Pojok #UNYuUNY Banget

Beasiswa Apa Aja Yang Ada di UNY ? Yuk Simak

Siapa sih yang tak ingin dapat beasiswa? Selain bisa meringankan orang tua, beasiswa melatih kalian untuk benar-benar menghargai apa yang kalian punya lho. Jika telah mendapat beasiswa, kalian harusnya belajar lebih rajin dan berusaha menginspirasi orang lain. Jangan sampai beasiswa melenakan kalian untuk boros dan mager meraih prestasi di kampus.

pic : estetikapers. com

Pasti ingin tahu kan beasiswa apa saja yang ada di UNY? Simak baik-baik ya…

  • Bidikmisi
    Dikutip dari bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id, bidikmisi yaitu bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA atau sederajat yang memiliki potensi akademik baik tetapi memiliki keterbatasan ekonomi. Pendaftaran Bidikmisi biasanya dibuka saat kalian masih SMA. Jadi, untuk kalian yang masih SMA sering-seringlah konsultasi dengan guru BK mengenai sistem pendaftaran Bidikmisi. Nantinya, saat kalian telah menjadi mahasiswa baru di suatu universitas, pihak universitas tersebut akan melakukan survei ke rumah kalian untuk mempertimbangkan apakah layak mendapatkan Bidikmisi atau tidak. Berdasarkan pengalaman dari beberapa mahasiswa Bidikmisi UNY, mereka mendapatkan Rp650.000 per bulan dan terbebas dari biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT). Pembiayaan ini berlangsung hingga mahasiswa lulus (tepat waktu). Untuk mengetahui persyaratan dan informasi lebih lanjut, silakan kalian berkunjung ke website resminya bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id.
  • Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)
    Beasiswa yang satu ini sangat terbuka untuk mahasiswa dari berbagai kalangan, asalkan nilai IPK memenuhi syarat. Apakah hanya mahasiswa dengan IPK nyaris 4 (sempurna) yang bisa lolos? Ternyata tidak. Untuk di UNY, persyaratan bagi calon penerima PPA tak hanya tentang besaran IPK, namun juga sertifikat/piagam penghargaan yang didapat, surat rekomendasi, surat keterangan sehat, dll. Sejatinya, tiap kampus telah diberi porsi sekian untuk memilih mahasiswanya sebagai penerima Beasiswa PPA. Jadi, saingan kalian hanyalah teman kalian sendiri. Peluang ini tentu lebih mudah didapat asalkan kalian memaksimalkan untuk memenuhi semua persyaratan. Biasanya, pendaftaran Beasiswa PPA akan dibuka pada awal tahun ajaran baru. Lebih lanjutnya silakan bertanya pada pegawai bagian kemahasiswaan di fakultas kalian masing-masing.
  • Beasiswa Afirmasi
    Beasiswa ini bisa didapat untuk kalian yang berasal dari daerah 3T (Terdepan, Terluar, Terbelakang), anak TKI, atau dari Papua. Beasiswa ini bisa dibidik sejak kalian masih SMA, yang tentunya masih melalui proses seleksi. Berdasarkan informasi dari Kak Andry Bangsawan selaku Ketua Ikatan Mahasiswa Afirmasi UNY, jika kalian lolos akan bebas biaya pendidikan untuk kuliah di UNY dan biaya hidup Rp6.000.000 per semester.
Baca Juga  Sudut-sudut Romantis Kampus UNY

Ketiga beasiswa di atas adalah macam-macam beasiswa yang dikelola UNY. Namun, bagaimana jika kalian ingin berburu beasiswa lain? BOLEH BANGET DONG…
Perhatikan dengan cermat ya beberapa beasiswa berikut. Pastikan jangan sampai lolos 🙂

  • Beasiswa Unggulan dari Kemdikbud
    Beasiswa ini termasuk jarang diketahui oleh para mahasiswa. Padahal, nominal yang didapatkan sungguhlah besar lho. Beasiswa ini bisa dibidik oleh siapapun, entah dari keluarga kurang mampu atau keluarga yang berkecukupan sekalipun. Yang dibutuhkan adalah kegigihan mempersiapkan syarat-syarat yang cukup rumit untuk seleksi administrasi dan wawancara. Untuk seleksi administrasi, jangan lupa siapkan esai dan proposal studi terbaikmu agar reviewer merasa yakin bahwa kalian pantas menerima beasiswa ini. Jika perjuangan kalian sudah diridhoi Tuhan untuk menjadi penerima Beasiswa Unggulan, siap-siaplah mendapatkan bantuan dana untuk biaya pendidikan, biaya hidup, hingga biaya buku! Info selengkapnya buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id.
  • Beasiswa Bakti Nusa
    Untuk kalian yang gigih ingin menjadi aktivis muslim yang memiliki kemampuan leadership unggul, cobalah mendaftar Beasiswa Bakti Nusa. Selain diberikan dana pendidikan, sang penerima beasiswa ini juga akan dibina untuk dididik menjadi pemimpin muslim berintegritas, cendekia, transformatif, dan melayani masyarakat. Bersyukurlah kalian sebagai mahasiswa UNY karena kampus tercinta kita ini masuk ke dalam daftar kampus yang bisa mendaftar Beasiswa Bakti Nusa. Tanpa cas cis cus, langsung cari infonya di baktinusa.id.
  • Beasiswa Bank Indonesia
    Siapa sih yang tak tahu Bank Indonesia? Sebagai bank sentral di negeri tercinta ini, Bank Indonesia menyediakan beasiswa untuk generasi-generasi pertiwi. Beasiswa BI ini dibagi dua, yaitu beasiswa reguler dan beasiswa unggulan. Beasiswa reguler bisa didapat untuk kalian yang berasal dari keluarga pra-sejahtera. Beasiswa unggulan bisa didapat untuk kalian yang tidak berasal dari keluarga pra-sejahtera. GENBI adalah sebutan untuk mereka penerima Beasiswa Bank Indonesia. Selain mendapatkan dana pendidikan, GENBI juga berkesempatan untuk ikut kegiatan-kegiatan sosial yang diadakan oleh BI. Jadi, untuk kalian yang senang membangun relasi jangan sia-siakan kesempatan ini ya! Langsung aja cek genbi.id.
Baca Juga  Tips Agar Kamu Tidak Sering Ribut dengan Pasanganmu

Itulah macam-macam beasiswa yang bisa kalian incar. Jangan menyerah untuk rutin memantau kapan beasiswa idaman mulai membuka pendaftarannya. Selain beasiswa di atas, sebenarnya masih banyak macam beasiswa lain yang bisa kalian bidik. Jangan sungkan untuk memperluas relasi dan bertanya pada kakak tingkat mengenai macam-macam beasiswa yang ada di dunia kampus. Semangat berburu beasiswa! Hilangkan kata menyerah jika kamu gagal mendapatkan satu beasiswa! Masih ada beasiswa lain yang siap menunggumu!

Anis Safitri

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2017

Related Articles

Back to top button
Close
X