Pojok #UNYuTips

Untukmu Pejuang Skripsi, Berikut Tips Agar Cepat Lulus!

Tugas Akhir adalah tahap yang pasti akan dilalui oleh semua mahasiswa dalam proses perkuliahannya. Tak jarang, Tugas Akhir ini juga menjadi momok yang menakutkan bagi para mahasiswa. Ada banyak rumor yang beredar mengenai Tugas Akhir ini yang kemudian menjadi faktor timbulnya ketakutan pada diri mahasiswa tersebut, antara lain seperti dosen yang killer, dosen yang tidak responsif, topik penelitian yang sulit, pengolahan data yang rumit, atau kemasalan dari diri sendiri. Tidak bisa dipungkiri, hal-hal tersebut sedikit banyak akan ada dalam proses penyusunan Tugas Akhir kita nantinya, namun masih ada banyak cara yang dapat mengatasi permasalahan diatas.  Berikut tips agar penyusunan Tugas Akhirmu cepat selesai dan cepat lulus! Check This Out!

pic : steemit.com/esteem/@teukufauzi1997/
  1. Niat

Segala tindakan dan perbuatan dalam hidup kita, tidak lain dan tidak bukan yang mendasarinya adalah niat. Begitupun dengan Tugas Akhir. Ketika kita memulai mengerjakan Tugas Akhir, buka kembali niat kita. Apa sebetulnya niat kita sejauh ini, apa niat kita ada sampai di titik sekarang. Apakah hanya untuk memenuhi formalitas sebagai anak kuliahan? Apakah hanya untuk gaya-gayaan? Atau untuk kesuksesan kita? Untuk masa depan kita? Untuk kebahagiaan diri kita dan kebahagiaan orangtua kita? Atau apa? Setelah kita benar-benar mengolah dan menata kembali niat kita, pasti langkah yang kita kerjakan setelahnya akan bisa penuh dengan semangat dan optimis.

  1. Ikhlas

Sabar,ikhlas dan berserah adalah hal yang harus selalu kita tanamkan dan kita usahakan ketika dalam proses ini. Banyak hal-hal diluar kendali kita yang kemungkinan besar akan terjadi. Mulai dari dapat dosen pembimbing yang tidak sesuai dengan apa yang kita mau, dapat topik penelitian yang tidak sesuai pula atau banyak kendala-kendala lain. Ikhlas memang tak semudah berucap. Tapi kita tidak ada pilihan. Mungkin ikhlas saja tidak menyelesaikan masalah, namun dengan ikhlas kita akan dapat lebih “legowo” dalam perjalanan proses ini.

  1. Atur Jadwal Mengerjakan Skripsi
Baca Juga  Ini Dia 5 Tempat Sewa Kebaya Wisuda Dengan Harga Kantong Mahasiswa

Untukmu yang ingin cepat selesai, jangan lewatkan satu haripun kamu tidak menengok skipsimu. Tidak melulu kamu harus menambah kata demi kata dalam skripsi, hanya dengan membaca ulang dan memahami ulang skripsimu saja juga merupakan suatu progres luarbiasa. Luangkan waktumu barang satu dua jam dalam sehari. Paksa diri kamu untuk disiplin dan konsisten.

  1. Jangan Lelah Menghubungi Dosen Pembimbing

Tidak dibalas, tidak di respon mungkin menjadi makanan biasa yang mahasiswa rasakan. Tapi kamu tidak boleh menyerah. Jangan berkecil hati. Tumbuhkanlah selalu positive thinking dalam diri kita. Ketika dosen tidak segera memberi respon, pahamkanlah kepada diri kita bahwa dosen tidak hanya untuk diri kita seorang hadir di dunia ini, beliau pasti sangat banyak pekerjaan lain, belum mengurus anak dan keluarganya. Kita tidak pernah tahu apa yang sedang dosen hadapi. Yang terpenting, jangan lelah untuk terus menghubungi dosen, tanya apa yang kamu tidak bisa dan laporkan sudah sejauh mana progresmu.

  1. Ikuti Apapun Perintah Dosen Pembimbing

Banyak revisi memang melelahkan. Namun, secara tidak langsung, dengan banyaknya revisi tersebut kita sedang dibentuk untuk jauh lebih baik lagi lho. Betapa hebatnya dirimu ketika kamu bisa mengerjakan itu semua. Ikuti semua perintah dan arahan dosen pembimbing. Jangan terkesan membantah meskipun kamu dipihak yang benar, kalaupun ada yang perlu dijelaskan, sampaikan kepada dosen dengan bahasa yang baik dan sopan ya. dosen pasti suka dengan mahasiswa yang patuh, penurut dan disiplin.

  1. Ciptakan Lingkungan yang Positif
Baca Juga  Karena Hidup adalah Sastra, Masuk Jurusan Sastra Bisa Menghidupi Hidup

Tidak bisa dipungkiri, saat-saat mengerjakan skripsi adalah saat dimana kita butuh banyak sekali semangat. Hubungilah teman-teman seperjuanganmu. Saling semangat dan menyemangati. Saling bertukar tips dan info. Semakin banyak orang-orang positif di lingkunganmu, akan semakin baik dan semakin cepat kamu bisa menyelesaikan apa yang harus kamu selesaikan.

  1. Ibadah

Lebih dekat dengan Tuhan rasanya bukan pilihan yang buruk. Justru, ketika kita selalu melibatkan Tuhan dalam berbagai hal, Tuhan akan bantu kita dan mudahkan langkah kita. Ketika segala ikhtiar kita di dunia terkesan tidak mungkin untuk mencapai apa yang kita mau, kita tidak boleh lupa, masih ada jalur langit yang menanti kehadiran kita. Tips untuk yang beragama Islam, saat proses pengerjaan skripsimu, perbanyaklah sholawat, mengaji, berdzikir, sholat dhuha, sholat hajat, sholat tahajud. Terutama sholat hajat, karena kita sedang menghikhtiarkan hajat besar kita.

Itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk para kaum pejuang skripsi. Pada intinya, ketercapaian dan keberhasilan ini dilandasi oleh niat yang kuat, tekat yang kuat, disiplin yang tinggi dan ibadah yang tak pernah henti. Semangat untuk para pejuang skripsi! Semakin cepat kamu menyelesaikannya, semakin cepat orang tua mu akan tersenyum bangga!

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
X