Artikel

Tips Bagaimana Pengusaha Harus Memanfaatkan Pemasaran Video


Mengapa Bisnis Harus Menggunakan Video untuk Pemasaran?

Sebelum kita membahas tipsnya, mari kita bahas dulu kenapa bisnis harus menggunakan konten video untuk tujuan pemasaran.

Menurut statistik, 93% pemasar mengatakan bahwa konten video memainkan peran penting dalam strategi pemasaran mereka. Sangat jelas bahwa konten video memiliki banyak manfaat dalam hal pemasaran. Berikut adalah beberapa keuntungan dari konten video.

●       Ini membantu untuk membangun kesadaran merek Anda.

●       Meningkatkan kehadiran online merek Anda.

●       Meningkatkan penjualan Anda.

●       Ini membantu membangun kepercayaan merek.

Terlepas dari manfaat di atas, satu hal yang membuat video menjadi strategi pemasaran yang sangat baik adalah dapat dengan mudah dikuasai jika Anda ingin membuat tanda dengan konten video. Ya, pemasaran video membutuhkan banyak waktu, uang, dan tenaga, tetapi keuntungan yang menyertainya sepadan.

Tips Bagaimana Pengusaha Harus Memanfaatkan Pemasaran Video

1. Manfaatkan Platform Media Sosial

Facebook (75%) adalah salah satu platform media sosial paling populer yang digunakan pemasar untuk memposting konten video. Diikuti oleh YouTube (70%) dan kemudian Instagram (58%). Jadi, mengapa tidak memanfaatkan platform ini dengan sejumlah besar pengguna yang menghabiskan banyak waktu di platform ini. YouTube adalah platform terbesar di mana video dialirkan dan menempati urutan kedua setelah Google dalam kategori mesin pencari. YouTube memiliki basis pelanggan yang besar, dan ketika digunakan dengan benar, itu akan membantu Anda mengembangkan bisnis Anda. Anda dapat menggunakan platform ini untuk menjawab pertanyaan sederhana tentang merek Anda dan produknya. Ingatlah bahwa konsumen di platform ini sudah terhubung dengan konten video, jadi terserah merek untuk memberikan konten video terbaik kepada mereka.

2. Kualitas Melebihi Kuantitas

Terkadang merek menjadi begitu bersemangat dengan video tersebut sehingga mereka langsung terjun ke dalamnya tanpa berpikir. Satu hal penting yang harus Anda pahami adalah bahwa orang sudah memiliki terlalu banyak konten video untuk ditonton. Jadi, jika Anda ingin menerobos semua kebisingan, Anda harus membuat video berkualitas tinggi yang menarik penonton sejak awal. Bukan seberapa banyak yang Anda buat, dan apa yang Anda buat. Jadi, pastikan Anda fokus pada kualitas konten daripada kuantitas. Meskipun Anda hanya dapat menghasilkan satu video dalam sebulan, pastikan bahwa video yang Anda buat adalah sesuatu yang dapat terhubung dengan audiens Anda.

Baca Juga  Mengenal Beragam Jenis Varian Partisi Kantor yang Tepat untuk Digunakan

3. PamerkanMerek Anda
Videoadalah salah satu cara terbaik untuk memamerkan merek dan produk Anda. Dengan melakukan ini, pelanggan akan mengetahui apa yang dilakukan merek Anda dan memahami merek Anda dengan lebih baik. Pastikan untuk membuat konten video yang menampilkan merek Anda dengan cara yang benar, daripada membuat konten yang tidak relevan dengan layanan atau produk Anda.

4. Konversi Blog menjadi Video

Jika Anda memiliki posting blog yang memiliki tingkat interaksi tinggi, maka Anda dapat menggunakan blog tersebut untuk mengubahnya menjadi video. Mengonversi blog cukup mudah karena Anda memiliki konten yang siap digunakan. Namun, satu hal yang perlu diingat adalah memastikan bahwa blog yang Anda gunakan paling cocok untuk format video. Ada banyak aplikasi dan perangkat lunak yang dapat Anda gunakan untuk membuat video yang menarik dalam waktu singkat.

5. Peragakan – Jangan Menjual Secara Eksplisit

Dengan menyusutnya rentang perhatian, orang tidak memiliki kesabaran untuk tetap berpegang pada video yang tidak menghibur. Sangat mudah bagi mereka untuk mengklik dan beralih ke video menarik berikutnya. Oleh karena itu, Anda harus memastikan bahwa konten Anda memiliki nilai bagi pelanggan saat menggunakan konten video. Pastikan Anda mendemonstrasikan fitur produk Anda dengan baik. Saat ini, konsumen cukup pintar untuk mengetahui kapan Anda mencoba menjual produk kepada mereka, jadi secara eksplisit menjual produk adalah hal yang dilarang. Konsumen mencari jawaban atas masalah mereka dan menginginkan solusi. Jadi, merek perlu memberi mereka solusi yang akan menyelesaikan masalah mereka.

6. Gunakan Video Langsung untuk Terhubung dengan Pemirsa Anda

Membuat video pemasaran itu menantang dan memakan waktu, dan inilah mengapa video langsung sekarang menjadi populer. Sebagian besar merek menggunakan video langsung untuk terhubung dengan pelanggan mereka. Meskipun memerlukan persiapan, siaran langsung adalah pilihan yang jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan semua jenis teknik video lainnya. Saat ini, sebagian besar platform media sosial menawarkan opsi video langsung di mana Anda dapat dengan mudah menayangkan dan memamerkan penawaran merek Anda. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk terhubung dengan audiens dan menjawab pertanyaan yang mungkin dimiliki pelanggan Anda tentang produk atau layanan Anda.

Baca Juga  Memorable Staycation at Luxurious Hotel, Sofitel Sentosa

7. Express Appreciation

Ya, ini adalah sesuatu yang sering dilupakan oleh sebagian besar merek. Anda perlu menghargai pelanggan Anda apa pun yang terjadi. Anda harus menunjukkan kepada mereka bahwa Anda peduli dan menghargai mereka. Konsumen tidak menyukai merek yang gagal menghargai atau tidak berinteraksi dengan pelanggannya. Jadi, melangkah lebih jauh, tampil di depan kamera, dan sampaikan pesan yang tulus untuk audiens Anda. Mereka pasti akan mencintai, menghargai, dan menghormati Anda atas apa yang telah Anda lakukan.

Kesimpulan:

Konten video adalah alat luar biasa yang dapat digunakan bisnis untuk strategi pemasaran mereka. Masa depan video cerah, dan berkembang dengan pesat. Oleh karena itu, menambahkan konten video ke strategi pemasaran Anda akan membantu mengembangkan bisnis Anda ke tingkat yang lebih tinggi. Pemasaran video membutuhkan banyak waktu dan kesabaran. Kuncinya adalah tetap konsisten dan terus bergerak maju meskipun beberapa video tidak berjalan dengan baik. Untuk berhasil, Anda perlu belajar dari kesalahan Anda, dan dengan sedikit coba-coba, Anda pasti akan mencapai tujuan Anda. Idenya adalah untuk memposting konten Anda di platform yang tepat pada waktu yang tepat. Selain itu, fokuslah untuk membuat konten yang sesuai dengan target audiens Anda. Konten Anda harus dapat menjangkau mereka dengan cara terbaik. Dengan strategi pemasaran video yang cerdas dan alat pembuatan video canggih dari InVideo, Anda akan melihat hasilnya dalam waktu singkat. 

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X