Mahasiswa BangetPojok #UNYuTips

6 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Setelah Selesai UAS

Kurang lebih dalam waktu 2 minggu kemarin UNY lagi musimnya UAS ya. Duh masa-masa UAS itu memang memberatkan. Karena UAS merupakan puncak dari hasil perkuliahan kita selama satu semester. UAS itu modelnya macam-macam. Ada UAS ujian tulis atau lisan di kampus, UAS praktik, atau tugas rumah sebagai pengganti UAS yang biasanya disebut take home. Dan hal lumrah yang dinantikan oleh mahasiswa itu adalah segera berakhirlah masa-masa UAS. Memang, pas menjalani UAS hari pertama tuh berat banget, dan akhirnya lanjut terus, eh nggak terasa udah hari terakhir. Nah kalau udah selesai UAS, kalian bisa lho melakukan hal-hal berikut ini. Yuk simak.

1. Bersyukur

alhamdulillah
pic : dti-alhidayah.com

Hal yang paling sederhana setelah berakhirnya UAS adalah bersyukur. Bersyukur UAS telah selesai. Bersyukur kemarin bisa mengerjakan ujian tulis dengan baik. Bersyukur ujian take home alias makalah makalah sudah dikumpulkan. Bersyukur masih diberi kesehatan selama hari pertama UAS hingga masa berakhirnya UAS. Yeee, exam is over!

 2. Istirahat

istirahat
pic : ayobuka.com

Hari pertama setelah UAS selesai yang bisa dilakukan adalah istirahat. Benar-benar istirahat full. Untuk mengembalikan energi setelah kurang lebih 2 minggu badan dan otak bekerja dengan keras. Masa-masa UAS kan banyak aktivitas tuh, mungkin kurang tidur gara-gara begadang menyelesaikan ujian take home, apalagi makan juga jadi nggak teratur. Nah makanya pas selesai UAS dipuasin istirahatnya. Kalian bisa matiin handphone seharian agar nggak ganggu tidur, terus minta pengertian ke temen kost biar nggak ganggu juga. Sip.

Baca Juga  Wahai Lelaki, Inilah Karakter Wanita yang Serius Menjalin Hubungan Denganmu

3. Merapikan kamar

kamar rusak
pic : idntimes.com

Kalau udah puas istirahat, hari berikutnya bisa lho merapikan kamar kalian. Nah biasanya kan masa-masa UAS buku-buku bakal berantakan kemana aja tuh karena habis buat belajar atau mengerjakan tugas. Nah agar nggak bikin suntuk, kalian bisa tuh merapikan kamar. Taruh buku-buku di tempat sebelumnya. Kalau kamar rapi setelah selesai UAS kan rasanya juga bisa mengurangi beban pikiran, hati juga semakin adem karena memandangi kamar yang rapi dan nggak kayak kapal pecah.

Baca juga : Ingin Kamar kostmu Menjadi Tempat Paling Nyaman, Lakukan ini

4. Main atau piknik bersama teman seangkatan

pantai camping

Wah ini nih, hal yang paling ditunggu-tunggu setelah UAS berakhir. Bahkan sebelum UAS berakhir aja udah kowar-kowar atau update status di sosial media “Habis UAS aku mau main pokoknya!”. Jujur aja deh, mungkin kalian sendiri atau teman kalian di sosmednya udah kowar-kowar status kayak gitu. Wajar aja sih. Kan emang pengen cepat-cepat refreshing. Nah kalian bisa lho main atau piknik bareng teman seangkatan. Nginep dimana gitu. Bikin tenda. Masak-masak. Wah pasti bakalan seru tuh. Karena kan kemarin udah berjuang sama-sama pas selama UAS. Sekarang juga mainnya sama-sama.

Baca Juga  Tipe-tipe Dosen Serta Cara Menghadapinya

6. Siapin alat tulis menyambut semester baru

alat tulis
pic : rezakurniawan.co

Walau masih musim liburan, kalian juga bisa kok menyiapkan alat tulis sebelum masuknya semester baru. Jadi kan pas masuk semester baru kalian enggak keteteran. Kalian bisa cek tuh, misalnya isi binder habis, tinta bolpoint habis, tas perlu dicuci. Nah hal-hal kecil itu bisa kalian lakukan pas liburan. Jadinya beli isi binder, beli bolpoint baru, tasnya dicuci. Jadi kan liburan tenang. Pas masuk semester baru juga udah siap. Yeee.

Baca juga : 5 Tempat Seru Berburu Alat Tulis di Jogja

6. Nyambi kerja part-time

part time
pic : oksbanget.com

Biasanya pas udah nggak masuk kuliah nggak dapet uang jajan, nah buat tambahan kalian juga bisa nyambi kerja part-time gitu. Misal di warnet, atau di tempat makan gitu, atau yang lainnya deh. Asalkan yang menghasilkan uang halal walau hasilnya nggak seberapa tapi kan lumayan buat tambah-tambah uang jajan juga. Jadi sebelum UAS berakhir dan berganti ke semester baru, bisa juga nih nyambi kerja part-time gini.

Setiap mahasiswa memang punya cara masing-masing untuk merayakan hari berakhirnya UAS. Apa pun bentuknya itu, yang penting dapat membuat senang dan benar-benar menikmati hari berakhirnya UAS itu. Eits, tapi tetap lakukan hal yang baik-baik aja ya gaes. Yosh, exam is over!

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X