Mahasiswa BangetPojok #UNYuTips

4 Hal yang Sebaiknya Dilakukan Mahasiswa Saat Masuk Semester Baru

Waaah, nggak terasa ya liburan telah usai. Kalian liburan pada kemana aja gaes? Masih kurang liburan? Atau terlalu lama liburan? Atau udah kangen kampus juga cieee. Nggak terasa nih kita udah masuk kuliah lagi di semester yang baru. Nah lalu apa aja sih yang sebaiknya kita lakukan saat masuk semester baru? Cus simak ya.

1. Bangun pagi, jangan datang terlambat

bangun pagi
pic : skynomics.files.wordpress.com

Kalau misalnya kalian hari pertama masuk dapat jadwal pagi, hal yang wajib dilakukan adalah bangun pagi dan jangan sampai datang terlambat. Penting banget nih. Nggak mau kan ya, baru aja masuk hari pertama udah ngos-ngosan gara-gara terlambat. Terus dimarahin dosen juga. Nah sudah jaduh tertimpa tangga huhu.

2. Tetap bawa alat tulis, binder, atau note book

alat tulis
pic : buzzfed.com

Masuk awal semester antara kuliah dan sekolah itu beda lho. Biasanya kan kalau awal semester di sekolah itu nggak pelajaran, biasanya bersih-bersih kelas atau class meeting aja. Nah kalau di dunia perkuliahan beda nih. Hari pertama masuk awal semester ya tetap pelajaran, walau masih pengantar-pengantar gitu. Jadi tetap bawa alat tulismu ya!

3. Catat aturan main dosen dan catat nomor telepon dosen

no tlpn
pic : zona-informasi.com

Biasanya kalau di hari pertama kan sekedar pengantar-pengantar aja tuh, ditunjukin silabusnya bagaimana perkuliahan di semester sekarang. Kan dosen juga punya karakter dan peraturan sendiri-sendiri. Misalnya enggak membolehkan mahasiswa memakai sepatu sandal alias harus sepatu saat jam perkuliahan, atau ada dosen yang mewajibkan mahasiswi memakai rok saat jam perkuliahan. Nah aturan main dosen yang kayak gitu yang wajib kamu catat. Kan lama-lama dosen juga hafal dengan kamu, dan hafal juga dengan perilakumu. Jadi, ikutin aturan mainnya ya. Terus kalau dosen memberikan nomor teleponnya, jangan lupa dicatat juga. Penting banget. Siapa tahu besok kamu juga ada kepentingan dengan dosen tersebut.

Baca Juga  Ini Lho Keistimewaan Asrama UNY Wates !

4. Jangan terlalu mengumbar acara piknikmu!

piknik
pic : bisniswisata.co.id

Hal umum sebelum masuk semester baru kan ada hari libur tuh. Nah biasanya dimanfaatkan mahasiswa buat refreshing, main atau piknik, atau pulang kampung. Tapi ada juga lho tipe-tipe mahasiswa yang tiap harinya piknik terus saat hari liburan. Nah pesan penting. Jangan terlalu sering mengumbar acara piknikmu ya, kayak pamer gitu. Misalnya “Eh kemarin aku pas liburan piknik lho. Ke pantai, ke kebung binatang, ke taman, bla-bla-bla”. Nah, kalian jangan terlalu mengumbar ya pas hari pertama masuk kuliah. Ingat, ada lho teman sekelas kalian yang mungkin nggak bisa piknik atau nggak bisa pulang kampung. Jadi ya tetap hargai teman-temanmu. Oke.

Baca Juga  11 Fakta Tentang Masjid Kampus Al-Mujahidin UNY

Gimana gaes? Sudah siap kan memasuki semester baru? Jadi tetap semangat kuliah ya! Selamat datang semester baru! Selamat datang mata kuliah yang baru!

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X