Mahasiswa BangetPojok #UNYu

Apa Itu SKS Kuliah? Berapa Jam 1 SKS? Berapa SKS Yang Harus Ditempuh untuk D4 dan S1?

Halo sobat #UNYu, gimana kabar kalian? Masih semangat untuk menimba ilmu di Universitas kita tercinta ini, kan?

Nggak terasa, ya kalau sebentar lagi kita akan memasuki tahun ajaran baru yang artinya akan ada mahasiswa baru juga.

Nah, ngomong-ngomong soal mahasiswa baru, tentu ada banyak hal di lingkungan kampus yang sangat berbeda dengan lingkungan SMA dulu, salah satunya adalah istilah-istilah di dunia kampus. Penulis ingin memberi penjelasan mengenai satu istilah yang akan sering adik-adik calon maba dengar, nih.

#1 Pengertian SKS

Yaps, kali ini penulis ingin berbagi informasi seputar SKS. SKS adalah singkatan dari Satuan Kredit Semester. Satuan Kredit Semester digunakan dalam sistem pendidikan tinggi di beberapa negara, termasuk Indonesia, untuk mengukur beban belajar atau kegiatan akademik yang diambil oleh seorang mahasiswa dalam satu semester. Setiap mata kuliah biasanya memiliki jumlah SKS tertentu yang menunjukkan beban belajar yang diharapkan untuk mata kuliah tersebut.

Umumnya, satu SKS mewakili satu jam kegiatan akademik per minggu, baik dalam bentuk kuliah, tutorial, laboratorium, atau kegiatan lainnya. Misalnya, jika satu mata kuliah memiliki bobot 3 SKS, maka mahasiswa menghabiskan sekitar 3 jam per minggu untuk kegiatan akademik terkait mata kuliah tersebut. Akan tetapi, di kampus kita tercinta terdapat pedoman yang menjelaskan alokasi waktu per satu SKS.

Baca Juga  Dilan(da) Skripsi dan Revisi
#2 Alokasi Waktu Per SKS

Untuk mata kuliah teori, alokasi waktu per satu SKS sekitar 50-60 menit, tergantung jenis pembelajaran yang diterapkan (tatap muka, pembelajaran terstruktur, atau pembelajaran mandiri). Sementara mata kuliah praktik, alokasi waktu yang diperlukan per satu SKS sekitar 60-100 menit, tergantung jenis pembelajaran yang diterapkan. Adapun mata kuliah lapangan, alokasi waktu yang diperlukan per satu SKS sekitar 60-200 menit.

#3 Syarat SKS Yang Harus Dipenuhi

Nah, SKS ini juga menjadi salah satu syarat bagi mahasiswa yang ingin menyelesaikan studinya di UNY atau ingin segera mengerjakan tugas akhir. Bagi mahasiswa diploma, mata kuliah tugas akhir bisa diambil apabila yang bersangkutan telah menyelesaikan mata kuliah sekurang-kurangnya 90 sks dengan indeks prestasi kumulatif (IPK) sekurang-kurangnya 2,50. Sementara untuk mahasiswa S1, mata kuliah tugas akhir dapat diambil apabila yang bersangkutan telah menyelesaikan matakuliah sekurang-kurangnya 110 sks dengan IPK sekurang-kurangnya 2,50.

Baca Juga  Kenal Lebih Dekat Asrama Mahasiswa FIK UNY

Akan tetapi, jumlah total SKS yang harus dicapai oleh seorang mahasiswa untuk menyelesaikan program studi biasanya berbeda-beda dalam setiap kampus atau institusi pendidikan tinggi terkait. Jumlah SKS ini dapat bervariasi antara program studi satu dengan yang lainnya, tetapi umumnya berkisar antara 120 hingga 144 SKS untuk program sarjana (S1) di Indonesia.

Oh iya, SKS ini sering dijadikan sebagai feed back atau manfaat yang akan didapat adik-adik ketika mengikuti program dari Kemendikbud atau instansi lainnya, seperti Kampus Merdeka, Kampus Mengajar, Magang Independen, dll. Feed back ini bisa kalian manfaatkan dengan sebaik-baiknya, terutama kalau kalian punya target kuliah bisa cepat lulus. Keren, kan?

Zahra Radhiyya M

Mahasiswi S1 Pendidikan Teknik Boga

Related Articles

Back to top button
X