Pojok #UNYuUNY Banget

Yuk Kenalan dengan Prodi Baru PMB UNY 2021

Gais, tahun ini UNY telah membuka kampus baru yang berlokasi di Kabupaten Gunungkidul. Di kampus ini akan berdiri beberapa prodi vokasi yang siap menerima mahasiswa baru. Selain itu, terdapat satu prodi baru di Kampus Wates yang dibuka tahun 2021.

foto : bima bimbim

Berikut prodi-prodi baru yang siap menerima mahasiswa baru di Kampus Gunungkidul dan Kampus Wates :

  1. D4 Pengobatan Tradisional Indonesia, FIK (Kampus Wates)

Program Studi D4 Pengobatan Tradisional Indonesia merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Keolahragaan dan berlokasi di Kampus Wates. Memiliki fokus utama yakni pengobatan tradisional Indonesia. Prodi ini tergolong langka mungkin merupakan program studi  satu-satunya dan yang pertama di Indonesia.

Beberapa profil lulusan dapat menjadi Praktisi Pengobatan Tradisional Indonesia, Manager Pelayanan Pengobatan Tradisional Indonesia, Peneliti dan pengembang pengobatan tradisional Indonesia, serta Community Leader di bidang pengobatan tradisional Indonesia.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung 40 mahasiswa dan akan menjadi angkatan pertama di jurusan ini.

2. D4 Teknik Elektronika, FT (Kampus GK)

Berlokasi di Kampus Gunungkidul, prodi D4 Teknik Elektronika menjadi salah satu prodi pertama yang siap menerima mahasiswa baru di kampus baru tahun 2021 ini. Dengan tujuan mengikuti perkembangan teknologi masa kini. D4 Teknik Elektronika berfokus pada studi vokasi teknik elektronika salah satu yang dipelajari seperti bidang kelistrikan serta perangkat pendukungnya.

Beberapa profil lulusan D4 Teknik Elektronika dapat menjadi Teknisi Profesional di Bidang Teknik Elektronika, Supervisor Engineering, Teknisi/Laboran Perguruan Tinggi/SMK/SMA, Maintenance Bidang Elektronika, Entrepreneur Bidang Elektronika, Programmer Sistem Mikroprosesor.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung 40 mahasiswa dan akan menjadi angkatan pertama di kampus baru.

3. D4 Teknik Boga, FT (Kampus GK)

Baca Juga  Perbedaan Antara Mahasiswa Baru dengan Mahasiswa Tua

Berikutya prodi yang siap dibuka menerima mahasiswa baru di tahun 2021 ini adalah prodi D4 Teknik Boga yang berada di bawah Fakultas Teknik. Prodi yang terkenal dengan teknik masak memasak ini akan membuka kelas baru yang berlokasi di Kampus Gunungkidul. Prodi berfokus pada studi keterampilan boga dan bukan hanya itu saja bagi yang berminat juga diberi pengetahuan tentang bisnis usaha makanan.

Beberapa profil lulusan D4 Teknik Boga dapat menjadi Supervisor/Teknisi Bidang Boga, Pastry Chef, Cake Decorator, Supervisor Food, Baverage Product, Assistant Restaurant Manager, Merancang dan Mengembangkan Usaha Jasa Boga, dan menjadi Instruktur di Lembaga Pendidikan Jasa Boga.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung 40 mahasiswa dan akan menjadi angkatan pertama di kampus baru.

4. D4 Teknik Busana, FT (Kampus GK)

Masih dari Fakultas Teknik, prodi yang siap membuka kelas baru di kampus Gunungkidul adalah D4 Teknik Busana. Meski masih berada dibawah dalam jurusan yang sama dengan Teknik Boga dan Busana. Prodi ini memiliki fokus yang berbeda yakni berfokus pada keahlian merancang busana atau bahasa kerennya Fashion Design dan tentu juga berkaitan dengan Fashion Show yang mana pagelaran tersebut pasti sudah tak asing lagi di telinga kita.

Beberapa profil lulusan D4 Teknik Busana dapat menjadi Fashion Designer, Fashion Merchandiser, Wardrobe Designer, Pattern Maker, Fashion Stylist, Dressmaker, Supervisor Menjahit, Supervisor Garment Cutter, Supervisor Finishing, Sales Representative Fashion, Visual Merchandiser, Fashion Writer, Fashion Illustrator, Fashion Forecaster, dan Fashion Reporter.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung 40 mahasiswa dan akan menjadi angkatan pertama di kampus baru.

Baca Juga  Ingin Liburanmu Berfaedah? Lakukan Tips Menarik Dibawah Ini!

 

5. D4 Akuntansi, FE (Kampus GK)

Prodi yang membuka kelas baru selanjutnya di kampus baru adalah D4 Akuntansi yang berada di bawah naungan Fakultas Ekonomi. D4 Akuntansi berfokus pada kemampuan analisis keuangan dan kemampuan yang berkaitan dengan pengelolaan keuangaan.

Beberapa profil lulusan D4 Akuntansi dapat menjadi Asisten Akuntan, Analis Keuangan, Junior Auditor, Perencana Pajak, Perencana dan Pengendali Anggaran, Tenaga Akuntansi dan Keuangan, Konsultan System Application and Product in Data Processing (SAP).

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung 60 mahasiswa dan akan menjadi angkatan pertama di kampus baru.

6. D4 Manajemen Pemasaran, FE (Kampus GK)

Sama halnya dengan Akuntansi yang berada di bawah FE, prodi Manajemen Pemasaran juga membuka kelas baru di kampus Gunungkidul. Prodi ini membekali mahasiswanya dengan semangat dan jiwa wirausaha  untuk mengemban dan mempraktikan profesionalisme di bidang pemasaran.

Beberapa profil lulusan D4 Manajemen Pemasaran dapat menjadi Supervisor, Wirausaha, dan Analis.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung 60 mahasiswa dan akan menjadi angkatan pertama di kampus baru.

7. D4 Administrasi Perkantoran, FE (Kampus GK)

Program Studi terakhir yang membuka kelas di kampus baru tahun 2021 adalah D4 Administrasi Perkantoran. Bertujuan untuk mengembangkan keterampilan di bidang admin kantor yang profesional dan tentu saja keren di mata menantu.

Beberapa profil lulusan D4 Administrasi Perkantoran dapat menjadi Praktisi Administrasi Perkantoran, Sekretaris, dan Pengelola Event Organizer.

Nah, itulah informasi mengenai prodi baru di UNY yang dibuka dalam penerimaan mahasiswa baru 2021. Mengingat tergolong baru tentu tidak ada salahnya apabila kamu berniat dan mencoba mendaftar masuk prodi-prodi baru tersebut.

Naufal Shidqi Laras

Mahasiswa S1 Ilmu Sejarah UNY 2018 mnaufalshidqi.wordpress.com

Related Articles

Back to top button
Close
X