Pojok #UNYuTips

5 Kegiatan Antimainstream Untuk Isi Liburanmu

“Libur telah tiba, libur telah tiba, hore, hatiku gembira” begitulah kira-kira petikan lagu anak-anak yang masih terdengar dinyanyikan ketika libur tiba. Hari libur bagi kebanyakan orang didefinisikan sebagai hari terlepas dari kegiatan rutinitas seperti sekolah, kantor dan lainnya. Libur menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia berarti bebas dari bekerja atau masuk kerja, sedangkan liburan ialah saat dimana kita mengalami waktu libur. Jadi, liburan tidak mesti pergi jauh ke tempat-tempat indah dan menghabiskan uang, kan? Ada hal-hal asyik dan bisa dikatakan antimainstream yang bisa kamu lakukan ketika libur lho. Berikut pilihan-pilihan kegiatan yang bisa mengisi liburanmu.

  1. Tekuni Hobimu

Kamu bisa lho memanfaatkan masa liburan untuk menekuni hobimu, kamu bisa juga menyalurkan passion yang kamu miliki. Misalnya kamu hobi menulis, manfaatkan waktu luang pada saat liburan dengan menulis sesuatu yang kamu suka atau topik-topik tertentu. Selain bisa mengisi liburan, hobi biasanya juga menghasilkan sesuatu yang bermanfaat seperti sebuah karya atau manfaat-manfaat lainnya.

  1. Belajar Sesuatu yang Baru
Baca Juga  Jika Gelombang Theta Telah Memasuki Otak Mahasiswa Saat di Kelas

Waktu liburanmu bisa kamu gunakan juga untuk belajar hal-hal baru, seringkali kita ingin bisa melakukan suatu keahlian tapi karena keterbatasan waktu, kita menjadi tidak fokus. Pada saat liburan tentunya kamu punya banyak waktu luang karena terbebas dari kewajiban sekolah atau kerja. Salah satu contohnya, kamu ingin belajar main gitar, bisa mulai mencari guru yang tepat untuk mengajarimu atau kamu juga bisa belajar secara otodidak.

  1. Dekor Ulang

Apa nih maksudnya dekor ulang? Misalnya kamu bisa mendekor ulang kamar tidurmu, meja belajar yang sebelumnya ada di sebelah kiri, bisa kamu pindah ke sebelah kanan dan menata ulang boneka-bonekamu. Kegiatan ini cukup mengasyikkan karena kamu bisa mendapatkan suasana yang baru di dalam kamarmu.

  1. Jalan-Jalan di Sekitar Tempat Tinggalmu
Baca Juga  PMB Pasca UNY 2020 Sudah Dibuka, Ini Jadwalnya

Jalan-jalan tidak harus ke tempat yang jauh dan membutuhkan biaya, kamu bisa jalan-jalan di sekitar tempat tinggalmu. Bertegur sapa dengan orang-orang di sekitarmu, bermain ke tempat masa kecilmu, wisata di daerahmu.

  1. Buat Rencana Masa Depan

Rencana masa depan bisa membantumu untuk mempermudah jalanmu menuju tujuan yang kamu inginkan. Sudah membuat rencana untuk masa depan? Kalau belum, yuk buat. Ada rencana jangka pendek dan jangka panjang. Rencana jangka pendek adalah apa yang ingin kamu capai dalam waktu dekat, sedangkan rencana jangka panjang adalah apa yang ingin kamu capai dalam kurun tahun tertentu.

Semoga kegiatan-kegiatan di atas bisa membuat liburanmu menjadi lebih asyik dan berwarna ya! Selamat mencoba dan tetap semangat!

Lusiana Indriani

Mahasiswi Sastra Indonesia 2016 | Menyenangi semua hal yang menyenangkan

Related Articles

Back to top button
Close
X