Pojok #UNYuTips

Aturan Umum di Perpustakaan yang Sebaiknya Kamu Tau

Beberapa bulan belakangan ini, Jogja dihebohkan dengan hadirnya Perpustakaan Grhatama Pustaka yang terletak di sebelah timur JEC (Jogja Expo Center). Perpustakaan tersebut cukup heboh karena perpustakaan tersebut merupakan perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara, selain itu ruangannya cukup banyak, buku-buku juga beranekaragam, pokoknya komplit. Tak lupa, tempatnya pun sangat nyaman. Dan beberapa minggu belakangan ini saya sering berkunjung kesana. Namun bagi saya, tidak semua yang berkunjung ke perpustakaan itu adalah orang ‘pintar’ yang taat akan peraturan. Terlepas dari Grhatama Pustaka, kali ini saya akan membahas aturan umum berkunjung ke perpustakaan yang sebaiknya kamu tau.

1. Melepas alas kaki

3.-4-Cara-Unik-Ingatkan-Tamu-Untu-Melepas-Sepatu2-1000x641
pic : popeti.com

Jarang memang ketika ke perpustakaan kita disuruh untuk melepas alas kaki, namun ada perpustakaan tertentu yang mengharuskan kita untuk melepas alas kaki. Jika dari pihak perpustakaan menyediakan kantong untuk menyimpan alas kaki tersebut, ya simpanlah alas kaki kita ke dalam kantong tersebut. Jika pihak perpustakaan menyediakan tempat atau area penyimpanan alas kaki, ya simpanlah alas kakimu secara rapi. Bukannya malah kamu taruh di depan pintu. Kalau banyak alas kaki yang berserakan di depan pintu masuk perpustakaan, aseli itu mengganggu mata banget.

2. Simpan tas di dalam loker

school-417612_640
pic : maschun.com

Kalau perpustakaan sudah menyediakan loker sebagai tempat penyimpanan tas, ya taruhlah tas kamu di dalam loker tersebut. Bukannya langsung ngeluyur masuk dengan bawa tas. Dan simpanlah kunci lokermu di tempat yang aman, misal di saku celana atau baju kamu, yang sekiranya kamu ingat dan nggak bakal jatuh. Apa susahnya sih cuma naruh tas di loker? Nggak kan?

Baca Juga  Panggung Sandiwara, Gedung Pertunjukan FBS UNY

3. Isi buku kehadiran pengunjung

 buku

Biasanya perpustakaan menerapkan sistem anggota dan non anggota. Kalau non anggota biasanya yang sudah memiliki kartu perpustakaan, sedangkan non anggota yang belum memiliki kartu perpustakaan. Buat kamu kalau masuk perpustakaan, tolonglah kalau ada buku kehadiran pengunjung, ya diisi. Cuma tinggal ngisi nama dan tanda tangan aja kan? Susahnya apa sih? Gemes sama orang-orang yang susah diatur.

baca juga: Tipe-Tipe Mahasiswa Datang Ke Perpustakaan

4. Jangan berisik!

gedebuk-2

Aturan yang sangat umum di perpustakaan adalah dilarang berisik. Jelas sangat mengganggu orang lain kalau kamu berisik. Banyak orang yang sedang membaca buku di perpustakaan. Namun kalau ada yang berisik pasti konsentrasinya akan terganggu. Jadi tolonglah untuk saling mengerti orang lain, jangan berisik ya! Kalau emang harus bicara ya volume bicaramu dikecilkan lah.

Baca Juga  Hai UNYu, Berikut Langkah Bijak Pasca SBMPTN 2018 !

5. Tahan hasrat makanmu

images (12)

Tolonglah, kalau berkunjung ke perpustakaan jangan bawa makanmu, apalagi kamu makan di dalam ruangan tersebut. Aturan yang cukup umum kan kalau dilarang makan di dalam perpustakaan? Ya mungkin kalau minum masih boleh lah. Saya pernah memergoki pengunjung yang makan di dalam perpustakaan. Dan akhirnya dia juga ditegur oleh pihak perpustakaan. Dan hal tersebut membuat saya geleng-geleng. Seberapa bodohnya orang itu sampai nggak tahu peraturan dilarang makan di perpustakaan?

6. Sudah selesai baca, taruh buku di tempat yang sudah disediakan

308156_4040087754522_1334462154_n

Daripada kamu asal menaruh buku yang sudah kamu baca, mbok ya ditaruh di tempat semestinya. Kan biasanya di perpustakaan menyediakan meja atau tempat buku yang sudah dibaca. Taruhlah situ. Daripada kamu ngembaliin di tempat yang bukan semestinya. Karena, tiap buku kan ada nomor urutnya. Kalau kamu asal ngembaliin di tempat yang nggak semestinya, buku tersebut bakal enggak urut nantinya. Dan kalau dicari bakalan susah.

Yuk kawan. Kita sama-sama belajar untuk tertib saat mengunjungi perpustakaan. Bagaimana pun kan perpustakaan juga fasilitas umum. Jadi, dimana kamu berada tahu aturan ya.

 

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X