Pojok #UNYuUNY Wates

10 Hal Ini Pasti Pernah Kamu Lakukan Sebagai Mahasiswa UNY

Siapa sih yang nggak seneng kalau bisa kuliah? Apalagi diterima di kampus impian kayak UNY, pasti seneng banget. Bersyukur banget dong tentunya bisa menjadi bagian dari sobat #UNYu. Eits, tapi sobat #UNYu tahu nggak sih? Kalau sudah resmi menjadi mahasiswa UNY, itu artinya ada hal-hal yang pasti pernah dilakukan mereka-mereka. Pokoknya belum afdal jadi mahasiswa UNY kalau belum melakukan hal-hal ini. Yuk kita simak!

  1. Ujian Tutorial PAI di Masjid Al-Mujahidin
pic via tutorialpaiuny.com

Tutorial PAI atau sering disingkat dengan tupai adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru UNY yang beragama Islam. Kegiatan tupai akan memengaruhi nilai mata kuliah Agama Islam, maka tak heran jika kegiatan ini diwajibkan oleh pihak kampus. Nah, kegiatan tupai ini biasanya diselenggarakan di Masjid Al-Mujahidin atau sering sobat #UNYu sebut masmuja, terutama di saat ujian akhir tupai. Sayangnya, semenjak pandemi masmuja jarang sekali dipenuhi para mahasiswa. Semoga pandemi cepat usai, ya!

  1. Jajan di Kopma
pic via eko nur

Kopma atau koperasi mahasiswa hampir bisa dijumpai di setiap kampus. Tapi, sobat #UNYu tahu nggak sih bedanya Kopma UNY dengan yang lainnya? Sudah jelas, perbedannya ada di lokasinya. Yaps, tepat sekali! Kopma UNY hanya ada di UNY, dong. Hehe.

Banyak barang yang bisa kita beli di Kopma UNY, seperti kebutuhan sehari-hari, kebutuhan ngampus, kebutuhan ospek, dll. Nah, karena ada beberapa kebutuhan ospek yang jarang di jual di tempat-tempat lain dan hanya ada di Kopma UNY, maka jajan di Kopma menjadi hal yang pasti pernah dilakukan mahasiswa UNY, meskipun mahasiswa online UNY belum bisa merasakan, sih. Hehe

  1. Ke GOR buat PKKMB

Moment yang paling ditunggu-tunggu oleh sobat #UNYu, nih! Mau mahasiswa baru atau mahasiswa lama, PKKMB di GOR itu pasti jadi salah satu momen yang berkesan. Suasana GOR-nya itu loh, ngangenin! Apalagi kalau anak-anak FT atau FBS mulai mengeluarkan yel-yel kebanggaannya. Beuh, seru abis! Mahasiswa online mana tahu vibes-nya GOR UNY waktu PKKMB. Hehe

Baca Juga  7 Tren Sepanjang Tahun 2015

Eits, tapi PKKMB online juga ada serunya, kok! Banyak momen lucu nan asyik saat PKKMB online, sampai-sampai masuk di fyp atau laman beranda tiktok. Haha

  1. Ikut UKM

Berbagai macam pilihan UKM tersedia di UNY. Tak sedikit juga yang sudah banyak memberikan prestasi, mulai tingkat provinsi sampai nasional bahkan internasional pun ada. Tak heran jika banyak mahasiswa UNY yang ingin turut andil dalam membanggakan kampus tercinta. Yaps! dengan mendaftar UKM, mengikuti berbagai macam perlombaan, dan memenangkannya.

  1. Ke Digilib Untuk Meihat Pohon Apel

Digilib, salah satu Fasilitas kampus yang bisa mahasiswa UNY gunakan dan mungkin menjadi fasilitas termewah yang ada. Digilib ini sering disebut sebagai kebun apelnya UNY. Bukan kebun apel yang buahnya biasa kita maka loh, ya! Kebun apel ini hanya istilah kerennya saja. Disebut kebun apel karena di dalam digilib berjajar komputer-komputer merk Apple (iMac). Tak jarang mahasiswa UNY pergi ke tempat ini untuk memanfaatkan fasilitas yang ada atau hanya sekadar berkeliling melihat kebun apel dan membaca buku-buku. Karena pada dasarnya digilib ini adalah perpustakan pusatnya UNY.

  1. Foto Di Depan Rektorat

Sobat #UNYu sepertinya belum resmi menjadi mahasiswa UNY kalau belum pernah foto di depan rektorat. Para maba atau wisudawan biasanya akan meyempatkan diri untuk foto di depan gedung yang melegenda ini. So, kalau kamu mahasiswa UNY, sudah pernah foto di depan rektorat belum?

  1. Nongkrong di Plaza UNY
Baca Juga  5 Hal yang Bikin Kangen Kuliah Offline

Plaza UNY menjadi tempat yang tepat untuk sekadar cuci mata atau membeli keperluan pribadi. Terlebih bagi mahasiswa yang penat dengan banyaknya tugas. Plaza UNY bisa dijadikan salah satu lokasi yang tepat untuk menghilangkan penat. Kalau dikatakan departement store, Plaza UNY ini bisa terbilang lengkap lho! Kosmetik, hijab, buku, dan makanan tentunya ada. Pilihannya pun juga nggak sedikit.

  1. Naik Bus Shelter UNY

Bus Shelter UNY ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan kampus. Sayangnya, belum semua mahasiswa bisa merasakan fasilitas tersebut dikarenakan bus shelter hanya bisa dijumpai di kampus Wates. Jadi, mayoritas penumpang bus ini adalah mahasiswa FIS, FIK, dan FT kampus Wates. So, kalau kamu mau mencoba sensasi bus shelter juga, cari alasan dulu, gih buat ke kampus Wates. Hehe

  1. Rapat di Lobby Rektorat

Rapat di lobby rektorat sepertinya sudah menjadi hal yang pasti dilakukan mahasiswa UNY, terutama yang memiliki gelar mahasiswa kura-kura (kuliah rapat, kuliah rapat). Biasanya mereka akan berdiskusi atau sekadar menyambung silaturahim antar komunitas dan organisasi. Yang menjadi bahan diskusi juga tidak sedikit, seperti membahas rencana kegiatan PKKMB, KKN, PPL, bahkan berujung pada ngrumpi. Hehe

  1. Ke LIMUNY Buat Ujian MKU

Limuny adalah singkatan dari Layanan Internet Mahasiswa UNY. Limuny biasanya digunakan para mahasiswa untuk mengikuti ujian MKU (Mata Kuliah Umum). Jadi, nggak heran kalau pergi ke LIMUNY merupakan salah satu hal yang pasti pernah dilakukan mahasiswa UNY.

Kalau sobat #UNYu sudah pernah melakukan hal apa saja selama menjadi mahasiswa UNY?

Zahra Radhiyya M

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
X