9 Hal kenapa kita tidak boleh Menyalahkan Orang Lain | UNY COMMUNITY
Sunday , 18 August 2019
Home / Pojok #UNYu / 9 Hal kenapa kita tidak boleh Menyalahkan Orang Lain

9 Hal kenapa kita tidak boleh Menyalahkan Orang Lain

Hai, gaes! Pernah dengar keluhan begini:

“Aku yakin jadinya gak bakal kayak gini kalo gak ada dia. Gara-gara ada dia sih jadi berantakan.”

Lantas, apakah jika sudah muncul keluhan, akan bisa memperbaiki semua keadaan? Diperparah lagi jika keluhan itu sampai melibatkan orang lain bahkan sampai menyalahkan. Sebenarnya, terlalu sering menyalahkan orang lain dalam berbagai keadaan, merupakan indikasi awal ada yang salah pada diri sendiri.

salah kamu

Pernyataan berikut bisa dicek kebenarannya jika dalam hidup ini kita terlalu sering menyalahkan orang lain.

  1. Terlalu sering menyalahkan orang lain, merupakan ciri awal penghambat proses menuju kedewasaan seseorang.
  2. Secara tersirat, kebiasaan menyalahkan orang lain mengindikasikan bahwa orang tersebut kurang bertanggung jawab.
  3. Bukan merupakan ciri seseorang yang berjiwa besar jika terlalu sering menyalahkan orang lain dalam setiap persoalan hidup.
  4. Kecenderungan sering menyalahkan orang lain, sesungguhnya adalah bentuk penegasan lain bahwa orang tersebut kurang bahagia dalam hidupnya.
  5. Setiap orang memiliki potensi untuk berkembang menjadi lebih baik, tapi tidak dengan cara terlalu sering menyalahkan orang lain.
  6. Apabila kebiasaan menyalahkan orang lain itu terus berkelanjutan, maka tidak menutup kemungkinan orang tersebut akan mendapat label sebagai seseorang dengan karakteristik pengecut dan sombong. Seseorang yang tidak pengecut, jelas salah satu cirinya adalah berani mengakui kesalahan dengan merendahkan ego, bukan malah menyalahkan orang lain.
  7. Terlalu sering menyalahkan orang lain bisa menjadi pemicu timbulnya fitnah. Hal ini disebabkan belum tentu orang lain yang salah. Kenaifan menyalahkan orang lain tentu akan sangat merugikan berbagai pihak.
  8. Masalah yang datang jelas tidak akan terselesaikan dengan baik jika kita terlalu sering menyalahkan orang lain. Akan lebih baik jika kita intropeksi diri terlebih dulu sebelum berani melibatkan atau menyalahkan orang lain.
  9. Keharmonisan dengan orang-orang sekitar bisa jadi akan renggang jika kita terlalu sering menyalahkan orang lain. Sifat ini sesungguhnya mampu mengikis kenyamanan seseorang dalam berinteraksi.
Baca Juga  7 Tempat Makan Dekat UNY Dengan Harga Bersahabat Bagi Dompet Mahasiswa

Sejatinya, tidak ada manusia yang sempurna memang, gaes. Untuk itu, janganlah terlalu sering menyalahkan orang lain dalam setiap persoalan hidup yang datang.

About Dy Zhisastra

Saya menyayangi mereka yang menyayangi saya | Pegiat Sastra Universitas Negeri Yogyakarta

Check Also

Lakukan Hal Berikut Ini Saat Kamu Diterima Menjadi MABA UNY

Selamat untukmu, #UNYu yang sudah berhasil lolos seleksi masuk perguruan tinggi bergengsi, UNY, mengalahkan ribuan …

X