Mahasiswa BangetPojok #UNYu

5 Hal Penting Yang Perlu Dipersiapkan Saat Mendekati Wisuda

Momen wisuda bagi sebagian besar mahasiswa merupakan momen yang dinanti. Persiapan ini itu dari yang kecil sampai yang tampak nyata, bisa jadi memang merepotkan, tapi tetap harus jeli  dipersiapkan agar semua berjalan lancar. Baiklah. Berikut adalah perkara penting mendekati wisuda yang mesti diselesaikan ataupun dipersiapkan. Simak.

1. Skripsi dan Teman-temannya

format cover CD
pic : komunitasituny.blogspot.com

Cek kembali apakah tugas akhir sudah benar-benar selesai. Kurang tidaknya lembar pengesahan yang dibutuhkan dan tanda tangan dosen apakah sudah lengkap. Terkait administrasi apa sudah beres? Coba dicek kembali. Pengumpulan hard copy skripsi, CD skripsi dan jurnal, juga menguploadnya, sudahkah? Cap-cap, legalisir SKL, sudah? Daftar IKA, mengisi PRESMA sebagai pelengkap ijasah, sudah? Done. Silakan teliti ulang, gaes.

2. Rajin Cek Siakad Atau Sering Datang ke Kampus

siakad uny

Mendekati hari h wisuda, rajin-rajinlah cek siakad untuk mengetahui informasi terkini dan termutakhir, gaes. Atau bila perlu, seringlah datang ke kampus untuk bertanya agar hati semakin yakin. Ya, sekalian agak bernostalgia dan cuci mata mumpung di kampus. Ya kan?

Baca Juga  Terungkap, Inilah Hal yang membuat Mahasiswa Sangat Cepat Lapar

baca juga :  Kegalauan yang Pasti Dirasain Mahasiswa Setelah Wisuda

3. Komunikasi dengan Keluarga

komunikasi
pic : araisyahfitria.wordpress.com

Ini sangat penting, gaes. Bagaimanapun juga, keluarga adalah denyut nadi perjalanan kuliah dan tentu berhak menimati momen wisuda yang manis itu. Terlebih, bila keluarga ada nun jauh di sana. Menjalin komunikasi yang baik dengan keluarga sebelum momen wisuda akan menambah daftar cerita wisuda makin manis.

4. Kostum Wisuda dan Pernak-perniknya

kebaya wisuda
pic : quinna.co

Nah lho, jangan sampai panik gegara kostum wisuda yang belum komplit, gaes. Pastikan sudah mengambil toga dan seperangkatnya ya. Terkait kostum yang menjadi tanggungan pribadi juga tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Kebaya atau gaun, jas hitam dan kemeja, sepatu yang pantas dan nyaman di kaki. Untuk kalangan pria, jelas tidak seribet wanita ya. Khusus wanita nih. Cek kembali sudah ada penanggung jawab perias belum. Jenis make-up yang bagaimana mesti disesuaikan. Jarum pentul atau peniti yang walaupun kecil tapi kerap terlupakan. Dan pastikan saat memakai kostum wisuda yang dipilih tersebut  tidak akan menambah daftar derita karena kebaya dengan bahan yang panas atau sepatu yang kesempitan atau bedak yang terlalu tebal dan mengakibatkan iritasi kulit. Pastikan itu tidak terjadi ya, gaes.

Baca juga : 4 Hal berikut hanya ada di wisuda UNY

5. Yang Terpenting: Jangan Lupa Sehat dan Bahagia

anak-yang-sehat-pasti-bahagia

Serangkaian acara sebelum wisuda akan terasa sangat melelahkan. Gladi resik, sarasehan, pelwis, mempersiapkan keperluan pribadi, dan lain-lain. Tentu untuk dapat melalui prosesi-prosesi tersebut memerlukan stamina yang fit dan kuat. Pola makan dan istirahat dijaga. Jangan begadang apalagi sampai lupa minum air putih. Intinya, yang terpenting adalah jangan lupa sehat dan bahagia.

Baca Juga  Cara Mudah Menjaga Kesehatan Ala Mahasiswa

Bagaimana? Siap wisuda kan? Kalau siap, berarti tidak ada alasan untuk mengabaikan perkara penting sebelum wisuda itu, gaes. Happy graduation and success!

Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Related Articles

Back to top button
Close