Artikel

Transfer Mata Uang Asing, Baikkah Untuk Kesehatan Negara

Transfer mata uang asing membantu perkembangan mata uang negara

Transfer valas adalah fungsi layanan yang ditawarkan dari aplikasi rekening bank DBS dimana pelanggan dapat menggunakan fungsi ini untuk mengirimkan uang ke penerima pembayaran domestik atau luar negeri dalam mata uang asing yang diperlukan. Selain itu, layanan transfer pengiriman uang mencakup dua layanan yakni transfer valas bebas biaya dan juga transfer valas reguler.

Transfer valas bebas biaya Ini adalah layanan transfer bebas biaya satu hari layanan yang disediakan oleh sistem internal DBS Indonesia ke beberapa negara menggunakan mata uang negara tersebut, seperti USD ke AS, SGD ke Singapura, AUD ke Australia, dll.

Transfer valas reguler adalah layanan transfer mata uang asing menggunakan sistem SWIFT (Global Interbank Financial Telecommunications Association). Sistem SWIFT adalah sistem perbankan internasional yang menggunakan standar keamanan dan lingkungan yang dapat diandalkan untuk mengirim dan menerima informasi terkait transaksi keuangan.

Jalur ini dapat digunakan untuk mengirim mata uang asing ke luar ruang lingkup layanan transfer valuta asing gratis, seperti mengirim dolar AS ke Australia, mengirim RMB ke Singapura, mengirim yen Jepang ke Jepang, dan sebagainya.

Melakukan kegiatan bisnis antar negara turut membantu perkembangan kesehatan mata uang Indonesia. Bank Indonesia (BI) mencatat bahwa nilai tukar rupiah telah menguat atau menguat terhadap dolar Amerika Serikat (USD). Selama Oktober 2019, rupiah menguat 1,18 persen.

Sementara itu, sejak awal 2019 atau tahun hingga saat ini (ytd) rupiah telah menguat sebesar 2,50 persen. Optimisme ini didukung oleh prospek aliran modal asing ke Indonesia yang dipertahankan sejalan dengan prospek ekonomi domestik yang menguntungkan dan pengembalian yang menarik, serta dampak positif dari kebijakan moneter yang longgar di negara-negara maju.

Baca Juga  Semifinal Piala AFF Futsal 2018 Indonesia vs Thailand - Ini Link dan Harga Tiketnya di GOR UNY

Transaksi mata uang asing melalui digibank transfer valas

Saat ini telah banyak terdapat instansi yang menawarkan jasa pelayanan untuk melakukan aktivitas transfer mata uang asing, baik instansi tersebut adalah bank maupun instansi non bank. Patut dicatat bahwa digibank hadir tidak semata-mata sekedar untuk urusan transfer mata uang asing semata.

Terdapat beberapa keunggulan lain yang ditawarkan pihak digibank transfer valas yang langsung dapat anda dapatkan ketika melakukan transaksi mata uang asing. Berikut ini merupakan beberapa keunggulan layanan aplikasi digibank by DBS.

  • Akses aplikasi selama 1 minggu penuh, tanpa Anda perlu mendatangi cabang digibank.
  • Gratis biaya transfer untuk 20 lebih negara.
  • Nilai tukar yang kompetitif, yang akan membuat transfer valas lebih ringan.
  • Transfer valas yang Anda lakukan bisa sampai pada hari yang sama.

Metode transfer uang ke luar negeri  dengan digibank transfer valas

Berikut ini merupakan cara transfer uang ke luar negeri secara mudah dengan fasilitas transfer valas yang disediakan di aplikasi digibank by DBS.

  • Mula-mula Anda harus mengunduh aplikasi digibank by DBS terlebih dahulu dan melakukan aktivasi akun.
  • Barulah setelah akun anda siap anda bisa melakukan transaksi melalui aplikasi.
  • Kemudian pilihlah menu transfer, kemudian pilih transfer valas.
  • Setelah anda memilih menu transfer akan muncul kolom perintah baru yang berisi menu tambah penerima, pilih menu tersebut dan ikuti petunjuk selanjutnya.
  • Berikutnya, setelah kolom penerima transfer dana telah anda isi, pilihlah negara tujuan transfer valas yang hendak anda lakukan.
  • Pilih mata uang yang ingin anda pergunakan untuk transaksi.
  • Pilihlah jenis bank dan juga isi data detail dari penerima transfer valas yang anda kehendaki.
  • Kemudian yang perlu Anda lakukan adalah memasukkan jumlah nominal yang hendak anda transfer, kemudian klik “Lanjut” dan selesaikan transaksi yang Anda lakukan.
Baca Juga  Tips Merawat Roller Bearing Agar Tetap Awet Dan Tidak Mudah Rusak

Mudah sekali bukan caranya, dengan melakukan transaksi transfer valas menggunakan digibank transfer valas anda dapat menemukan kemudahan aktivitas transaksi bisnis anda. Anda tak perlu khawatir transaksi luar negeri dapat menghambat aktivitas bisnis anda karena saat ini transaksi mata uang asing bisa anda lakukan kapanpun dan dimanapun dengan mudah menggunakan ponsel pintar anda. Anda tak perlu lagi repot-repot datang dan mengantri di kantor cabang hanya untuk melakukan aktivitas transaksi mata uang asing karena dengan digibank transfer valas, kemudahan ada ditangan anda.

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X