Pojok #UNYuTips

8 Tips ini akan Membuat Laptopmu Berumur Panjang

Dewasa ini komputer jinjing atau lebih dikenal dengan istilah laptop telah menjadi kebutuhan primer untuk para mahasiswa. Bahkan keberadaan laptop sepertinya tak bisa lepas dari kegiatan perkuliahan. Oleh karena itu tidah heran bila kemudian banyak mahasiswa menjadi tergantung pada laptop mereka. Hal ini sangat wajar mengingat sebagian besar mahasiswa mengerjakan tugas-tugas dan menyimpan data-data perkuliahan di komputer jinjing mereka.

Memiliki laptop yang awet dan bisa diandalkan rasanya menjadi keinginan dari semua orang. Delapan tips berikut akan membantu laptopmu awet. Penasaran? Ini dia!

  1. Hindari menggunakan laptop sampai baterai kosong hingga 0%! Segera charger laptopmu kembali ya!

Jangan menggunakan baterai laptop hingga baterai kosong. Saat baterai laptop semakin sedikit segera charger laptop kembali atau matikan laptop. Jangan terus-terusan menggunakan laptop hingga baterai 0%, hal ini dapat memperpendek usia baterai.

  1. Jangan menggunakan laptop di ruang yang bersuhu panas!

Menggunakan laptop dalam ruangan yang bersuhu panas dapat merusak komponen-komponen yang ada di dalamnya. Gunakan kipas pendingin (cooling pad) bila harus mengoperasikan laptop di ruangan yang bersuhu panas. Penggunanan coling pad dapat menetralisir suhu panas.

  1. Jangan menggunakan laptop di atas kasur! Kasihan laptopmu

Mengoperasikan laptop di atas kasur atau benda yang memiliki tekstur empuk dapat membuat laptop cepat rusak. Hal ini karena kasur atau benda yang memiliki tekstur empuk memiliki kemampuan menyimpan panas. Akibatnya panas yang dikeluarkan saat laptop dioperasikan dapat kembali lagi pada laptop tersebut. Hal ini tentu saja membahayakan laptop.

  1. Jauhkan benda-benda yang memiliki kekuatan magnet dari laptop ya!

Jauhkan benda-benda yang memilik daya magnet dari laptop kamu. Daya magnet tersebut dapat menganggu kinerja laptop. Mengingat sejumlah kompenen penting yang terdapat dalam laptop terbuat dari materi besi.

  1. Rajin membersihkan laptop dari debu biar laptop kamu makin cantik dan awet!

Membersihkan debu dari laptop kamu tak membutuhkan waktu yang tak lama sebenarnya. Hal ini sangat penting untuk kamu lakukan. Debu yang dibiarkan menumpuk pada laptop kamu bisa mengakibatkan tersumbatnya saluran hawa yang bisa berpengaruh buruk pada kondisi laptop kamu.

  1. Uninstal program yang tak bermanfaat/tidak terpakai

Laptop yang terlalu banyak programnya akan mempengaruhi kecepaatan kerja laptop kamu. Hal ini juga akan menambah beban kerja hard disk. Akibatnya sistem read/write hard disk akan lambat. Beban yang besar juga akan membuat hard disk laptop kamu cepat rusak.

  1. Jangan terlalu sering menggunakan fitur hibernate

Laptop memang memiliki fitur hibernate atau hibernasi. Fitur ini memungkinkan kamu mematikan laptop dengan masih menyimpan aplikasi yang masih berjalan. Saat kamu menyalakan laptopmu kembali kamu akan langsung menjumpai program yang terakhir kali kamu gunakan. Fitur itu memang dari segi waktu lebih efesien. Tapi bila kerap digunakan bisa memperpendek usia laptop kamu.

  1. Matikan laptop dengan semestinya! Jangan karena pengen cepet main pencet tombol power aja !

Matikan laptop kamu sesuai dengan prosedur. Jangan mematikan dengan langsung menekan tombol power. Matikan laptop dengan cara mengklik ikon shut down.

 

Baca Juga  5 Alasan Mengapa Mahasiswa Teknik Informatika UNY Adalah Calon Pasangan Ideal

Resti Dhian

Apa yang saya tulis belum tentu saya | Alumni PBSI UNY

Related Articles

Back to top button
Close
X