Pojok #UNYuUNY Banget

5 Hal yang Seru Dilakukan Saat KKN Serta Bermanfaat untuk Warga dan Mahasiswa KKN

KKN adalah singkatan dari kuliah kerja nyata, KKN biasanya dilakukan oleh mahasiswa yang sudah sampai pada semester akhir. Momen KKN ini sering disambut dengan antusias oleh mahasiswa yang akan melaksanakan. Bahkan, beberapa mahasiswa yang belum mendapat momen untuk melakukan KKN juga sering iri melihat kakak tingkatnya melakukan KKN.

Pelapasan KKN UNY 2022

KKN memiliki sisi positif bagi mahasiswa, di mana mahasiswa akan diajarkan untuk hidup mandiri, meskipun tidak benar-benar mandiri, karena masih menunggu kiriman dari orang tua. Namun, saat KKN tentu mahasiswa akan benar-benar belajar hal-hal baru yang akan ditemui, berinteraksi dengan kehidupan yang nyata, dan memikirkan program-program yang luar biasa. Namun, tentu mahasiswa akan mengalami masa jenuh, lelah, dan butuh hiburan.

Berikut akan kamu berikan rekomendasi 5 kegiatan yang seru dilakukan saat KKN.

#1 Mengikuti tren permainan anak yang sering dilakukan di kampung

KKN tentu akan berinteraksi secara langsung dengan masyarakat yang kampungnya ditempati. Nah, anak-anak adalah yang biasanya memiliki interaksi paling banyak dengan mahasiswa KKN. Biasanya anak-anak akan senang bermain ke posko KKN, mengajak bermain di kampung, dan bertukar cerita dengan mahasiswa KKN. Maka, mahasiswa KKN yang bisa membaur dan mudah akrab dengan anak akan bisa membuat tingkat kejenuhan mahasiswa terbantu.

Baca Juga  Kesempatan Masuk Lebih Besar ! Catat , Ini dia Program Studi ‘Renggang Persaingan’ UNY 2020

#2 Mendatangi rumah warga untuk silaturahmi dan mencoba mengakrabi warga

Tujuan utama untuk mendatangi rumah-rumah warga adalah silaturahmi. Lalu, jika tujuan pertama sudah diterima dengan baik oleh tuan rumah, tidak menutup kemungkinan pintu akan terbuka lebar untuk momen-momen berikutnya. Bisa jadi mahasiswa KKN datang ke rumah warga untuk menumpang menonton TV saat ada pertandingan sepak bola. Salah satu cara tersebut akan menambah tingkat intensitas hubungan mahasiswa KKN dengan warga semakin terbangun.

#3 Menyemarakan dan turut serta gotong royong

Sebagai mahasiswa yang memiliki program kerja, tentu sudah ada gambaran, apa yang ingin dikerjakan ketika melakukan KKN. Maka, untuk bisa lebih dekat dengan warga dan agar warga juga menaruh perhatian kepada KKN, sebaiknya kegiatan gotong royong ini diikuti ketika melakukan KKN. Biasanya setiap kampung akan memiliki jadwal gotong royong yang berbeda, mulai dari setiap satu bulan sekali, satu minggu sekali, dst. Saat gotong royong mahasiswa juga bisa mengetahui, apa saja sih yang sekiranya dibutuhkan di kampung tempat KKN.

Baca Juga  Aplikasi Jual Beli "Sampah" Asal Yogyakarta, Rapel.id

#4 Menyelenggarakan lomba untuk kampung

Orang-orang tentu butuh hiburan, salah satunya dengan menyelenggarakan lomba. Biasanya juga penerjunan KKN akan dilaksanakan menjelang hari kemerdekaan RI. Nah, itu adalah momen yang sangat tepat. Di mana mahasiswa bisa ikut berpikir bagaimana membuat lomba yang menarik, kratif, dan bisa membuat warga berduyun-duyun datang pada acara.

#5 Mengadakan permainan skala kecil untuk kelompok KKN

Jika tadi sudah rekomendasi kegiatan untuk warga, kini ada juga satu rekomendasi untuk kelompok KKN. Hal ini juga bisa membuat kelompok semakin solid dan melepas penat. Teman-teman bisa melakukan outbond kecil-kecilan di kampung, bisa melakukan refreshing dengan pergi ke tempat wisata terdekat, atau mengadakan permainan kecil-kecilan, seperti uno, main gobak sodor, dll.

5 hal tersebut merupakan kegiatan yang bisa dilakukan saat KKN. Kegiatan tersebut tentu bisa dilakukan untuk menambah kearkaban, melepas penat, dan membuat jiwa dan pikiran tenang. Karena jika terlalu diporsir dalam melakukan program kerja, nanti mahasiswa KKN akan mengalami kelelahan yang berat. Maka, silakan dicoba.

Related Articles

Back to top button
X