Mahasiswa BangetPojok #UNYu

5 Kegiatan Alay Mahasiswa di Sosial Media

Masa-masa alay hampir sebagian besar dilakukan atau dialami oleh kawula muda. Hal tersebut memang wajar terjadi karena usia kawula muda yang masih remaja memang ingin menampilkan jati dirinya ke orang banyak dengan caranya sendiri. Saya yakin bahwa teman-teman pun juga pernah alay. Alay zaman SD atau SMP, dimana mengetik sms saja menggunakan huruf dan angka. Sebenarnya, alay itu apa sih? Kata wikipedia sih begini

alay

Namun alay zaman sekarang bukan hanya sekedar mengetik sms saja. Kegiatan alay juga sekarang banyak dilakukan di sosial media. Berikut saya sampaikan beberapa kegiatan alay mahasiswa masa kini. Cekidot!

1. Sedang dimana aja, update status dulu di sosial media.

Nah, hayo ngaku. Yang lagi jalan dimana, hang out dimana, atau ikut seminar dimana, yang nggak pernah lupa adalah update status dulu. Ya biar teman-teman di dunia maya tahu gitu atau sekedar pengen eksis. Hehe. Kenapa bisa dikatakan alay? Hmm ya karena itu kan urusan pribadi kita, kenapa harus disebar di ruang publik? Nah nanti kalau ada yang mengintai sosial media kita terus diculik gimana? Hmm, semoga kita lebih bijak ya

2. Suka update status “kurang piknik”, “kurang liburan”, “kurang main” di media sosial.

Wahai teman-temanku, ada yang pernah atau malah sering update status seperti itu? Tidak kah engkau bersyukur atas nikmat Tuhan yang telah diberikan untukmu? Bagi saya, hal ini alay. Kenapa? Padahal di akun instagram penuh foto-foto main, habis ke pantai, kebun teh, atau tempat lainnya. Dan engkau masih update status “kurang piknik”, “kurang liburan”, “kurang main?” Seharusnya engkau lebih bersyukur kawan yang instagramnya penuh foto piknik atau main kemana aja, karena ada lho mahasiswa di luar sana yang mungkin belum bisa main sebebas kalian. Karena mungkin harus kerja part-time demi bayar uang kost, misalnya sih. Semoga tidak kita jumpai lagi status “kurang piknik”, “kurang liburan”, “kurang main” di sosial media.

Baca Juga  10 Fakta Tentang Kampus UNY

baca juga : Seputar Pertanyaan “Nyeleneh” yang Berpotensi Diajukan Dosen Saat Sidang Skripsi

3. Datang ke Perpustakaan, bukannya baca buku malah selfie, terus fotonya di-upload di instagram.

Ada yang pernah seperti ini? Kalau ada, maaf saya singgung sedikit. Perpustakaan itu tempat sumber ilmu lho, banyak buku-buku yang bermanfaat. Tapi ya masih saja saya temui beberapa mahasiswa yang datang ke perpustakaan, terus menemukan judul buku yang bagus, terus dibuat selfie dengan efek-efek yang elegant gitu dengan background buku dan perpustakaan. Setelah itu keluar dari Perpustakaan. Aduuuh, ya ngapain coba seperti itu? Hmmm. No comment deh.

4. Suka update status di facecook atau twitter “Aduh, capek Tuhan. Tugas kuliah banyak banget”.

Hayo ngaku siapa yang suka ngeluh masalah tugas kuliah di sosmed? Nah, kita kan mahasiswa. Jadi wajar kan kalau banyak tugas? Kenapa harus mengeluh perkara tugas kuliah? Itu lama-lama timeline sosmedmu isinya hanya hal-hal yang nggak penting lho, gaes. Padahal sosmed kan isinya nggak kamu doang, banyak pengguna lain. Kasihanilah pengguna sosmed yang lain. Kasihanilah mata pengguna sosmed lain yang hampir tiap hari nontongin timeline yang isinya ngeluh tugas kuliah. Selain kasihan dengan pengguna sosmed lain, kalian juga harus kasihan dengan orang tua kalian yang masih bekerja demi membayar uang semesteran. Ya kan? Lebih capek siapa coba, kamu atau orang tuamu? Hmm.

Baca Juga  Mau Berprestasi ? Yuk Intip Tips Berprestasi Versi Mahasiswa UNY

Baca juga :  Angkringan Paling Hits Di Sekitar UNY

5. Kalau lagi ngerjain tugas, buku-buku tebal, laptop, kacamata minus juga ikut jadi objek selfie.

Gimana gimana? Belum paham ya maksud saya? Jadi gini, misalnya kalian lagi banyak-banyaknya tugas, terus pas lagi ada semangat buat ngerjain, buku-buku tebal, laptop, kacamata minus difoto dulu, habis itu di upload di instagram dengan caption: “Semangat nugas kakak”. Ada yang pernah kayak gini? Maaf ya saya singgung sedikit hehe. Ya udah sih, kalau mau ngerjain tugas langsung dikerjakan dulu. Nanti kalau ngurusin upload foto di instagram malah tugas kalian nggak selesai-selesai. Ujung-ujungnya jari-jari kalian yang harusnya buat mengetik makalah di laptop, tiba-tiba 180 derajat berubah buat scroll down smatrphone gara-gara keasikan nonton instagram.

Memang, sosial media masa kini menampilkan fitur-fitur yang menarik dan membuat kita terlena akan itu. Semoga kita bisa lebih bijak lagi ya dalam menggunakan sosial media. Ingat, sosial media itu isinya nggak cuma kamu doang, jadi ya posting yang bermanfaat aja.

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X