Mahasiswa BangetTips

6 Tips Kelola Uang Saku Ala Mahasiswa #UNYu

Uang merupakan alat/hal yang perlu dimiliki seseorang untuk membeli semua kebutuhan di hidup kita. Kebutuhan manusia juga terus bertambah seiring dengan berjalannya kehidupan. Pada akhirnya sering kali terjadi uang sudah habis sebelum waktunya, dalam kata lain uang anda sudah tidak ada dan anda belum punya uang lagi karena belum waktunya.

uang

Di sini saya akan berbagi mengenai tips mengelola uang dengan baik, berikut ini tipsnya:

1. Hanya Titipan

Jangan pernah lupa, uang yang diberikan orang tuamu atau perusahaanmu adalah rezeki pemberian Allah. Dititipkan padamu supaya dipergunakan sesuai dengan yang Allah ridhoi.

2. Terencana dengan Baik

Mulai rencanakan aktivitas belanjamu dengan baik. Sehingga uang yang diperoleh itu bisa cukup dan anda tidak perlu hutang kesana-sini. Jadikan opsi hutang sebagai alternatif terakhir dan apabila memang sangat mendesak anda.

Baca Juga  Dear, Ladies: Jangan Ragu Membangun Karir Sendiri!

3. Tabung Sebagian

Menabung disini mempunyai maksud dengan menyediakan tempat khusus dirumah. Opsi lain ialah dengan menginvestasikan uang anda agar uang yang bekerja tanpa keringat anda dan anda hanya perlu memantaunya.

4. Sesuai kebutuhan

Belilah barang-barang yang memang diperlukan oleh anda. Ingat, belikan uang anda untuk kebutuhan bukan untuk keinginan. Karena sifat dasar manusia juga yang tidak pernah puas atas apa yang telah dimiliki, maka anda harus bijak dalam hal ini.

5. Biasakan memberi atau sedekah

Lebih baik tangan di atas dari pada di bawah, mulai dari sekarang biasakan untuk memberi atau bersedekah, karena InshaAllah anda akan mendapatkan balasannya namun tidak harus berbentuk uang juga, bisa jadi kesehatan, pengetahuan, keamanan, dan kenyamanan.

Baca Juga  5 Cara Aman Melentikkan Bulu Mata

6. Jangan Mubazir

Pastikan makanan atau barang yang sudah anda beli tergunakan dengan sebagaimana mestinya, jangan sia-siakan makanan atau barang yang sudah dibeli dan selalu bersyukur atas apa  yang telah dimiliki. Barangkali orang lain menginginkan apa yang kita miliki namun belum mampu untuk mendapatkannya.

Demikian beberapa tips mengelola uang dengan baik. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Dzaki Ryan

Mahasiswa Manajemen Pendidikan UNY | momocius.blogspot.co.id

Related Articles

Back to top button
Close
X