Pojok #UNYuTips

3 Tipe Mahasiswa “Boros”

Hai kawan! Masih ingat kah engkau masa SD waktu disuruh menabung di sekolah oleh guru kita? Biasanya dapat buku tabungan dari sekolah itu lho. Atau waktu masa kecil kamu ingin jajan ini dan itu, namun Ibu tidak memberikan uang lebih? Kalau ditelisik lebih dalam, sebenarnya hal kecil tersebut mengajarkan kita untuk tidak melakukan suatu pemborosan, alias menggunakan uang untuk hal sewajarnya. Namun kalau berbicara mengenai mahasiswa, juga tak lepas dari kata boros, lho. Karena boros tidak selalu berdampingan dengan uang. Lantas, boros yang dimaksud yang bagaimana? Berikut paparan tipe-tipe mahasiswa boros.

1. Boros waktu

boros waktu
pic : blog.platechno.com

Jam kuliah sudah terjadwal. Masuk jam 07:30, pulang jam 15:00. Tapi banyak pula mahasiswa yang setelah selesai kuliah malah kongkow-kongkow alias nongkrong nggak jelas gitu. Ya kalau masih ada rapat BEM, acara komunitas, atau acara lain yang sifatnya baik dan mendidik, itu masih bisa ditolerir lah. Tapi kalau hanya sekedar nongkrong nggak jelas dan hanya mencari hiburan semata, sungguh itu sangat tidak menghargai waktu.

Baca Juga  Mahasiswa Cerdas UNY, Pasti Miliki ‘Kartu Sakti’ Ini

Mbok sudah, pulang kuliah ya langsung pulang ke rumah atau kost, istirahat lalu malamnya mengerjakan tugas. Kan hidup jadi lebih enak. Tugasmu nggak akan terbengkalai. Kuliahmu cepat selesai. Cepat skripsi dan cepat lulus. Kalau diresapi lebih dalam, waktu kuliah kan sebentar, eh tiba-tiba udah masuk semester 7 saja. Jadi, manfaatkan waktumu dengan baik ya!

2. Boros kuota

kuota
pic : okezone.com

Beli kuota yang ukuran gigabyte-nya gede-gede, eh ternyata cuma buat stalking mantan atau stalking musuh. Hmm kan sayang kuotanya. Lebih baik kuotanya dipakai untuk mengerjakan tugas, mencari jurnal yang terkait dengan tugas kuliah, atau mencari info beasiswa. Sekarang kan juga banyak info beasiswa di internet. Jadi, pakailah kuotamu sewajarnya saja ya. Karena siapa tahu pas kamu lagi butuh-butuhnya, eh ternyata kuota tersisa sedikit. Sayang banget kan.

baca juga :  6 Tips Kelola Uang Saku Ala Mahasiswa #UNYu

3. Boros bensin

Baca Juga  Pendidikan Luar Biasa UNY Memang Bukan Jurusan Biasa, Berikut Ulasannya
bahan-bakar
pic : coverbanserep.com

Sebagian besar, mahasiswa ke kampus memakai kendaraan beroda dua, motor. Bisa jadi, motor itu adalah penyemangat hidupnya deh, karena adanya dia bisa jalan hingga kampus. Namun banyak juga nih mahasiswa yang sukanya titip absen (TA) dan nggak dateng kuliah, ternyata dia cuma mbolang entah kemana. Ada pula mahasiswa yang habis pulang kuliah malah enggak langsung pulang, tapi malah kluyuran pakai motornya. Sayang banget itu bensinnya. Iya, kamu beli bensin pakai duitmu sendiri, tapi emang nggak sayang? Jadi, manfaatkan bensinmu untuk jalan kebenaran.

Ternyata, mahasiswa itu unik ya. Sifat borosnya itu bisa dilihat dengan sendirinya. Bukan bermaksud menggurui. Tapi, yuk kita sama-sama belajar tentang apa yang diajarkan orang tua pada masa kecil dulu. Yuk sama-sama belajar untuk memanfaatkan sesuatu dengan hal yang semestinya.

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X