Pojok #UNYuTips

Tutorial Mengetik 10 Jari untuk Pemula, Auto Jago!

Mengetik yang cepat sangat dibutuhkan untuk Anda yang bekerja di depan laptop atau perangkat lainnya agar pekerjaan cepat selesai. Salah satu teknik yang perlu Anda kuasai adalah teknik mengetik 10 jari. Yuk, simak untuk tutorial mengetik 10 jari yang mudah dipraktikkan!

2 Tips dan Tutorial Mengetik 10 Jari untuk Pemula

Mengetik 10 jari dapat membantu pekerjaan Anda di kantor cepat selesai dan mampu meningkatkan kinerja otak, loh! Anda ingin mengetik dengan cepat tanpa melihat keyboard lagi dan dapat menghasilkan 15 kata/menit? Mungkin teknik ini akan cocok untuk Anda!

1. Atur Posisi Jari Tangan di Keyboard

Untuk bisa mahir mengetik 10 jari, Anda harus mampu meletakkan tiap-tiap jari di papan keyboard. Usahakan untuk meletakkan jari paling aktif dan ringan di huruf atau tombol yang paling sering ditekan, seperti huruf vokal.

Nah, berikut adalah posisi jari tangan kanan yang perlu Anda letakkan di atas papan keyboard.

  • Jempol : posisikan jempol Anda di atas tombol spasi. Gunakan jempol kanan jika yang terakhir mengetik adalah jari kiri
  • Telunjuk : huruf Y, U, H, J, N, M, angka 7 dan 6
  • Jari tengah : huruf I, K, koma, dan angka 8
  • Jari manis : huruf O, L, angka 9, titik, dan Alt
  • Kelingking : tanda titik dua, tanda petik, Enter, huruf P, tanda kurung siku ({}),Ctrl kanan, garis miring terbalik (\), tanda tanya, dan Shift

Untuk posisi jari tangan kiri adalah sebagai berikut.

  • Jempol : posisikan jempol di tombol spasi. Gunakan jempol kiri jika yang terakhir mengetik adalah jari kanan
  • Jari tengah : huruf E, D, C, dan angka 3
  • Jari telunjuk : huruf R, F, G, V, T, B, dan angka 4 serta 5
  • Jari manis : huruf W, S, X, dan angka 2
  • Kelingking : huruf Q, A, Z, angka 1, Alt, tanda ~, Tab, Shift dan Ctrl kiri, tombol Windows, dan Caps Lock

2. Perbanyak Latihan

Supaya dapat menguasai mengetik dengan cepat, tentunya Anda perlu aktif berlatih dan belajar. Anda bisa berlatih dengan sering mempraktikkan teknik mengetik 10 jari ini dengan menutup mata atau tanpa melihat ke keyboard.

Atau supaya lebih merasa terbantu, Anda juga bisa menggunakan aplikasi mengetik 10 jari gratis, seperti RapidTyping, Kiran’s Typing Tutor, dan Klavaro Touch Typing Tutor.

Itulah dia tutorial mengetik 10 jari yang mudah dipraktikkan untuk Anda yang pemula. Jangan lupa untuk selalu berlatih dan konsisten supaya Anda cepat menguasai mengetik dengan cepat!

Baca Juga  Yuk Belajar Broadcasting dan “Express Your Mind” Bersama Magenta Radio

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
X