PMB UNYPojok #UNYu

Berikut Daftar Prodi Sepi Peminat SM UNY 2020

Hi Sobat UNYu, bagi kamu pejuang masuk UNY ada kabar baik nih, setelah perjuangan panjang melewati SNMPTN dan SBMPTN sudah waktunya mencapai tantangan terakhir untuk memasuki UNY yakni seleksi mandiri (SM UNY).

Setelah melaksanakan UTBK-SBMPTN, kawan-kawan masih memiliki kesempatan untuk mengikuti seleksi mandiri yang telah dibuka oleh berbagai perguruan tinggi negeri salah satunya UNY. Kesempatan emas ini tentu wajib dioptimalkan sebaik-baiknya bagi calon mahasiswa baru yang ingin memasuki Perguruan Tinggi Negeri seperti UNY. Sembari menunggu pengumuman SBMPTN 2021 tanggal 14 Juni nanti, tidak ada salahnya untuk mencoba seleksi mandiri ini.

Universitas Negeri Yogyakarta sendiri membuka Seleksi Mandiri (SM) yang terdiri atas 7 jalur pada tahun 2021 ini yakni :

  1. SM S1 Prestasi Unggul
  2. SM S1 Prestasi Akademik
  3. SM S1 Talent Scouting
  4. SM S1 Olahraga Unggul
  5. SM S1 CBT (Computer Based Test) di Kampus/Domisili
  6. SM S1 Skor UTBK (Menggunakan Skor UTBK)
  7. SM S1 Kerjasama

Dari berbagai jalur seleksi mandiri tersebut tentu memiliki keketatan masing-masing, selain itu terdapat pula beberapa prodi yang diperkirakan sepi peminat berdasarkan Seleksi Mandiri UNY tahun 2020 lalu dan juga diperkirakan untuk tahun ini. Berikut beberapa pilihan prodi di UNY dengan persaingan yang tidak terlalu ketat dan bisa jadi pilihanmu :

Prodi S1 Saintek dengan peminat terendah di SM UNY 2020 :

  1. S1 Ilmu Keolahragaan (FIK)

Program Studi pertama dapat menjadi pilihan bagi yang mengambil rumpun Saintek adalah Prodi S1 Ilmu Keolahragaan atau biasa disebut IKOR. Prodi ini merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK). Dalam prodi ini juga terdapat beberapa konsentrasi keahlian yang dapat dipilih seperti bidang olahraga adaptif, kebugaran jasmani, terapi dan rehabilitasi fisik, serta manajemen olahraga.

Lulusan prodi ini secara umum dapat menjadi Konsultan keolahragaan, Manajer keolahragaan, Instruktur keolahragaan, Analis dan peneliti keolahragaan, serta Tenaga Kesehatan nonmedis bidang keolahragaan.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung bagi yang mengambil jalur Seleksi Mandiri sebesar 17 kursi dan pada tahun 2020 memiliki peminat cukup rendah yakni 40 orang.

  1. S1 PGSD Pendidikan Jasmani (FIK)

Program Studi kedua yang patut kamu pertimbangkan adalah Prodi S1 PGSD Pendidikan Jasmani. Berbeda halnya dengan Prodi saudaranya yakni Prodi S1 Penjas Rekreasi yang menjadi Favorit bagi para calon guru Olahraga di Sekolah. Prodi ini justru mengkhususkan diri dengan berfokus pada pendidikan olahraga di Sekolah Dasar (SD). keberadaan Guru ini sangat dibutuhkan karena memiliki keterampilan khusus seperti ketelatenan, sikap cinta anak dan lemah lembut berbeda halnya dengan Guru Olahraga pada umumnya yang disiplin keras seperti di sekolah menengah.

Selain tentunya menjadi Guru Olahraga SD, beberapa lulusan prodi ini umunya juga menjadi Tenaga pendidik pendidikan jasmani di sekolah dasar dengan  kompetensi kepribadian, pedagogi, profesional, dan sosial, Widyaiswara, tenaga pendidik pendidikan jasmani dan Tenaga pendidik pendidikan jasmani di sekolah dasar.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung bagi yang mengambil jalur Seleksi Mandiri sebesar 34 kursi dan pada tahun 2020 memiliki peminat sangat rendah yakni 43 dari 36 orang.

  1. S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (FIK)

Masih dalam lingkup Fakultas Ilmu Keolahragaan, Prodi sepi peminat selanjutnya jatuh kepada Prodi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga atau biasa disebut PKO jurusan ini sangat tepat bagi kamu. Banyak dosen/mahasiswa yang telah menjadi pemain-pelatih profesional dan bergabung dengan Timnas. Nah selain itu prodi ini juga pernah menjadi tempat kuliah skuad Timnas Indonesia U-19 diantaranya seperti Evan Dimas serta 24 orang lainnya.

Baca Juga  Jika Gelombang Theta Telah Memasuki Otak Mahasiswa Saat di Kelas

Lulusan prodi ini secara umum dapat menjadi tenaga Kependidikan kepelatihan olahraga, ahli di bidang kepelatihan olahraga, konsultan olahraga prestasi, Tenaga ahli laboratorium olahraga prestasi, Manajer olahraga prestasi, Peneliti olahraga prestasi dan Ilmu Kepelatihan, Serta konsultan sport facility & industry pada prestasi olahraga.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung bagi yang mengambil jalur Seleksi Mandiri sebesar 34 kursi dan pada tahun 2020 memiliki peminat masih terhitung sedikit yaitu 77 orang.

  1. S1 Pendidikan Elektronika (FT)

Prodi sepi peminat berikutnya di Seleksi Mandiri UNY adalah Prodi S1 Teknik Elektronika yang merupakan bagian dari Fakultas Teknik (FT). Prodi ini sering disamakan dengan Prodi Favorit S1 Pendidikan Teknik Elektro namun memiliki perbedaan diantara keduanya, Teknik Elektro lebih banyak berbicara mengenai listrik sedangkan elektronika berfokus pada konsep elektronika dan aplikasinya.

Lulusan prodi ini secara umum dapat menjadi tenaga kependidikan, supervisor dan advisor di bidang teknik elektronika, serta wirausahawan.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung bagi yang mengambil jalur Seleksi Mandiri sebesar 12 kursi dan pada tahun 2020 memiliki peminat masih terbilang lumayan sedikit yaitu 95 orang.

  1. S1 Pendidikan Mekatronika (FT)

Masih dalam lingkup Fakultas Teknik, Prodi sepi peminat kelima di Seleksi Mandiri UNY 2020 adalah Prodi S1 Teknik Elektronika. Di prodi ini banyak mempelajari konsep di bidang sistem mekatronika berbasis PLC. Prodi ini termasuk cukup baru di UNY. Hadirnya prodi menjawab tantangan Revolusi Industri 4.0 yang banyak berhubungan dengan mesin-mesin industri yang berkaitan dengan Informatika, Elektronik, dan Komputer. Bidang Mekatronika sendiri meliputi basic menchanic, basic electronic, dan basic computer.

Lulusan prodi ini secara umum dapat menjadi tenaga kependidikan, konsultan dan teknisi di bidang teknik mekatronika yaitu sinergis antara sensor, actuator, controller, dan mechanic interface. Lulusan yang memiliki keahlian Mekatronika diprediksi banyak dibutuhkan industri modern saat ini dan masa depan, sehingga prospek  kerja bagi lulusan di bidang ini sangat menjanjikan.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung bagi yang mengambil jalur Seleksi Mandiri sebesar 25 kursi dan pada tahun 2020 memiliki peminat masih terbilang lumayan juga yaitu 124 orang.

Prodi S1 Soshum dengan peminat terendah di SM UNY 2020 :

  1. S1 Pendidikan Seni Kerajinan  (FBS)

Program studi pertama yang dapat menjadi pilihan di rumpun soshum adalah prodi S1 Pendidikan Seni Kerajinan dapat disebut juga sebagai Pendidikan Seni Kriya. Prodi sangat cocok bagi kamu yang memiliki jiwa kreatif dan juga pendidik. Dalam prodi banyak belajar menciptakan karya yang memiliki nilai kebudayaan disamping nilai guna.

Beberapa profil lulusan S1 Pendidikan Seni Kerajinan dapat menjadi Guru/Pendidik Seni Kriya, Widyaiswara, Instruktur Seni, dan Pengelola Seni seperti pengrajin, pelestari, penguasa seni kriya. Selain itu lulusan prodi ini juga diharapkan menjadi pencipta seni kriya yang mampu menciptakan karya baru, serta mampu memanfaatkan teknologi guna pengembangan seni kriya lebih lanjut.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung bagi yang mengambil jalur Seleksi Mandiri sebesar 25 kursi dan pada tahun 2020 memiliki peminat cukup rendah yakni 65 orang.

  1. S1 Pendidikan Bahasa Perancis (FBS)
Baca Juga  Jangan “Corona” Untuk Lawan Covid-19

Prodi soshum yang terhitung sepi peminat adalah Prodi S1 Pendidikan Bahasa Perancis yang juga berada dalam lingkup Fakultas Bahasa dan Seni. Dalam prodi ini tentu saja berfokus pada pembelajaran bahasa dan sastra perancis, ilmu linguistik, kesusastraan, bahkan sejarah kebudayaan Perancis dan juga budaya-budaya Frankofon.

Beberapa profil lulusan S1 Pendidikan Bahasa Perancis dapat menjadi Guru Bahasa Perancis, Pengajar/Pendidik bahasa perancis di lembaga kursus bahasa, menjadi pemandu wisata dengan bahasa perancis, dan penerjemah.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung bagi yang mengambil jalur Seleksi Mandiri sebesar 25 kursi dan pada tahun 2020 memiliki peminat masih terbilang lumayan sedikit juga yaitu 93 orang.

  1. S1 Kebijakan Pendidikan (FIP)

Program studi sepi peminat selanjutnya datang dari Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP). Prodi tersebut adalah S1 Kebijakan Pendidikan yang berada dibawah jurusan Filsafat dan Sosiologi Pendidikan. Di prodi ini banyak mengkaji dan memadukan kajian filsafat, sosiologi, pendidikan, dan kebijakan.

Beberapa profil lulusan S1 Kebijakan Pendidikan dapat menjadi Analis kebijakan pendidikan, peneliti kebijakan pendidikan, dan dosen.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung bagi yang mengambil jalur Seleksi Mandiri sebesar 13 kursi dan pada tahun 2020 memiliki peminat masih terbilang lumayan juga yaitu 94 orang.

  1. S1 Pendidikan Bahasa Jerman (FBS)

Masih dalam lingkup FBS, prodi yang terhitung memiliki sedikit peminat adalah prodi S1 Pendidikan Bahasa Jerman. Bahasa ini sebenarnya cukup populer untuk dipelajari. Selain itu, bahasa Jerman juga menempati peringkat ketiga sebagai negara yang aktif berkontribusi di bidang litbang dan penyedia beasiswa penelitian untuk ilmuwan asing.

Beberapa profil lulusan S1 Pendidikan Bahasa Jerman dapat menjadi pendidik dan guru bahasa Jerman yang terampil, Pemandu Wisata berbahasa Jerman, Sebagai Penerjemah bahasa Jerman. Di samping itu, lulusan diharapkan mampu  menguasai bahasa Jerman setingkat B2 sesuai dengan GER (Gemeinsames europäisches Referenzrahmen) di bidang kependidikan dan pengajaran, kepariwisataan, dan penerjemahan.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung bagi yang mengambil jalur Seleksi Mandiri sebesar 25 kursi dan pada tahun 2020 memiliki peminat masih terbilang lumayan juga yaitu 106 orang.

  1. S1 Pendidikan Luar Sekolah (FIP)

Prodi Soshum terakhir yang masih tergolong sepi peminat adalah prodi S1 Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Dalam prodi ini banyak mempelajari berbagai problematika yang terjadi dalam pendidikan masyarakat. Memang dalam PLS ini lebih banyak berfokus pada pendidkan sosial masyarakat dan melakukan berbagai pemberdayaan masyarakat.

Beberapa profil lulusan S1 Pendidikan Luar Sekolah dapat menjadi Pamong belajar, Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat, Tutor/ Instruktur/Pelatih, Penyuluh, Widyaiswara, Pendamping Masyarakat, Penggerak Swadaya Masyarakat, Tenaga Fasilitator Desa, dan Pendidik sosial lainnya.

Untuk tahun 2021, program studi ini memiliki daya tampung bagi yang mengambil jalur Seleksi Mandiri sebesar 27 kursi dan pada tahun 2020 memiliki peminat masih terbilang lumayan juga yaitu 112 orang.

Nah, itulah informasi mengenai prodi sepi peminat SM UNY pada tahun 2020 lalu. Dengan informasi tersebut dapat menjadi pertimbangan kamu serta tidak ada salahnya apabila kamu berniat dan mencoba mendaftar masuk prodi-prodi tersebut. Mengingat Seleksi Mandiri ini merupakan rangkaian seleksi akhir bagi S1 untuk masuk menjadi Mahasiswa Baru UNY tahun ini.

Naufal Shidqi Laras

Mahasiswa S1 Ilmu Sejarah UNY 2018 mnaufalshidqi.wordpress.com

Related Articles

Back to top button
Close
X