7 Tipe Unik Mahasiswa Dalam Kelas | UNY COMMUNITY
Friday , 19 October 2018
Home / Mahasiswa Banget / 7 Tipe Unik Mahasiswa Dalam Kelas

7 Tipe Unik Mahasiswa Dalam Kelas


1. Mahasiswa Serius
Tipe mahasiswa satu ini selalu serius di dalam kelas. Mereka selalu memperhatikan setiap apa yang dijelaskan oleh dosennya. Tidak peduli itu adalah mata kuliah favorit mereka atau bukan, dosen favorit mereka atau bukan, mereka tetap serius dalam mendengarkan. Bahkan mereka bisa saja sangat aktif dalam mencatat dan bertanya. Banyak hal yang dapat mendorong semangat belajar mereka
Tipe mahasiswa seperti ini biasanya berambisi untuk mengejar IP yang tinggi berdasarkan kemampuannya dan memiliki prinsip anti kerja sama dalam ujian. Jadi jika sobat sedang dalam kondisi ujian, sebaiknya jangan terlalu banyak berharap pada tipe mahasiswa seperti ini.

2. Mahasiswa Setengah Serius
Tipe mahasiswa ini mungkin dapat dikatakan turunan dari tipe yang pertama. Kalau tipe yang pertama selalu serius dalam mendengarkan, mencatat atau berdiskusi, tipe yang ini mungkin akan serius tapi dalam hal-hal tertentu saja. Misalnya saja mereka dalam mood yang bagus maka mereka akan serius dalam memperhatikan dosennya.
Tipe mahasiswa ini biasanya tidak terlalu berambisius mengejar IP tinggi, paling tidak mereka bisa mendapatkan nilai 3,oo untuk bisa mengejar SKS penuh.

Baca Juga  7 Alasan kenapa kuliah di FIK UNY adalah langkah tepat buat kamu!

3. Mahasiswa Aktif
Kalau tipe mahasiswa satu ini boleh dikatakan bahwa mereka berambisius untuk mendapatkan IP yang tinggi layaknya tipe pertama, namun mereka tidak bermaksud untuk menyamai ambisi besarnya IP yang ingin didapatkan oleh tipe pertama. Mungkin saja ambisi mereka sama seperti ambisi tipe kedua.
Kalau tipe pertama dan kedua selalu memperhatikan dosennya, mungkin kalau tipe yang ini akan mengambil cara yang berbeda yaitu selalu aktif dalam bertanya dan berdiskusi. Hal ini dilakukan mereka demi mendapatkan perhatian di mata dosen agar dosen mengira mereka pandai dan membantu nilai mereka.

4. Mahasiswa Pencatat
Tipe mahasiswa yang satu ini bisa dikatakan juga punya ambisi dalam mengejar IP, namun tidak seperti tipe yang serius, mereka hanya berusaha mencatat apa yang dijelaskan oleh dosen, namun tidak semua tipe ini mendengarkan apa yang dijelaskan dosen, bisa saja mereka melihat catatan mahasiswa lain.
Tipe seperti ini biasanya akan mengejar nilai lewat catatannya. Misalnya saja pada saat malam sebelum ujian, mereka akan berusaha menghapalkan apa yang telah dicatatnya. Untuk menghapal, tipe ini memang harus dituntut untuk memiliki daya ingat yang kuat (baca 6 Trik Cepat Meningkatkan Daya Ingat) Tipe ini biasanya jarang melakukan kecurangan pada saat ujian kecuali karena kepepet.

Baca Juga  Toko Buku di Jogja dengan Harga Kantong Mahasiswa

5. Mahasiswa Comberan
Tipe mahasiswa yang ini biasanya memilih tempat yang paling strategis dalam kelas yaitu tempat paling belakang yang biasanya jarang dijangkau oleh dosen pada saat menjelaskan. Mahasiswa seperti ini biasanya akan melakukan aksinya di tengah-tengah mata kuliah bahkan tak jarang ketika dosen memulai pembicaraannya mereka mulai untuk mengobrol.
Mahasiswa seperti ini biasanya berkumpul dalam suatu koloni yang memang pada dasarnya tukang ngobrol pula. Untuk mencegah aksi para koloni ini, biasanya dosen punya cara jitu tersendiri. Mulai dari menjelaskan dengan cara berjalan ke arah koloni tersebut atau bisa juga dengan menanyakan suatu pertanyaan yang dilontarkan kepada koloni tersebut.

6. Mahasiswa IT
Tipe mahasiswa seperti ini biasanya hanya mementingkan masalah gadgetnya daripada harus mendengarkan penjelasan yang diberikan oleh dosennya di dalam kelas. Mahasiswa ini sangat sibuk dengan kebiasaannya untuk mengotak-atik peralatan elektroniknya, seperti Blackberry, Android, atau tablet. Banyak alasan yang mendasari mereka untuk melakukan hal tersebut, namun umumnya mereka melakukan pengiriman SMS karena mood mereka untuk mendengarkan dosen sangat buruk.
Tak jarang tipe mahasiswa ini mendapatkan nilai buruk dalam ujiannya karena ada suatu anggapan bahwa SMS membuat otak tidak maju. Untuk mengatasinya, biasanya pada saat ujian mereka menggunakan gadget mereka sebagai senjatanya. Biasanya dosen yang menangkap mahasiswa yang sedang melakukan hal tersebut, mereka akan menyita gadget dari tangan mahasiswa

Baca Juga  10 Fakta Tentang Kampus UNY

7. Mahasiswa Lelap
Tipe mahasiswa seperti ini biasanya memiliki gangguan dalam tidurnya. Bisa saja mereka begadang karena mereka terlalu banyak belajar namun tak jarang juga mereka begadang untuk urusan-urusan sepele seperti menonton bola, drama, atau bermain game.
Biasanya para dosen yang menemukan kasus dengan tipe mahasiswa tersebut, mereka akan memulai suatu pertanyaan atau mereka akan melakukan suatu lawakan-lawakan yang mampu membangkitkan emosi para mahasiswa.
Namun tak jarang juga, ada dosen yang membiarkan mahasiswa tersebut untuk tidur. Para dosen yang biasanya membiarkan hal tersebut berpikiran bahwa mereka lebih baik tidur daripada mengganggu kelas para dosen tersebut.

sumber : keepo.me

About admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Check Also

SEMINAR NASIONAL KEPEMUDAAN

BEM FIP UNY 2018 PROUDLY PRESENT: SEMINAR NASIONAL KEPEMUDAAN “Pemuda Prestatif Untuk Merealisasikan Indonesia Emas” …