Buat Kamu Calon Guru, Lakukan 5 Hal Penting Berikut Untuk Menciptakan Suasana Kelas Kondusif | UNY COMMUNITY
Saturday , 27 May 2017
Home / Pojok #UNYu / Buat Kamu Calon Guru, Lakukan 5 Hal Penting Berikut Untuk Menciptakan Suasana Kelas Kondusif

Buat Kamu Calon Guru, Lakukan 5 Hal Penting Berikut Untuk Menciptakan Suasana Kelas Kondusif

Mendengar kata guru, maka yang muncul dalam benak kita adalah kelas. Suasana kelas yang kondusif dapat memberikan efek positif dalam kegiatan belajar mengajar. Namun, fakta dilapangan tak jarang masih ditemui suasana kelas yang pasif. Guru menyampaikan materi, siswa mencatat. Bagi kamu, teknik pengajaran seperti itu rasanya sangat membosankan, kamu juga merasakannya kan?. Sebagai seorang guru, ia dituntut untuk bisa mengolah hatinya dengan baik sasat berhadapan dengan peserta didik, sehingga suasana menjadi aktif dan tidak membosankan. Berikut ini ada beberapa petuah penting untuk suasana kelas kamu kelak:

1. Kontak Mata yang Baik dengan Peserta Didik

Dengan melakukan hal ini, secara tidak langsung kamu terkesan menunjukan tentang keterbukaan dan kesungguhan kepada peserta didik. kamu bisa merasakan sendiri bagaimana rasanya diajar seorang guru tetapi tatapan guru tidak tertuju kepada siswa yang diajarnya. Memang tatapan mereka tertuju kepada siswa, tetapi tatapan itu sebuah tatapan yang kosong. kamu tahu sendiri lah kaya apa itu tatapan kosong. Maka dari itu, ada baiknya membangan kontak mata dengan peserta didik dengan baik, sehingga bisa menimbulkan interaksi ataupun timbal balik yang baik di kelas.

2.Ekspresi dan Impresi serta Gerak Tubuh

Pernah kan liat guru yang raut mukanya datar-datar saja? Yang tidak memberikan ekspresi dan impresi (kesan) saat mengajar? pastinya sangat membosankan bukan? Hal demikian seharusnya tidak dilakukan di kelas. Hal tersebut tidak menunjukan ketertarikan pada topik pembicaraan (pelajaran). Untuk kamu calon guru, coba deh berikan ekspresi dan kesan yang menarik kepada peserta didik sehingga mereka merasa betah memperhatikan materi yang diberikan. Jika kamu saja tidak meberikan kesan yang baik terhadap materi tersebut, bagaimana mungkin mereka mau memperhatikan. Soo, kasih deh ekspresi dan kesan terbaik mengenai materi yang disampaikan.

3.Selingan Pembicaraan Untuk Mengatasi Rasa Bosan dan Jenuh

Seberapa pun kondusif suasana kelas kalian, pasti ada fase dimana peserta didik merasa bosan. Nah, untuk mengatasi rasa bosan atau jenuh itu, bisa kamu masukan selingan pembicaraan yang bisa menghilangkan jenuh itu. Bisa bercerita tentang pengalaman yang ada sangkut pautnya dengan materi itu. tapi semua itu terserah kamu juga, kamu bisa cerita apa pun yang penting pada akhirnya peserta didik bisa fokus kembali terhadap materi yang sampaikan deh.

baca juga : Untuk Guru Baru, Begini Caranya Agar Muridmu Nggak Bandel Lagi

4.Mengulang atau Mencuplik Kata Peserta Didik

Yang dimaksud disini bisa mengapresiasi pendapat peserta didik. Dalam mengapresiasi bisa mencuplik pendapat itu terlebih dahulu baru di koreksi apakah benar atau tidak. Jika ada siswa yang berargumen dan ternyata argumen itu salah, jangan langsung disalahkan argumen itu. ada baiknya mencuplik argumen itu baru secara halus, jelaskan bahwa argumen itu kurang tepat. Dengan demikian, siswa tersebut tidak kecil hati dan tidak takut untuk berargumen lagi kemudian.

5.Profesionalitas

Artinya kalian harus bisa menyesuaikan keadaan baik hati, pikiran dan emosional kalian. Jangan sampai masalah di luar kelas terbawa ke dalam ruang kelas. Hal demikian sangat mengganggu kegiatan belajar mengajar di kelas. dan jika kamu tidak suka terhadap salah satu siswa, jangan sampai rasa tidak suka itu di ketahui oleh peserta didik. So, intinya harus bisa bersikap secara profesional yaa.

Nah demikian beberapa petuah yang bisa kamu coba, terutama buat para calon guru. Salam Pendidikan!!!

About Andan Prayoga

Kutu Buku yang suka makan makanan pedas|

Check Also

Hai MABA UNYu?? Ini Loh Tipe-tipe Kakak Tingkat Kalian

Sebagai mahasiswa baru atau biasa disingkat MABA, pastinya kalian akan mengalami masa-masa beradaptasi. Mulai dari …