intip JurusanPojok #UNYu

Yuk Kenalan dengan Program Studi D4 Teknik Mesin UNY

Hai sobat UNYu yang UASnya Januari, liburnya Januari, bayar UKT Januari, dan masuk kuliahnya Januari juga. Emang spesial deh mahasiswa Universitas Negeri Yanuari ini hehehe. Semoga asupan liburan kalian tercukupi, yok semangat kuliah semester genap yok! Kalian udah pada tau ‘kan kalau UNY sekarang punya 5 kampus? Kampus Pusat Karangmalang, Kampus Jl. Kenari, Kampus Jl. Bantul, Kampus Wates, dan Kampus Gunungkidul (yang sebentar lagi diresmikan). Nah untuk Kampus Wates dan Kampus Gunungkidul digunakan untuk perkuliahan program sarjana terapan a.k.a diploma 4 (D4).

Kali ini kita akan bahas salah satu program studi yang perkuliahannya berada di Kampus Wates dan masuk pada Fakultas Teknik, yakni D4 Teknik Mesin.

foto via IG @anaamaulida

Program studi D4 Teknik Mesin merupakan salah satu prodi sarjana terapan yang dimiliki oleh UNY, berada dibawah naungan jurusan Pendidikan Teknik Mesin dengan akreditasi prodi B. Prodi D4 Teknik Mesin ini memiliki visi “menjadi program studi yang unggul, kreatif, dan inovatif di bidang teknik mesin berlandaskan ketaqwaan, kemandirian, dan kecendekiaan pada tahun 2024.” Misi prodi ini adalah menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran vokasional bidang keahlian teknik mesin jenjang Diploma-IV yang unggul, kreatif, inovatif berlandaskan ketaqwaan, kemandirian dan kecendekiaan. Menyelenggarakan penelitian terapan yang mendukung peningkatan kualitas pembelajaran teori maupun praktik, serta memberikan kemanfaatan langsung kepada masyarakat baik lokal, nasional, maupun global. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara kreatif dan inovatif untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat lokal dan nasional. Melaksanakan kerjasama dengan lembaga pemerintah, pendidikan, dunia usaha dan industri yang relevan untuk memperkuat pembelajaran dan jejaring ketenagakerjaan. Menyelenggarakan layanan dan tata kelola program studi yang baik, bersih, dan akuntabel untuk mendukung otonomi perguruan tinggi.

Baca Juga  Jangan Pernah Lupakan Mereka, Tim Sukses Di Balik Kesuksesanmu

Program studi D4 Teknik Mesin ini pembelajarannya didesain sesuai dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 5. KKNI merupakan perwujudan mutu dan jati diri bangsa Indonesia terkait dengan sistem pendidikan nasional, sistem pelatihan kerja nasional dan sistem penilaian kesetaraan nasional, yang dimiliki Indonesia untuk menghasilkan sumberdaya manusia dari capaian pembelajaran, yang dimiliki setiap insan pekerja Indonesia dalam menciptakan hasil karya serta kontribusi yang bermutu di bidang pekerjaannya masing-masing. Pengalaman pembelajaran yang diberikan pada prodi D4 Teknik Mesin ini meliputi perkuliahan teori di dalam kelas, kegiatan praktikum di laboratorium, praktik di bengkel, praktik industri, dan karya teknologi.

foto via IG @nindimeizita

Nah fasilitas yang mendukung perkuliahan di D4 Teknik Mesin ini ada apa aja sih? Ada laboratorium pneumatik dan hidrolik (otomasi), laboratorium mekanika terapan, laboratorium bahan dan pengolahan, laboratorium metrologi industri, laboratorium fisika, laboratorium perawatan dan perbaikan, laboratorium gambar dan perancangan, laboratorium CNC dan CAD/CAM, bengkel pemesinan, dan bengkel fabrikasi,

Baca Juga  Musim Hujan Ala Mahasiswa Kost

Bagi calon mahasiswa baru tahun 2020 nih, seluruh pendaftaran program studi sarjana terapan UNY pada saat ini hanya melalui jalur Seleksi Mandiri (SM), termasuk didalamnya program studi D4 Teknik Mesin. Program studi baru ini memiliki daya tampung 40 mahasiswa pada tahun 2019 dengan animo pendaftar sebanyak 876 peserta. Tahun 2020 D4 Teknik Mesin tetap memiliki daya tampung 40 mahasiswa. Oh ya, salah satu persyaratan penting untuk calon pendaftar prodi ini adalah tidak buta warna.

Wah lulusan D4 Teknik Mesin nanti bisa jadi apa? Tentunya bisa jadi manusia yang bermanfaat hehehe. Berdasarkan kompetensi yang didapatkan lulusan D4 Teknik Mesin mampu menjadi supervisor, teknisi industri, laboran di lembaga pendidikan, dan juga wirausaha di bidang permesinan. Lulusan D4 Teknik Mesin nantinya akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan (S.Tr), penyetaraan dengan S1, sehingga apabila ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi bisa langsung ke S2 Terapan tanpa perlu penyetaraan lagi.

Related Articles

Back to top button
Close
X