Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Sayangi Masa Depanmu Dengan Jalani Kuliah Secara Maksimal

Perkara masa studi kuliah, dosen killer, tugas sepanjang masa, dan momen skripsi merupakan tantangan mutlak bagi mahasiswa. Kamu hanya perlu memaksimalkan usahamu agar minimal bisa lulus tepat waktu atau bahkan prematur. Berikut ini trik menjalani kuliah secara maksimal,

1. Mencintai setiap proses belajar

Mencintai setiap proses belajar
pic : sdnegeripanikel01.blogspot.com

Kamu jangan ragu mempelajari apa yang menjadi kewajibanmu sebagai mahasiswa terkait tentang disiplin ilmu, beban SKS, sumber belajar, mata kuliah wajib dan pilihan, sampai standar nilai agar tidak mengulang. Kewajiban lain yang tidak kalah penting adalah kamu harus mengetahui mana mata kuliah wajib dan pilihan. Jangan sampai ceroboh karena itu berkaitan dengan efisiensi masa studimu. Terlepas dari itu, silahkan nikmati setiap proses belajar dengan cinta sehingga kamu terasa ringan menjalani kuliah.

 2. Rajin masuk kelas

Rajin masuk kelas
pic : suaramahasiswa.info

Istilah TA bisa multiinterpretasi ya gaes, mulai dari Tugas Akhir sampai plesetan jadul Titip Absen. Yes. Hindari titip absen, membolos, dan bangun kesiangan. Kuantitas kehadiran terkadang menentukan nilai mata kuliah. Selain itu, jika kamu tidak rajin masuk kelas, kamu akan kehilangan momen berhargamu mendapatkan ilmu dan pengalaman walaupun itu hanya sehari saja.

Baca Juga  4 Olahan Lezat Mie Instan yang Bisa Jadi Penyelamat Kala Dompetmu Mulai Menipis

 3. Berdiskusi dan bertanya

berdiskusi dan bertanya
pic : afatsa.wordpress.com

Seringkali terjadi misunderstanding terhadap sesuatu hal, misalnya terkait disiplin ilmu yang sedang kamu tempuh. Nah, boleh sekali kamu memiliki grup tertentu untuk media diskusi. Langkah lain yang mungkin agak menguji nyalimu adalah bertanya langsung pada dosen yang bersangkutan. Berdiskusi dan bertanya bukan langkah yang buruk kok untuk menghapus ketidakmengertian pada suatu hal.

 4. Memanfaatkan semester pendek

semester pendek
pic : tintaungunews.files.wordpress.com

Hindari mengulang mata kuliah, gaes. Tapi jika hal itu mesti terjadi, bukan berarti tidak ada solusi ya. ulanglah di semester pendek agar tidak menjadi beban di semster berikutnya. Akan lebih well lagi jika kamu bisa memanfaatkan semester pendek untuk mengambil mata kuliah atas.

Baca Juga  Dear Maba : Ingin PKKMB mu Lancar ‘Djaya ‘? Ikuti Tips Berikut Ini

 5. Jangan menunda skripsi

tips skripsi

Godaan menjelang dan atau saat skripsi memang luar biasa. Kamu perlu memaksimalkan waktu untuk menggarapnya tepat waktu atau bahkan lebih dini. Tantangan skripsi bisa darimana saja datangnya tapi minimal jika kita sudah tepat waktu memulainya, maka yang diharapkan bisa tepat waktu juga menyelesaikannya.

 6. Organisasi jalan, kuliah lancar

kuliah

Kuliah bukan soal akademik saja, kamu pun perlu memperkaya wawasanmu melalui organisasi yang sesuai dengan jiwamu. Organisasi pun mestinya jangan dijadikan alasan mengulur masa studi kuliah. Semua bergantung dari manjemen waktu yang cerdas agar organisasi jalan, kuliah pun lancar.

Kuliah memang bukan cuma perkara cepat-cepatan lulus, tapi memaksimalkan setiap proses di dalamnya. Selain trik di atas, kamu berhak kok mengemukakan esensi kuliah secara maksimal menurut versi terbaikmu.

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close
X