Pojok #UNYuUNY Banget

Untukmu MABA Pascasarjana, Berikut Ini Kegiatan Awal di UNY

Menjadi mahasiswa baru hingga kedua kali bahkan ketiga kali dan pernah mencicipi rasanya momen wisuda (sarjana dan atau magister) di Perguruan Tinggi bukan suatu hal yang baru bagi si “Mahasiswa Baru”. Mahasiswa baru yang memang tidak benar-benar baru di Perguruan Tinggi. Apalagi bagi mereka MABA PPs UNY yang punya kartu Ikatan Alumni UNY sebagai alumni S1 UNY. Sudah terlampau sulit untuk dikenali menjadi mahasiswa “baru” di UNY, karena kuliah pindah jenjang hanya pindah gedung saja, bisa-bisa terindikasi mahasiswa abadi yang tak jua kunjung lulus sarjana. Namun, jangan berkecil hati jikalau benar-benar menjadi mahasiswa “baru” di UNY, walaupun sudah pernah sama-sama mengalami masa senang sedih duka bahagia menjalani status menjadi mahasiswa di kampus yang lain.

Berikut ini kegiatan-kegiatan awal bagi MABA Pascasarjana yang kiranya bisa dilakukan sebelum merasakan dinginnya malam begadang dengan setumpuk makalah dan laporan dalam kuliah teori dan praktiknya mahasiswa PPs.

foto : instagram.com/faizalmandelasiregar/

 Adaptasi dengan Lingkungan Sekitar

Seperti halnya adaptasi yang dilakukan oleh MABA D3/S1, adaptasi menjadi kegiatan yang paling pokok dan mendasar untuk hidup di suatu lingkungan yang baru. Kenalilah dan pahamilah lingkungan sekitar di kampus, khususnya lingkungan kampus bagi Mahasiswa Baru PPs. Misalnya seperti nama dosen-dosen, tenaga pendidik, letak suatu ruangan di kampus, budaya lokal, etika dan tata tertib pergaulan mahasiswa UNY, dan sejenisnya. Kalau sudah kenal, jangan lupa untuk lebih menjalin interaksi kembali dengan kampus almamater. Adaptasi adalah kunci sukses meraih hasil akademik yang optimal semasa studi Pascasarjana.

Tingkatkan Kemampuan Berbahasa

Kuliah di PPs akan memakan banyak waktu dengan kegiatan membaca dan menulis. Persiapkan dengan baik kemampuan berbahasa, baik bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kemampuan kedua bahasa ini sangat penting dalam menunjang perkuliahan ke depannya. Ikutilah kegiatan-kegiatan di kampus yang menunjang dalam peningkatan berbahasa ini. Misalnya mengikuti pelatihan singkat berbahasa Inggris baik dalam tulisan maupun lisan selama beberapa bulan.

Baca Juga  Ini Lho Letak Gedung PKM fakultas-fakultas di UNY

Persiapkan Naskah/Paper Publikasi Ilmiah

Kegiatan awal perkuliahan yang belum padat, MABA PPs bisa menyiapkan ide/gagasan untuk dituliskan dalam bentuk naskah/paper yang akan dipublikasikan ke seminar, konferensi, dan jurnal (nasional/internasional) baik yang diadakan di dalam negeri maupun luar negeri. Pengalaman menjadi presenter atau pemakalah dalam publikasi ilmiah menjadi pengalaman belajar yang memang layak dimiliki oleh mahasiswa Pascasarjana.

Bergabung dengan Organisasi Profesi/Profesional

Bagi mahasiswa PPs yang sebelumnya aktif di kegiatan organisasi mahasiswa S1 dan tertarik mencoba berorganisasi kembali saat kuliah Pascasarjana, bisa mulai mencoba mendaftarkan diri dan bergabung menjadi anggota organisasi profesi terkait bidang keilmuannya. Organisasi profesi atau profesional lainnya dapat memberikan pengalaman belajar yang lain bagi mahasiswa PPs untuk mengenal lebih dalam pada teori dan praktik bidang keilmuan. Tentunya jejaring/network yang sama-sama berasal dari bidang keilmuan yang sama dapat menambah pengetahuan dan wawasan terkait bidang ilmu yang sedang ditekuni di dunia Pascasarjana.

Aktif Mengikuti Pelatihan/Kuliah Umum/Seminar

Kegiatan belajar pendukung yang diadakan oleh PPs berupa pelatihan/kuliah umum/seminar, biasanya terbuka untuk umum bagi warga PPs/Umum. Mahasiswa baru bisa memanfaatkan mengikuti kegiatan tersebut untuk menambah pengetahuan dan wawasan yang lebih komprehensif tentang isu-isu tertentu di berbagai bidang ilmu yang ada di PPs.

Menjadi Panitia Kegiatan

Mencoba aktif dan memberikan kontribusi positif di kampus sejak mahasiswa baru tidak menjadi masalah. Mahasiswa baru PPs bisa menambah pengalaman belajar menjadi panitia kegiatan di prodinya masing-masing. Carilah informasi di prodi masing-masing, lalu tawarkan bantuan dan raih kesempatan pengalaman belajar menjadi panitia kegiatan-kegiatan di PPs. Siapa tahu kegiatan kepanitiaan ini dapat lebih mendekatkan MABA dengan dunia kampus, khususnya di PPs.

Baca Juga  Hal-hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Jam Kosong

Berkunjung ke Perpustakaan

Biasanya mahasiswa yang bertugas mengerjakan tugas akhir berupa penelitian, pasti akan melakukan kegiatan berkunjung ke perpustakaan. Namun, tidak ada salahnya bagi MABA PPs untuk mengawali lebih dulu kegiatan berkunjung ke perpustakaan untuk mengenal perpustakaan. Lalu, mencoba memulai membaca buku-buku bahkan meminjam buku-buku terkait bidang ilmu yang kiranya akan sangat berguna saat perkuliahan.

Bekerja Paruh Waktu/Magang

Bagi yang merasa kuliah tak kunjung dimulai, atau sudah rindu mendengarkan pemaparan dosen di kelas, bekerja paruh waktu bisa dilakukan untuk menghabiskan masa rindu akan dunia perkuliahan. Bekerja paruh waktu bisa jadi salah satu alternatif kegiatan yang dilakukan saat awal-awal mengisi kehidupan di UNY sebagai MABA PPs.

Dunia kehidupan mahasiswa PPs sebenarnya tak jauh berbeda dengan kehidupan mahasiswa S1 pada umumnya. Namun, jikalau salah kaprah mengartikan makna kata “kebaruan” menjadi sesuatu yang tidak bernilai, kehidupan dunia Pascasarjana akan menjadi tak ada bedanya ketika kuliah S1. Maka, MABA PPs bisa memulai status mahasiswa “baru” dengan semangat yang lebih untuk memperbarui peningkatan kualitas diri, baik dalam teori dan praktik terkait bidang ilmu yang ditekuni di PPs UNY. Kegiatan awal di UNY ini bisa jadi alternatif bagi diri si “Mahasiswa Baru”.

Selamat datang MABA PPs, yang kali kedua dan ketiga menyandang status MABA. Selamat belajar dan berjuang menjadi insan cendekia yang unggul, kreatif, dan inovatif!

Adinuringtyas Herfi Rahmawati

Alumni Bimbingan dan Konseling FIP UNY

Related Articles

Back to top button
Close
X