistika lebih dalam dari yang kita perkirakan. Jiwa analisis dan keterampilan mengolah data berupa angka menjadi salah satu kuncinya.

Baca Juga  Semester Pendek, Perlu Nggak Sih? Berikut Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui!

Oleh karena itu, statistika cocok bagi anak-anak yang memang menyukai dunia hitungan yang biasanya sudah terlatih ketika memasuki jurusan IPA semasa sekolah menengah atas.

Prodi statistika sendiri kini telah tersedia di Kampus UNY, dibawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.

  1. Teknik Kimia & Kimia Murni

Kimia dan Teknik Kimia merupakan rumpun ilmu yang sering dikira identik. Tidak salah, hal ini dapat dimaklumi karena keduanya memang berasal dari satu kesatuan ilmu kimia. Kimia sendiri merupakan salah satu kompetensi umum yang biasa diajarkan di sekolah menengah atas khususnya rumpun IPA. Bedanya, jika teknik kimia lebih mendetail pada prinsip kimia secara tepat guna, sedangkan kimia murni menjadi seolah-olah diumpamakan sebagai “petugas” yang merumuskan proses kimiawinya.

Di UNY sendiri , prodi Kimia Murni tersedia di fakultas MIPA. Sedangkan Teknik Kimia umumnya ada dibawah naungan Fakultas Teknik seperti di UI, UGM, ITB atau UNAIR.

  1. Ilmu Tanah

Meski kurang terdengar familiar, ilmu tanah merupakan salah satu jurusan yang memiliki peminat cukup tinggi pada rumpun SAINTEK. Ilmu Tanah merupakan bidang ilmu yang mengkaji tanah sebagai sumber daya alam.  Ilmu Tanah mempelajari pembentukan, klasifikasi, pemetaan, dan karakteristik tanah (fisik, kimiawi, biologis) hingga  tingkat kesuburan, dan bagaimana cara mengelolanya agar dapat mendukung kehidupan seluruh makhluk hidup.

Baca Juga  Dan Hanya Mahasiswa Aktivis Pers Yang Tahu Rasanya Ini

Jurusan Ilmu Tanah tersedia di beberapa perguruan tinggi seperti IPB,UGM ,Unsri, Unpad hingga UPN Veteran Yogyakarta.

  1. Matematika Murni atau Pendidikan Matematika

Ini dia program studi yang cocok bagi anak MIPA apalagi yang memiliki minat pada bidang matematika baik secara dasar ilmu atau perpaduan dengan bidang pendidikan. Teman-teman pasti tahu Jerome Polin kan? , Jerome juga merupakan mahasiswa yang mengambil jurusan Matematika di Waseda University Jepang . Ia bahkan sukses dengan IPK sempurna dari kampus tersebut. Wah bisa jadi teladan ya !

Untuk dalam negeri , Matematika Murni dan Pendidikan dapat ditempuh di FMIPA UNY. Kampus lain yang memiliki FMIPA biasanya juga mengadakan pengajaran di bidang ini.

Bagaimana ? Jadi ada pandangan tambahan kan ?

Yuk kejar kampus dan jurusan impianmu !

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
X