JogjakuWisata

Back To Nature, Berikut Rekomendasi Wisata Alam di Kulon Progo untuk Mengurangi Penat

Menjalani hari-hari dari bangun tidur hingga tidur kembali selalu dan membutuhkan banyak tenaga, hati serta fikiran. Begitupun dengan mahasiswa, keseharian berkuliah, mengerjakan tugas dan berorganisasi juga banyak menguras tenaga. Tak jarang, ketika hari weekend tiba, banyak dimanfaatkan oleh banyak orang untuk beristirahat menikmati hari libur. Entah dengan sekadar tiduran dikasur atau menikmati liburannya pergi ke tempat-tempat yang menyenangkan.

Kulon Progo sendiri sangat banyak memiliki destinasi yang bisa dijadikan opsi untuk berlibur. Kulon Progo adalah sebuah Kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Ibu kotanya adalah Wates. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Sleman dan Kabupaten Bantul di timur, Samudra Hindia di selatan, Kabupaten Purworejo di barat, serta Kabupaten Magelang di utara. Nama Kulon Progo berarti sebelah barat Sungai Progo (kata kulon dalam Bahasa Jawa artinya barat). Kali Progo membatasi kabupaten ini di sebelah Timur. Kabupaten Kulon Progo terdiri atas 12 kapanewon, yang dibagi lagi atas 88 kalurahan dan kelurahan, serta 930 Pedukuhan (sebelum otonomi daerah dinamakan Dusun). Pusat pemerintahan di Kecamatan Wates, yang berada sekitar 25 km sebelah barat daya dari pusat ibukota Provinsi DI Yogyakarta, di jalur utama lintas selatan Pulau Jawa (Surabaya – Yogyakarta – Bandung. Wates juga dilintasi jalur kereta api lintas selatan Jawa. Kulon Progo menggunakan kodepos 55611 (lama) dan 55600/55651 (baru). Bagian barat laut wilayah kabupaten ini berupa pegunungan (Bukit Menoreh), dengan puncaknya puncak Suroloyo (1019 m), di perbatasan dengan Kabupaten Magelang. Sedangkan di bagian selatan merupakan dataran rendah yang landai hingga ke pantai. Nah, Kulon Progo ini kaya sekali dengan potensi daerahnya salah satunya ada wiasata alamnya. Berikut beberapa rekomendasi wisata alam di Kulon Progo yang bisa dijadikan opsi menarik untuk mengisi hari libur :

  1. Kalibiru

    Sumber : travlespromo.com

Wisata Alam Kalibiru terletak di Hargowilis, Kokap, kabupaten Kulon Progo dengan jarak kurang lebih 40 km dari pusat kota, Kalibiru merupakan harmonisasi antara hijaunya hutan dengan hamparan berbukit yang sangat luas dengan pemandangan yang indah. Awal mula terbentuknya tempat ini adalah sebuah hutan negara yang diolah menjadi tempat wisata. Sebagai tempat wisata yang berada pada dataran tinggi, Kalibiru mengandalkan pemandangan alam sebagai daya tarik utama bagi wisatawan. Disamping itu, Kalibiru juga memfasilitasi wisatawan untuk melihat pemandangan dengan menara pandang dan gardu pandang yang berbentuk rumah pohon. Fasilitas lain yang ditawarkan oleh Kalibiru yaitu outbond, diantaranya flying foxtrekking dan beberapa permainan lainnya. Ada juga fasilitas pendukung yang tersedia di tempat ini seperti homestay yang berjumlah 6 dengan kapasitas 10 – 15 orang, penjual makanan mulai dari yang ringan sampai yang berat. Juga warung yang serupa dengan kafe, aula joglo untuk pertemuan , toilet , mushola dan free wifi area.

  1. Pantai Glagah
Sumber : garasijogja.com

Lokasi Pantai Glagah berada di Kecamatan Temon, Kulon Progo kira-kira 10 Km dari kota Wates dan kurang lebih 2 km dari jalan raya Jogja – Jakarta.  Pantai Glagah merupakan pantai indah dengan hamparan pasir hitam yang luas sekaligus berlaguna. Di pantai ini terdapat kawasan gumuk pasir dengan rumput grinting dan laguna Glagah yang sangat luas terhampar untuk aktivitas perahu wisata, olah raga kano, kayak, berenang atau memancing. Selain itu juga ada agrowisata buah naga, melon, semangka dan cabai yang dikelola oleh masyarakat. Pantai ini menjadi pilihan favorit para mahasiswa yang di kulon progo lho, tak jarang para mahasiswa banyak menghabiskan waktu untuk bersantai ditempat ini.

Kawasan Glagah secara rutin juga dipakai untuk event motocross, festival layang-layang dan pesta kembang api tahun baru. Pantai Glagah menjadi Muara Sungai Serang yang sekaligus pintu masuk ke Pelabuhan Ikan Tanjung Adi Karta. Sisi barat Sungai Serang menjadi Camping Ground dan Dermaga Wisata Pengunjung yang akan tinggal lama atau ingin mengadakan kegiatan gathering, rapat, pesta bisa memanfaatkan usaha penginapan atau hotel yang terdapat banyak di sekitar Pantai Glagah. Retribusi Objek Wisata Pantai Glagah sekitar 6000 per orang. Cukup terjangkau bukan ?

  1. Pantai Congot
Sumber : antarejatour.com

Pantai Congot membentang luas sepanjang 6,5 Km di Desa Jangkaran, Temon, Kulon Progo di sebelah barat Pantai Glagah atau 15 Km dari Wates. Sungai Bogowonto yang membatasi Purworejo dan Kulon Progo bermuara di Pantai Congot sehingga sangat cocok untuk kegiatan memancing. Pantai Congot adalah tempat melaut sekaligus pendaratan perahu nelayan. Sama seperti Pantai Glagah dan Pantai Trisik, Pantai Congot juga membentang luas dengan pasir hitam yang berasal dari gunung api. Pasir hitam terbawa sampai di laut oleh Sungai Progo di bagian timur (dekat Pantai Trisik) dan Sungai Bogowonto. Di sebelah barat Sungai Bogowonto terdapat dusun Kadilangu dan Pasir Mendit yang masih menjadi bagian Kulon Progo.

Tidak jauh dari Pantai Congot terdapat tempat ritual Gunung Lanang dan Gunung Wadon dimana setiap Malam 1 Suro diadakan upacara ruwatan di situs petilasan Gunung Lanang yang dilanjutkan larung pada pagi harinya di Pantai Congot. Retribusi Objek Wisata Pantai Congot Rp. 5.000,- (per orang)

  1. Air Terjun Kembang Soka
Sumber : dinpar.kulonprogokab.go.id

Wisata Air Terjun Kembangsoka yang beralamat di Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Terletak di lembah sungai hamparan perbukitan Menoreh, udara yang sejuk membuat suasana objek wisata ini bertambah semakin alami.

Nama Kembangsoka disematkan untuk kawasan air terjun ini karena dahulu ada banyak pohon Soka yang tumbuh disana. Masyarakat sekitar pun memberi nama air terjun ini Kembangsoka. Untuk menuju air terjun Kembangsoka wisatawan harus berjalan kurang lebih 200 meter dari parkiran. Setelah sampai di air terjun, wisatawan lanjut berjalan ke arah dasar lembah. Uniknya jalan yang terpasang berupa jembatan kayu yang melintasi tepat di depan air terjun. Setelah bertemu dengan jembatan kayu, wisatawan akan berjumpa dengan air terjun besar yang mengalir ke sebuah kolam besar dibawahnya. Pada akhir jembatan kayu wisatawan disuguhi kolam yang cukup besar berasal dari 2 aliran air terjun. Kelebihan dari air terjun Kembangsoka ini adalah airnya yang tidak pernah surut ketika musim kemarau tiba karena ada 3 sumber mata air di sekitarnya. Fasilitas pendukungpun sudah tersedia seperti warung makan, mushola dan toilet. Jadi wisatawan tidak perlu khawatir untuk menghabiskan hari di Kembangsoka.

  1. Canting Mas Puncak Dipowono
Sumber : hipwee.com

Setelah lama vakum, mulai bulan Desember 2019 ini objek wisata Canting Mas Puncak Dipowono kembali dibuka. Ada banyak wisatawan yang sudah mulai berdatangan. Canting Mas Puncak Dipowono berlokasi di Dusun Clapar 2, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Berbagai fasilitas disana pun telah selesai dibenahi. Spot-spot foto juga ditambah, seperti spot “teras kaca” yang menghadap langsung ke hamparan hijau lanskap daerah Kulon Progo di sisi selatan.

Selain spot foto, di objek wisata ini juga dibangun beberapa tempat dilengkapi kursi dan meja. Wisatawan dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk menghabiskan waktunya.  Dengan suguhan pemandangan alam sembari menikmati minuman, dan makanan kecil yang dijual oleh salah satu warga. Perpaduan bukit hijau, danau,  dan langit biru membentuk sebuah panorama alam nan eksotis. Angin semilir yang tak henti berembus seakan ingin ikut menambah keasrian tempat ini. Inilah yang menjadikan objek wisata Canting Mas sebagai tempat yang cocok untuk melepas penat. Meski akses menuju objek wisata ini harus melewati tanjakan yang menunutut kendaraan dalam kondisi fit, namun semua itu terbayar ketika sudah sampai di atas. Pengelola objek wisata Canting Mas Puncak Dipowono berencana akan mengembangkan tempat wisata ini menjadi sebuah tempat wisata malam kedepannya.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata alam di Kulon Progo. Masih banyak lagi tempat tempat wisata alam lain yang ada di Kulon Progo. Jangan lupa explore dan nikmati keindahan alam Kulon Progo ya !

Baca Juga  Wisata Kekinian : Upside Down World Jogja

Elza Dian Siswanto

Accounting 2018 Yogyakarta State University

Related Articles

Back to top button
Close
X