intip JurusanPojok #UNYu

Teknologi Informasi; Prodi Baru di UNY yang Wajib Kalian Tahu!

Halo, Sahabat UNYu!

Untuk para calon mahasiswa baru, sudahkah kalian menentukan program studi impian? Jika belum, kalian wajib tahu tentang prodi (program studi) baru yang ada di UNY, yaitu Teknologi Informasi S-1.

Tak ada salahnya lo kita stalking lebih jauh Program Studi Teknologi Informasi yang ada di UNY. Mengingat kebutuhan Indonesia terhadap anak IT yang cukup besar, program studi ini seakan menjadi jawabannya. Teknologi Informasi adalah salah satu program studi yang berada di Fakultas Teknik UNY. Program studi ini memiliki visi untuk menjadi program studi yang unggul, kreatif, dan inovatif di bidang Teknologi Informasi berlandaskan ketakwaan, kemandirian, dan kecendekiaan pada tahun 2025.

Prodi Teknologi Informasi S-1 mempelajari tentang perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak) komputer. Untuk pendaftarannya sendiri, calon mahasiswa baru bisa melalui tes SNMPTN, SBMPTN, dan SM UNY. Lebih lengkapnya, kalian bisa mengunjungi website resmi pmb.uny.ac.id.

Nah, jika sudah diterima menjadi mahasiswa Teknologi Informasi S-1, kalian bisa menikmati berbagai fasilitas antara lain Lab. Jaringan, Lab. Audio Video dan TV, Lab. Pemrograman dan Sistem Informasi, Lab. Multimedia and Virtual Reality, dan Lab. Fiber to the Home. Akreditasi untuk program studi ini masih dalam proses. Namun tenang, peluang karir yang bisa dipilih tentulah banyak, seperti programmer, analis sistem, administrator jaringan, desainer visual/multimedia, dan peluang karir lainnya. Menurut website resmi PMB UNY, lulusan Teknologi Informasi akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik (S.T.).

Baca Juga  5 Hal Sederhana yang Bisa Dongkrak IPK

Lalu, bagaimana sih atmosfer yang ada di prodi ini? Apa saja suka dukanya? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, penulis telah melakukan bincang-bincang virtual dengan salah seorang mahasiswi dari Teknologi Informasi angkatan 2019 (angkatan pertama yang ada di prodi TI). Dia adalah Amalia Hafizha, seorang mahasiswi TI dari Purworejo. Hasil bincang-bincangnya bisa Sahabat UNYu simak di bawah ini yap.

Halo, Amalia. Boleh tahu alasanmu memilih prodi ini?

Halo. Teknologi Informasi itu punya peluang kerja yang sangat luas dan terbuka lebar di berbagai bidang. Jadi, aku tak ragu untuk masuk prodi ini di UNY.

Apa saja sih yang dipelajari di prodi Teknologi Informasi? Adakah mata kuliah peminatannya?

Yang dipelajari di TI itu tentunya ada pemrograman, desain grafis, jaringan, audio visual, dan masih banyak lagi. Secara garis besar, peminatan di TI dibagi menjadi tiga, yakni pemrograman, multimedia, dan jaringan.

Di UNY kan ada prodi Pendidikan Teknologi Informatika (PTI), apa bedanya prodi itu dengan Teknologi Informasi?

Prodi Teknologi Informasi merupakan prodi non-kependidikan yang sepengetahuan saya, prospek kerjanya lebih luas (terutama apabila di perusahaan) dibandingkan dengan prodi kependidikan (dalam hal ini Pendidikan Teknik Informatika). Perbedaan yang sangat terasa yakni tidak adanya mata kuliah kependidikan. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa UNY merupakan kampus kependidikan, sehingga dalam pembelajarannya masih cukup dibumbui oleh kultur kependidikan.

Setiap prodi biasanya ada HIMA (Himpunan Mahasiswa). Untuk HIMA Teknologi Informasi apakah digabung dengan HIMA PTI/bagaimana?  

HIMA TI digabung dengan beberapa prodi lain (S1 Pendidikan Teknik Informatika, S1 Pendidikan Teknik Elektronika, S1 Teknologi Informasi, D4 Teknik Elektronika Wates, D4 Teknik Elektronika Gunungkidul) dengan nama HIMA-nya HIMANIKA (Himpunan Mahasiswa Himpunan Mahasiswa Elektronika & Informatika). Namun, kedepannya ada wacana bahwa prodi-prodi D4 akan dipisahkan dari HIMANIKA dan dimasukkan ke HIMA kampus cabangnya. Sebagai contoh, kedepannya Prodi D4 Teknik Elektronika Wates akan dipindahkan ke HIMA Kampus Wates untuk memudahkan komunikasi dan koordinasi.

Baca Juga  Sky Castle : Drama Yang Membuka Mata Tentang Gilanya Sistem Pendidikan

Menurut Amalia, apa sih yang bikin asyik belajar di Teknologi Informasi?

Banyak sekali hal baru yang bermanfaat dan trendy yang bisa dipelajari dalam perkuliahan prodi TI. Selain itu, hal-hal yang dipelajari di TI ini dapat dikaitkan dengan pembelajaran prodi lain maupun kehidupan sehari-hari sehingga bertambah pula wawasan kita.

Apa aja tantangan belajar di Teknologi Informasi?

Tantangannya, supaya masing-masing dari kami bisa berkembang, harus aktif dalam upgrading ilmu, karena di luar sana ilmu TI berkembang pesat seperti yang kita ketahui. Ketika kami tidak rajin dalam memperbaharui ilmu, maka itu artinya kami bersiap untuk tertinggal.

Itulah hasil bincang-bincang penulis bersama Amalia. Gimana, pasti kalian sudah ada gambaran kan tentang Teknologi Informasi? Biar lebih afdhol, kalian bisa kepoin Instagram Teknologi Informasi UNY ke @ti_uny.

Yang terpenting, pastikan Sahabat UNYu memilih program studi sesuai dengan minatnya. Jangan karena paksaan, apalagi hanya karena gengsi 🙂

Percayalah, sesuatu akan menenangkan jika dijalani dengan hati.

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017 @irtifassina

Related Articles

Back to top button
X