JogjakuKuliner

9 Kuliner Maknyuss di Bantul

Wisata di Jogja memang tidak ada habisnya. Selain bisa menikmati budaya, alam, heritage. Kini di suguhi wisata kuliner.  Jogja memang gudang segalanya, Kalo dari Jogja bisa meluncur ke arah selatan tepatnya di wilayah Bantul, Di wilayah Bantul ini bisa dikatakan bertebaran wisata kuliner. Mulai dari tempatnya yang asyik, warungnya yang jadi legenda. penjualnya yang unik, masayakannya yang memang maknyus dan sederet kriteria yang lainnya. Untuk menjadi referensi kamu yang ingin berwisata kuliner di Bantul, kita kupas sedikit 9 tempat yang layak kamu kunjungi

1. Ayam Goreng Mbah Cemplung

Ayam Goreng Mbah Cemplung
pic : assets.kompas.com

Ayam goreng mbah Cemplung terletak di sebelah barat Desa Wisata Kasongan tepatnya didusun Semanggi Kasongan Bantul. Menu andalannya ya tentu saja Ayam Goreng Ayam Jawa yang disajikan dengan sambel mentah yang maknyuss. Dari sisi tempat mungkin kurang representatif namun pengunjungnya apabila jam-jam istirahat membludak dan jarang banyak tamu yang tidak kebagian tempat.

2. Bakmi Mbah Mo

Bakmi Mbah Mo
pic : santapjogja.com

Mungkin warung bakmi ini adalah yang paling populer dikalangan pecinta kuliner malam di Jogja. Setiap hari yang datang selalu banyak dan antri kalo ingin mencicipi Bakmi Mbah Mo ini. Lokasinya terletak di dusun Code Trirenggo Bantul. Menu spesial ya tentu saja Bakmi, mau yang godog, goreng atau nyemek (kering nggak basah juga nggak) dan maknyuss pastinya. Yang perlu anda cicipi juga disini yakni rica rica balungan ayam / tulang ayam, dimasak super pedas mak gobyos berkeringat pastinya. Di jamin akan lama menunggunya karena banyaknya wisatawan kuliner yang menyerbu tempat ini. Buka mulai sore hari dan tutup sekitar jam 12 malam. Siapa mau coba silahkan datang di Trirenggo Bantul.

Baca Juga  5 Es Krim di Jogja dengan Sensasi Lezatnya yang Menyegarkan

3. Sambel Belut Pak Sabar

Sambel Belut Pak Sabar
pic : info-jogja.com

Mungkin bagi sebagian orang belut menjijikan namun ditangan Pak Sabar ini menjadi kuliner yang membuat air liur netes terus alias ngeces untuk mencicipinya. Lokasi Sambel welut Pak Sabar berada di Jln Imogiri Barat km 6, Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul. Tempatnya tidak jauh dari Kota Yogyakarta. Menu spesialnya adalah belut goreng beserta sambalnya, namun ada juga menu lainnya yakni kutuk goreng (ikan gabus) dan lele goreng. Pokoke maknyuus dah, apalagi sambelnya.

4. Soto Kadipiro

Soto Kadipiro
pic : yogyes.com

 Terletak di Barat Jogja masuk di wilayah Kadipiro di jalan Wates. Walaupun berada didekat Kota, masih termasuk Bantul lho tepatnya di Desa Kadipiro Kecamatan Kasihan Bantul. Soto Kadiporo yang sekarang ada terdiri dari beberapa warung soto yang semuanya turun temurun. Pendiri pertamanya adalah Karto Wijoyo pada tahun 1921, dan beliau meninggal pada tahun 1972, kemudian dikelola oleh generasi kedua, yaitu bapak Widadi Dirjo Utomo. Warung ini berada di Utara Jalan (Warna Hijau).  Soto Kadipiro mempunyai rasa ringan, tapi rasa kuahnya gurih. Isi sotonya adalah suwiran ayam kampung, tauge dan kol, ditaburi daun bawang dan goreng.

Baca Juga  Sate Klathak Pak Pong; Cara Lain Menikmati Lezatnya Daging Kambing

Biasanya banyak yang menikmatinya untuk sarapan dan makan siang. Kalo anda berkunjung ke Jl Wates ada beberapa warung soto Kadipiro yakni Soto Kadipiro, Soto Kadipiro II, Kadipiro Baru dan Kadipiro Plus, mereka semua pewaris resep dari bapak Karto Wijoyo.

5. Gudeg Nggeneng

Gudeg Nggeneng
pic : javafoodie.co

Gudeg ngGeneng terletak di Panggung Harjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul Mungkin yang belum pernah ke Bantul, agak sulit dicari karena rumahnya terletak di tengah perkampungan tepatnya sebelah barat  ISI Jogja. Warung makan ini dimiliki oleh mBah Martodiryo atau mBah Marto Gowok .

Gudeg basah dan mangut lele merupakan menu utama di warung ini. Mangut lele menjadi unik karena cara memasaknya dan rasanya yang khas. Lele di sini diasapi dulu sebelum dimasak dengan bumbu mangut. Lele ditusuk dengan pelepah daun kelapa (bongkok), ditumpuk dan kemudian diasapi dengan menggunakan sabut kelapa. Dan yang paling unik adalah penyajian langsung di dapur sehingga nganeni untuk selalu di kunjungi.

6. Sate Klathak

Sate Klathak
pic : santapjogja.com

Buat yang tidak punya penyakit darah tinggi Kuliner yang satu ini wajib di coba. Sate Klathak ini adalah sate khas nJejeran Bantul berupa sate kambing bumbu garam, sehingga rasanya agak asin, akan lebih pas jika cara mengkonsumsinya dengan nasi putih yang diberi kuah. Lokasinya agak sedikit jauh dari Kota Yogyakarta tepatnya di Jl. Imogiri Timur KM 8 nJejeran, Wonokromo, Pleret, Bantul.

1 2Next page

admin

UNY COMMUNITY - Komunitas Mahasiswa dan Alumni UNY - kirim artikel menarik kalian ke redaksi@unycommunity.com, syarat dan ketentuan baca  Disini 

Related Articles

Back to top button
Close
X