Mahasiswa BangetTips

5 Tips Sederhana dalam Menjalani Tes TOEFL

Seperti yang kita ketahui bahwa bahasa Inggris adalah bahasa Internasional yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan orang dari negara lain. Makadari itu kita sebagai akademisi pun juga dituntut untuk mampu dalam berbahasa Inggris. Untuk itu pihak kampus pun juga harus memberi fasilitas kepada setiap mahasiswanya untuk dapat belajar bahasa Inggris. Misalnya dengan pelatihan setiap seminggu sekali lalu diadakan tes. Nah berbicara mengenai bahasa Inggris, maka tak lepas dari tes TOEFL. Yup, tes TOEFL ini sudah banyak menjadi syarat untuk melamar pekerjaan, syarat skripsi, mendaftar beasiswa, dan lain-lain.

preparation-tips-toefl-copy-638x381

Banyak yang bilang kalau tes TOEFL itu sulit, membuat grogi, dan jadi tidak fokus. Karena dengan waktu yang telah ditentukan, kita harus mampu menyelesaikan soal tersebut tepat waktu. Terkadang membuat panik juga saat tes. Lantas apa yang harus dilakukan calon peserta tes TOEFL? Berikut tipsnya.

  1. Datang tepat waktu dan jangan lupa berdoa

Penting banget nih. Harus datang tepat waktu ya kawan. Meskipun tetap diperbolehkan masuk dalam situasi terlambat, toh kita tetap tidak akan mendapat tambahan waktu. Rugi kan ya? Udah bayar tes toefl mahal, eh malah terlambat duuuh. Usahakan untuk bangun pagi dan paling enggak 15 menit sebelum waktu tes udah di tempat tes ya.

Baca Juga  Mahasiswa yang Rajin Berkunjung ke Perpustakaan, Pantaskah disebut ‘Culun’?

Selain itu, sebelum kamu mengisi lembar jawab, berdoa dulu ya. Ini bisa membantu kamu untuk menenangkan batin kamu agar tetap tenang.

  1. Tetap tenang, jangan panik, dan fokus dengan tujuan awal

Kamu mau sepanik apa pun hal tersebut nggak akan membantu kamu lancar dalam tes. Coba untuk lebih tenang, jangan sepaneng, anggap saja seperti ujian semester hanya berbeda sedikit tingkatannya. Oya, jangan panik ya kawan. Misalnya saja kamu ketinggalan saat bagian listening, nah kalau begitu lebih baik soal yang telah berlalu abaikan saja, kamu harus fokus pada soal yang ada di depanmu sekarang, jangan kembali ke soal yang sebelumnya karena itu akan membuat kamu berfikir lebih ekstra. Andai kata kamu sudah ketinggalan beberapa soal dan benar-benar tidak tahu jawabannya, isi aja dengan asal, nggak papa yang penting kamu isi.

Dan satu lagi yang penting adalah ingat tujuan awalmu. Kamu ikut tes toefl ini untuk apa sih? Untuk syarat skripsi, daftar beasiswa, atau apa? Nah tujuan awalmu itu harus kamu tanamkan sedalam mungkin agar arahan kamu ikut tes itu lebih jelas sehingga saat mengerjakan tes kamu lebih fokus.

  1. Usahakan lembar jawab diisi semua (walaupun jawaban asal)

Jumlah tes toefl itu banyak, sekitar 50 soal listening, 40 soal structure, dan 50 soal reading, ditambah lagi waktu yang diberikan kurang lebih 2 jam. Banyak dari kita saat tes toefl terkadang kekurangan waktu dan akhirnya banyak soal yang belum diisi. Untuk mengatasi hal tersebut ada langkah yang dapat dilakukan, yaitu saat waktu masih tersisa kurang lebih 10 menit, kamu harus mengisi semua lembar jawab, kamu isi asal juga nggak papa. Kuncinya itu gaes, karena sayang banget kalau nggak kamu isi. Bisa jadi lho walau kamu asal jawab tapi malah bener hihi. Nah kalau waktunya masih, kamu harus mengecek jawabanmu lagi, kalau ternyata jawabannya salah kan juga masih ada waktu buat mengganti jawaban, yang penting usahakan untuk diisi semua ya gaes.

  1. Jangan lupa bawa alat tulis
Baca Juga  Ingin Matriks KKN-mu Terlaksana dan Lancar Jaya, Berikut Tipsnya

Bener banget gaes. Sehari sebelum tes coba cek isi tas dulu ya. Sudah ada alat tulis belum? Usahakan kamu jangan meminjam alat tulis orang lain, alangkah lebih baik kamu persiapkan sendiri. Oke?

  1. Jangan lupa bawa kartu identitas diri

Nah kartu identitas diri juga penting lho gaes, jangan lupa bawa ya. Biasanya pengawas juga mengecek apakah kartu identitas diri juga sesuai dengan orangnya yang datang saat waktu tes hehe. Jangan lupa bawa ya.

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X