Pojok #UNYuTips

5 Hal Positif yang Didapatkan Ketika Menjadi Volunteer

Bagi beberapa orang istilah volunteer masih asing. Volunteer adalah orang yang dengan sukarela melakukan suatu aksi sosial tanpa mengharapkan timbal balik. Volunteer sering ditemui erat pada kegiatan yang bertema sosial. Seseorang yang telah memutuskan untuk menjadi volunteer akan merelakan tenaga, waktu, pikiran, dan mungkin biaya. Namun, hal itu dipilih karena berkat dorongan dari dalam diri sendiri.

Menjadi seorang volunteer adalah hal yang mulia. Dengan niat tulus dan ikhlas ingin membantu. Namun, jangan salah sangka juga, ada banyak hal yang bisa didapatkan ketika memutuskan untuk menjadi seorang volunteer. Di sini akan dibahas apa saja manfaat yang bisa diperoleh ketika menjadi seorang volunteer.

#1 Relasi

Menjadi seorang volunteer tentu akan bertemu dengan orang banyak, terlebih orang baru. Orang-orang yang menjadi volunteer dalam suatu even atau aksi sosial mungkin akan memiliki latar belakang yang berbeda-beda dan pemikiran yang berbeda-beda. Hal itu akan menambah jalinan koneksi untuk semakin luas dalam hal bertukar pikiran, memberi informasi, dan kenal lebih banyak jangkauan dengan berbagai hal.

Baca Juga  Alasan Mengapa Kamu Harus Kuliah di Sekretari UNY

#2 Pengalaman

Pengalaman tidak bisa dibeli. Itu adalah hal yang pernah didengar. Maka, untuk tahu apa saja yang terjadi di lapangan misal ada suatu bencana alam, menjadi volunteer adalah salah satu pilihan yang tepat. Ketika menjadi volunteer akan benar-benar tahu, apa yang terjadi, bagaimana kondisi, dan yang pasti tahu bagaimana menyikapi ketika hal yang tidak diingkan terjadi, karena sudah pernah terjun langsung.

#3 Kepercayaan diri

Kepercayaan diri tidak mudah, butuh proses dan diasah untuk bisa mendapatkan itu. Kepercayaan diri yang dimaksud adalah bagaimana tampil di hadapan umum dan orang banyak tanpa mengalami tertekan dan bisa lancar. Kemampuan ini bisa didapatkan ketika menjadi volunteer karena akan berinteraksi dengan banyak orang.

#4 Kelola waktu

Karena menjadi volunteer biasanya adalah menjadi kegiatan sampingan yang positif. Tentu juga memiliki jadwal kegiatan, pekerjaan, yang menjadi pokok dan prioritas. Nah, di sini akan terlihat bagaimana kelola waktu tersebut berjalan. Jika mungkin hal-hal prioritas sudah berjalan dengan baik dan semestinya, menjadi volunteer bisa menjadi salah satu pilihan. Tentu sangat bermanfaat.

Baca Juga  Yuk Intip, Gimana Sih Jurusan Teknik Sipil itu?

#5 Riwayat hidup

Ini adalah hal yang akan membantu meningkatkan karier ketika sudah pernah menjadi volunteer. Biasanya ini digunakan untuk membuat daftar riwayat hidup. Mungkin dengan adanya hal itu akan membantu seseorang lebih mudah untuk mendaftar lowongan pekerjaan.

Kelima hal tersebut adalah bagian terpenting dan manfaat ketika menjadi seorang volunteer. Menjadi volunteer tidak sia-sia kok, ada manfaat dan hal-hal baik yang bisa membantu dan menenangkan hidup. Semua yang berangkat dari diri sendiri dan diniati baik akan berakhir baik. Silakan mencoba saja menjadi volunteer dan jangan lupa sesuaikan dengan minat ya.

Related Articles

Back to top button
X