Pojok #UNYuUNY Banget

5 Alasan Mengapa Menyanyikan Hymne UNY Bisa Menjadi Momentum yang Sakral

Bagi seluruh civitas akademika beserta para alumni yang telah dan pernah menjadi satu kesatuan keluarga besar Universitas Negeri Yogyakarta, sebuah Hymne Universitas adalah lagu yang gaungnya cukup familiar.

Bagaimana tidak, semenjak masa orientasi mahasiswa baru lagu ini adalah lagu wajib pokok dan wajib hafal untuk para mahasiswa baru. Bukan tanpa sebab, dengan mengenal serta memaknai Hymne Universitas (selanjutnya ditulis Hymne UNY), harapannya semangat belajar dan jiwa keilmuan mahasiswa dapat terpantik sedari awal.

Ibarat kata pepatah, “tak kenal maka tak sayang” Hymne UNY kemudian menjelma menjadi lagu wajib nan sakral yang menemani perjalanan seorang mahasiswa ketika orientasi serta penutupan studinya tatkala wisuda. Hymne ini setia sekaligus menjadi saksi bisu, perjalanan anggota keluarga besar Universitas Negeri Yogyakarta.

Melangsir ingatan, memanggil memori berikut ini 5 alasan mengapa lagu Hymne UNY menjadi begitu istimewa di hari para anggota keluarga besar kampus pendidikan ini :

  1. Hymne UNY lagunya citarasa nostalgia

Melangsir dari unggahan tim @unycommunity di instagramnya, banyak sekali para alumni yang merasa rindu sekaligus takjub mendengar potongan momentum wisuda UNY baru-baru ini. Menurut para alumni, lagu hymne UNY mengantarkan semerbak kerinduan dengan vibes suasana kampus yang juga menambah haru biru.

Baca Juga  Tips Menyelesaikan Tugas Akhir Tepat Waktu

Bahkan, beberapa alumni PPG yang melaksanakan kegiatan kuliah di UNY mengaku  merasakan “kedekatan harmoni” dengan lagu yang satu ini.

  1. Hymne UNY adalah tuangan rasa “akhirnya AKU WISUDA”

Hymne UNY juga merupakan lagu iringan resmi dalam proses serta acara akbar di UNY. Salah satu momentum yang wajib menggunakan lagu tersebut adalah Wisuda. Baru-baru ini wisuda luring edisi terbatas telah berhasil digelar oleh UNY. Momentum ini tentunya membawa luapan sukacita bagi para alumni yang telah berhasil menyelesaikan tugas akhirnya.

  1. Hymne UNY adalah Paduan Komplet Bahagia dan Menangis , Entah Mengapa ?

Hymne UNY baik dinyanyikan dalam jaringan atau luring, bertahun-tahun lamanya tetap meninggalkan “bekas perasaan” antara bahagia ,merinding , serta haru biru. Hal ini diaminkan oleh banyak alumni, apalagi pada bagian lirik lagu “mengemban panggilan suci, dharma baktimu amalkan ilmu …” . Banyak yang mengaku terharu dan ingin menitikan air mata setiap mendengarkan part ini.

Tidak main-main , Hymne UNY memang diciptakan sebagai sebuah renungan suci bagi para keluarga besar UNY dari dulu, sekarang, hingga nanti.

  1. Hymne UNY adalah cara lain berucap “Say Goodbye My Campus and all memories”
Baca Juga  Jadwal Pendaftaran Seleksi Mandiri UNY 2023 Masih Buka Pendaftaran

Hymne UNY juga digadang-gadang menjadi cara lain bagi para alumni untuk mengucapkan “selamat tinggal” bagi semua kenangan indah yang telah terukir selama masa kuliah. Dengan cara menyanyikan hymne secara khidmat, maka akan semakin merasuk beragam perasaan haru biru yang sulit diutarakan.

  1. Hymne UNY adalah “gong” yang menjadi pertanda

Hymne UNY yang dinyanyikan dalam banyak acara akbar di kampus, secara tidak langsung turut serta menjadi simbol “gong pembuka” bagi para pelaku yang terlibat di dalamnya.

Jika ia seorang mahasiswa baru maka Hymne UNY adalah gong pembuka menuju dunia perkuliahan di kemudian hari.Sedangkan, bagi para alumni Hymne UNY adalah lagu rindu sekaligus lagu penutup rangkaian perjuangan menuntut ilmu.

Percayalah, semua perjalanan kehidupan adalah tatanan perjuangan sebenarnya. Jangan lupa maknai dan resapi artinya ketika kamu berkesempatan mendengarkan lagi lagu tersebut .

Jayalah UNY untuk Kemajuan Bangsa yang lebih baik !

Salam Perjuangan !

 

Tentrem Restu Werdhani

Alam Terkembang Djadi Guru 🌻 Bisa diikuti potret kegiatannya di @pramudhiyawardhani

Related Articles

Back to top button
X