20 Kiat Sukses PKM Hingga PIMNAS | UNY COMMUNITY
Wednesday , 14 November 2018
Home / Pojok #UNYu / 20 Kiat Sukses PKM Hingga PIMNAS

20 Kiat Sukses PKM Hingga PIMNAS

Program Kreativitas Mahasiswa atau yang sering disebut dengan PKM merupakan ajang kompetisi tingkat Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Ristekdikti yang bertujuan untuk memgembangkan kreativitas mahasiswa. PKM ada dua jenis yakni PKM 5 bidang dan PKM GT/ AI. PKM 5 bidang terdiri dari PKM- M(Pengabdian Masyarakat), PKM- K (Kewirausahaan), PKM-T (Teknologi), PKM-P (Penelitian), dan PKM-KC (Karsa Cipta). PKM 5 bidang dan PKM-GT ini nantinya akan bermuara ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional).

pic : pewaradinamikauny.com

PIMNAS merupakan ajang bergengsi yang bahkan menjadi pertimbangan bebas skripsi lho namuj tergantung universitas masing-masing. Tentunya banyak yang harus dilalui untuk mencapai PIMNAS. Lalu apa sih tips dan triks atau kiat sukses menjalankan PKM hingga PIMNAS? Yuk kita simak.

  1. Niat untuk serius ikut PKM

Niatkan untuk serius ikut PKM, jadi kita akan menerima segala konsekuensi selama proses PKM berlangsung. Dalam pelaksanaan PKM tidak hanya pemikiran yang diperlukan tapi juga mental dan manajemen waktu.

  1. Pelajari dan pahami Pedoman PKM terbaru

Sebelum memulai PKM hendaknya mendownload pedoman PKM terbaru karena di dalam pedoman PKM sudah dijelaskan secara terperinci mengenai serba-serbi PKM yang biasanya masih banyak ditanyakan. Pedoman PKM ini dapat didownload di web simbelmawa.ristekdikti.go.id

  1. Siapkan Ide, Bentuk formasi tim dan pilih dosen pembimbing

Siapkan ide terbaikmu untuk diikutkan PKM. Tentukan skim atau bidang mana yang sesuai dengan idemu. Pada tahap ini harus memperhatikan ketentuan-ketentuan pada setiap skim PKM karena ketentuan di setiap skim berbeda-beda. Misalnya PKM-P dengan PKM-K ketentuannya akan berbeda, dari jumlah anggota, luaran dll. Kemudian setelah menentukan ide saatnya menentukan formasi anggota, ada beberapa skim yang mengharuskan agar ide linear dengan disiplin ilmu ketua atau anggota. Dalam menentukan dosen pembimbing juga harus cermat karena dosen pembimbing berperan penting dalam pelaksanaan PKM ini, dosen pembimbing memberikan arahan dan bimbingan selama pelaksanaan program.

  1. Ikuti alur PKM dengan benar

Di dalam PKM tentunya sudah ada alur-alur yang harus ditaati nah jangan sampai terlewat atau ketinggalan alurnya ya. Biasanya dari tingkat fakultas, lalu tingkat universitas hingga nantinya tingkat nasional atau yang dinamakan dengan eksternal.

  1. Cermati ketentuan administratif dan substansi PKM

Agar lolos seleksi internal dan eksternal tentunya harus memperhatikan substansi dari PKM tersebut. Bagaimana ide itu dapat berguna di masyarakat nantinya, latar belakang dicanangkan ide tersebut harus dengan alasan yang kuat. Substansi yang lain juga harus diperhatikan. Tidak hanya substansi namun juga dari segi administrasi harus sesuai dengan pedoman PKM, misalnya template PKM harus sesuai skim, format penulisan dll.

  1. Selalu update info mengenai PKM

Harus rajin update informasi mengenai PKM karena biasanya info mengenai pengumuman PKM disebarkan melalui broadcast Whatsapp, di web resmi biasanya juga bisa diakses. Selalu update info PKM Center masing-masing universitas ya, banyak informasi yang bisa didapatkan di sana.

Baca Juga  Buat Kamu Calon Guru, Lakukan 5 Hal Penting Berikut Untuk Menciptakan Suasana Kelas Kondusif

Jika kamu lolos pendanaan PKM 5 bidang maka kamu harus melaksanakan idemu. Untuk PKM GT dan AI jika kamu lolos nantinya akan diberikan insentif sebesar 3 juta rupiah. Sedangkan untuk PKM 5 bidang pendanaan akan disesuaikan dengan anggaran dana yang telah diajukan namun biasanya tidak sama persis dengan rencana anggaran.

  1. Jalankan program sebaik mungkin

Setelah didanai PKM 5 bidang, jalankan program sesuai dengan rencana yang telah kamu buat. Catat semua kegiatan PKMmu dalam buku catatan yang biasanya disebut dengan logbook dan buku kas untuk mencatat semua arus keuangan PKMMu.

  1. Jaga komitmen dengan tim

Yakinkan kepada tim PKMmu untuk menjaga komitmen selama program berlangsung karena biasanya kendala yang sering ditemui adalah sulitnya membagi waktu antar anggota dan masalah prioritas.

  1. Siapkan laporan

Siapkan berkas-berkas laporan kemajuan sesuai dengan format yang ada di Pedoman PKM, perhatikan baik-baik dan cermati apa saja yang harus dipersiapkan.

  1. Mulai latihan presentasi

Mulailah latihan presentasi untuk monev eksternal, ketika progran mulai berjalan maka ketua maupun anggota tim juga harus sudah menentukan siapa yang akan jadi presentator pada saat monev. Latihan presentasi sedini mungkin agar dapat mempersiapkan segala sesuatunya karena presentasi sangat mempengaruhi penentuan lolos atau tidak ke PIMNAS.

  1. Minta bimbingan

Lakukan bimbingan rutin kepada dosen pembimbing mengenai perkembangan program yang kamu laksanakan. Jangan menunggu ditanya oleh dosen pembimbing namun tim yang harus aktif bertanya jika perlu curhat mengenai kondisi tim agar mendapatkan solusi.

  1. Persiapkan monev eksternal

Monev eksternal dilaksanakan sebagai penentuan lolos PIMNAS, yang perlu dipersiapkan ialah laporan kemajuan, logbook, file presentasi dan penunjang presentasi lainnya.

Baca Juga  Suka Duka Menjalani Ujian Akhir Semester “Take Home”

Setelah monev eksternal biasanya akan diumumkan siapa saja yang lolos ke PIMNAS. Pihak universitas biasanya akan melakukan bimbingan intensif untuk persiapan PIMNAS.

  1. persiapkan mental

Suatu kebanggaan bagi tim PKM yang terpilih menjadi peserta PIMNAS karena nantinya akan berkompetisi dengan seluruh universitas di Indonesia. Tentunya perlu mempersiapkan mental untuk menghadapi PIMNAS.

  1. perbanyak doa

Selalu sisipkan doa kepada Tuhan di setiap langkah dan tindakan yang kita ambil agar Tuhan meridhai. Percaya atau tidak bahwa doa dapat menjadikan hal yang kelihatannya tidak mungkin menjadi mungkin.

  1. latihan, latihan dan latihan

Saat PIMNAS sudah di depan mata, hal yang bisa dilakukan selain berdoa adalah berusaha. Latihan presentasi, latihan menjawab pertanyaan, sampai latihan berdiri dan duduk dengan baik juga lho.

  1. Poster PIMNAS

Setelah dinyatakan lolos PIMNAS, setiap tim harus membuat poster untuk digelar pada saat pelaksanaan PIMNAS dan menjadi kategori kejuaraan lho. Kejuaraan dalam PIMNAS di setiap kelasnya ada tujuh kejuaraan yakni kategori presentasi(juara 1, 2, 3), 1 presentasi favorit, dan kategori poster (juara 1, 2, 3). Sesuaikan desain poster dengan konten dan siapkan satu presentator untuk menjelaskan poster.

  1. Siapkan laporan akhir dan artikel ilmiah terbaik

Hal yang perlu diupload dan dipersiapkan pada saat PIMNAS adalah laporan akhir dan artikel ilmiah. Kedua poin ini punya peran pada saat penilaian PIMNAS. Buat laporan akhir dan artikel ilmiah seteliti mungkin sesuai dengan pedoman yang ada.

  1. Persiapan Teknis dan non teknis

Tidak hanya persiapan teknis saja yang perlu diperhatikan saat persiapan PIMNAS, persiapan non teknis juga harus diperhatikan. Bagaimana cara kita berpakaian dari ujung rambut hingga ujung kaki, kekompakan dalam tim, sikap, manajemen diri dan hal-hal yang terlihat remeh juga harus ikut diperhatikan.

  1. Jaga kesehatan

Meskipun harus kerja ekstra, peserta PIMNAS dihimbau untuk menjaga kesehatan. Biasanya ketika kita banyak pikiran akan melupakan kebutuhan pribadi yang seharusnya dipenuhi. Sediakan waktu untuk istirahat dan rileks sehingga saat menghadapi PIMNAS tidak ada kendala kesehatan.

  1. Siap tempur menghadapi PIMNAS

Tetap fokus dan yakin bahwa kamu pasti bisa menghadapinya. Jangan lupa meminta doa restu orang tua dan kerabat.

Baca Juga  Hal ‘Nyeleneh’ Berikut ini Hanya Ada di FBS UNY

Di atas adalah 20 tips dan trik atau kiat-kiat lolos PIMNAS berdasarkan pengalaman pribadi penulis. Tertarik untuk ikut PKM hingga lolos PIMNAS? Ayo berprestasi dan tetap semangat. Semoga bermanfaat!

About Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Check Also

UKM Kewirausahaan UNY, Solusi Salurkan Minat dan Bakat Entrepreneurmu

Di dunia perkuliahan tentunya kita memerlukan wadah untuk mengembangkan kemampuan sesuai bidang yang diminati. Bidang …