Pojok #UNYuSosok

Sukses Bisnis Desain ala Kang Kikur Founder “Inipagi”

Pemuda kreatif dengan nama lengkap Rizki Kurniawan Darsono atau biasa dipanggil dengan Kang Kikur ini bergelut di bidang desain khususnya desain ikon. Kini, ia sudah memiliki studio desain bernama Inipagi Studio yang beralamat di Dayu, Sinduharjo, Kec. Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

doc unycommunity

Bakat Itu Muncul Sejak SMP

Dalam wawancara yang dilakukan oleh UNY Community, ia mengaku bahwa sudah mengenal desain sejak sejak duduk di bangku Sekolah Menengah Pertama. Awalnya ia hanya mengenal aplikasi sederhana seperti Paint dan Microsoft Power Point. Ia senang berkreasi dengan aplikasi tersebut meskipun masih sangat sederhana.

Saat pria asal Banyumas ini beranjak ke SMA, ia mengenal sosok teman yang mahir dalam bidang desain. Ia pun mulai tekun belajar bersama teman SMAnya. Ia mulai serius menekuni hobi desainnya.

“Temen SMA dulu ada yang jago desain, ikut belajar, ganti-ganti background dan bikin gambar vector” Ujar Rizki.

Baca Juga  Hai Mahasiswa! Yuk Kembali ke Masa Sebelum Lahirnya Smartphone

Kemahirannya di bidang desain ia peroleh tanpa kursus alias belajar otodidak dari buku, artikel ke internet, video tutorial, workshop, dan bertanya ke teman-teman yang lebih jago.

Masa Kuliah, Mulai Merintis Usaha

Sama sekali tidak terbesit di benak seorang Rizki Kurniawan Darsono ketika masih menjadi mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta untuk membuat sebuah studio desain. Ia memulai usaha bersama teman-temannya, tiga mahasiswa Teknik Sipil dan dua mahasiswa Matematika.

“Awalnya melayani jasa development dan properti. Ketika lulus kuliah akhirnya usaha saya pegang sendiri.” Ujar Kang Kikur.

Di internet ada idola yang menginspirasi

Dalam menjalankan usahanya, tentunya Kang Kikur mempunyai agenda untuk terus memajukan usahanya terutama dari segi kualitas sumber daya manusia. Agenda tersebut dinamakan agenda “Ini Main” semacam company visit. Kegiatan “Ini Main” diadakan agar para karyawan di “Ini Pagi” studio bisa refreshing dan menemukan inspirasi baru. Agenda company visit dilakukan agar bisa sama-sama belajar dari perusahaan lain.

Baca Juga  Keistimewaan PGSD UNY Yang Tiada Dua-nya! Wajib Kamu Tau

Kang Kikur dan tim juga gencar melalukan promosi di internet baik website maupun media sosial. Promosi daring masih menjadi andalan Kang Kikur karena lebih efektif dan tepat sasaran.

Definisi sukses menurut Kang Kikur

Ketika menutup bincang eksklusif bersama Kang Kikur, UNY Community menanyakan pertanyaan penutup yang membuat Kang Kikur menganggap sebagai “Pertanyaan yang sulit”. Pertanyaan tersebut mengenai definisi sukses menurut Kang Kikur. Menurutnya, sukses itu berhasil dalam konteks apapun, kita bisa melakukan sesuatu yang kelihatannya tidak mungkin namun nyatanya bisa dilakukan dan sukses gak melulu punya banyak duit.

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
Close
X