Pojok #UNYuTips

Tips Merangkul Kehidupan Sosial Untuk Mahasiswa

Mahasiswa dan sosial. Tak ubahnya seperti dua sisi mata uang. Ada yang perlu dicermati bahwa hal ini wajib dipahami mahasiswa agar bisa diterima dalam sosial di manapun ia bernaung. Sosial akan menentukan jati diri kita yang sebenarnya. Nggak percaya? Ok baik, tips merangkul ramah kehidupan sosial berikut ini bisa diikuti.

1. Peka dan Tanggap

Sebagai mahasiswa, sudah sepatutnya memiliki jiwa yang peka dan tanggap terhadap lingkungan sekitar. Masalah yang timbul membutuhkan solusi dan pemikiran cerdas dari para intelektual, yaitu dalam hal ini adalah mahasiswa. Nah, gaes ingatlah sebuah pernyataan berikut: “Akar masalah yang sebenarnya adalah melemahnya sikap peka dan tanggap pada mahasiswa terhadap sosial”. Jadi, tidak ada alasan bagi mahasiswa untuk enggan peka dan tanggap terhadap sosial kan?

Baca Juga  Sedikit Intip Jurusan Manajemen Pendidikan UNY, Untukmu Calon Mahasiswa Baru!

 2. Berkreativitaslah  dan membawa perubahan baru yang baik bagi sekitar

Dinamika muncul karena di dalamnya ada proses kreativitas dari berbagai pihak. Sikap kreatif itu sendiri bisa dibangun, dimiliki, dan diciptakan. Hal ini pula yang perlu dimiliki dari mahasiswa untuk menciptakan warna apik bagi lingkungan sosialnya. Jiwa-jiwa yang kreatif akan membawa energi positif. Tentunya, berkreativitaslah di zona yang benar dan membawa perubahan baru yang baik bagi sekitar.

 3. Bersemangat

Mahasiswa pantang untuk jauh dari kata semangat. Segala aktivitas positif, terutama jika itu menyangkut kemaslahatan umat atau sosial, harus diemban dengan rasa hormat dan bersemangat. Gairah semangat sifatnya menular kok. Jadi, mulailah dari diri sendiri dan menyadari bahwa masa muda adalah masa yang berapi-api, ya. Artinya, masa yang penuh semangat, gaes.

 4. Ramah

Sebagian besar dari kita telah mendapat pendidikan dini dari orang tua untuk senantiasa ramah pada siapa pun. Hal itu harus selalu berlaku setiap waktu ya. Ramah berbagi, ramah sapa, dan ramah senyum menjadi hal mutlak yang mesti dimiliki mahasiswa. Lingkungan sekitarmu pasti akan menyambut baik sifat ramah yang kamu tebarkan.

Baca Juga  Indahnya Rok Batik Model Terkini Gak Bakal Didapat Tanpa Baca Artikel Ini!

Jadi, sudah jelas ya? Sekali lagi, bahwa mahasiswa dan sosial tak ubahnya seperti dua sisi mata uang. Mari, merangkul ramah kehidupan sosial demi hidup yang lebih baik.

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X