Seputar Pertanyaan "Nyeleneh" yang Berpotensi Diajukan Dosen Saat Sidang Skripsi | UNY COMMUNITY
Friday , 16 November 2018
Home / Mahasiswa Banget / Seputar Pertanyaan “Nyeleneh” yang Berpotensi Diajukan Dosen Saat Sidang Skripsi

Seputar Pertanyaan “Nyeleneh” yang Berpotensi Diajukan Dosen Saat Sidang Skripsi

Sidang skripsi adalah momen yang ditunggu dan menegangkan bagi sebagian besar mahasiswa. Pertanyaan ilmiah, logis, dan mendasar, seperti alasan memilih judul, variabel yang digunakan, jenis penelitian, tujuan, dan sebagainya kerap diajukan dosen. Tentu dalam hal ini si mahasiswa sudah menyiapkan jawaban yang matang dan tegas. Tapi, apa jadinya ya kalau dosen malah mengajukan pertanyaan nyeleneh tak terduga? Fine, untukmu mahasiswa yang sedang memperjuangkan agar bisa segera sidang skripsi, inilah pertanyaan nyeleneh yang berpotensi diajukan dosen saat sidang skripsi.

sidah skripsi

“Jadi, Apa Arti Dari Nama Saudara?”

Jika pertanyaan ini terlayang, haruskah kita jawab, “Apalah arti sebuah nama, Pak, Bu?” Atau jawaban yang begini, “Biarlah waktu yang mengungkap arti dari nama saya, Pak, Bu.” Tamat hidup deh kalau sampai berani melontarkan jawaban tersebut, gaes. Tentu tidak sesimpel itu ya. Tapi jangan salah, pertanyaan ini berpotensi muncul. Tidak jelas apa maksudnya dosen mengajukan pertanyaan tersebut. Tapi, bersiaplah dengan jawaban yang logis, gaes. Bisa jadi dosen tersebut diam-diam menyukai namamu dan penasaran dengan arti namamu itu.

Baca Juga  Terjebak dalam zona Friendzone? Lakukan Hal Berikut

Seputar Halaman Persembahan

“Anda ini terlalu membuang energi menuliskan nama-nama yang tidak penting di halaman persembahan. Ada tulisan someone special, masa lalu, masa depan. Maksudnya apa?”

Lalu, apa jawaban yang ideal, gaes? Dosen sangat berpotensi menanyakan hal tersebut. Itulah kecermatan dosen yang terkadang luput dari pengamatan. Siapkan alasan yang logis ya gaes, kalau pertanyaan itu muncul.

baca juga :  Haruskah, Nama Pasangan Ada di Halaman Persembahan Skripsi?

“Saudara Sudah Punya Pacar?” Atau “Setelah Lulus, Sudah Siap Melamar/ Dilamar?”

Ini pertanyaan yang sesungguhnya memerlukan jawaban berupa dukungan moril terutama buat mereka yang masih single. Pertanyaan seputar status dari siapa pun itu, seringkali membawa dampak rasa tersendiri di hati. Namun umumnya, saat dosen mempertanyakan status saat sidang skripsi, tujuannya adalah hanya untuk mencairkan suasana ruang sidang saja. Tapi tetap saja pertanyaan ini surprise keras buat yang masih single happy ya, gaes. Jawaban belum atau sudah, rasa-rasanya seperti simalakama karena pertanyaan itu bisa bercabang alias tidak berhenti di situ saja dan akhirnya nyeleneh bagimu.

Baca Juga  Meradarkan Rumus Eksakta Kehidupan? Cuma Anak FMIPA Yang Bisa Begini

Pertanyaan nyeleneh  tersebut tetap harus dijawab, gaes. Jangan biarkan sang waktu yang menjawabnya. Selamat Sidang Skripsi

About Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Check Also

Ketika Pertanyaan ‘KAPAN NIKAH?’ Mencuat Ke Permukaan Saat Lebaran, Siapkan Jawaban Berikut Ini

Kebayang gak gaes, saat momentum lebaran, saat di mana semua sanak keluarga berkumpul dan pertanyaan …