Bukit Pengilon, Pesona Padang Rumput Hijau di Tepi Pantai Gunungkidul | UNY COMMUNITY
Sunday , 20 August 2017
Home / Jogjaku / Bukit Pengilon, Pesona Padang Rumput Hijau di Tepi Pantai Gunungkidul

Bukit Pengilon, Pesona Padang Rumput Hijau di Tepi Pantai Gunungkidul

Yogyakarta tidak pernah berhenti menyuguhkan keindahan alamnya. Pesona wisata pantai khususnya pantai-pantai yang berada di pesisir selatan  Kabupaten Gunungkidul selalu menarik perhatian para wisatawan asing maupun domestik. Pantai tidak hanya menyuguhkan keindahan ombaknya, namun juga tebing-tebing dan bukit yang mampu memanjakan wisatawan dalam menikmati indahnya sunrise maupun sunset.

Foto : dokumen pribadi

Salah satu wisata pantai untuk berburu sunrise adalah Bukit Pengilon yang berada di atas Pantai Siung. Bukit ini beralamat di Dusun Balong, Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta. Perjalanan menuju Pantai Siung memerlukan waktu kurang lebih 1,5  jam dari kota Wonosari melalui Jalan Baron kemudian mengikuti petunjuk arah ke Pantai Siung. Sebelum sampai di pintu masuk pantai, terdapat Tempat Pemungutan Retribusi yang nantinya setiap kendaraan akan diminta membayar biaya retribusi. Biaya restribusi untuk kendaraan sepeda motor sebesar Rp 5.000, dan untuk mobil sebesar Rp 10.000.

Foto : dokumen pribadi

Sesampainya di Pantai Siung kamu harus memarkirkan sepeda motor kemudian  berjalan menaiki bukit dan tebing kurang lebih 1,5 km dengan medan yang cukup terjal sehingga harus selalu berhati-hati karena kondisi jalan yang hanya setapak dengan jurang di salah satu sisi yang langsung menuju ke laut. Disarankan jika ingin menikmati sunrise di Bukit Pengilon adalah bermalam disana dengan membawa peralatan camping sendiri dan sebaiknya pilih musim yang tepat serta jangan terlalu malam untuk menaiki bukit, karena jika musim hujan maka jalan setapak tersebut akan sangat licin dan berlumpur. Jika kamu bermalam disana, biaya yang dibutuhkan untuk menyewa tempat adalah Rp 20.000/tenda dan biaya naik ke bukit Rp 2.000/orang.

Foto : dokumen pribadi

Setelah berhasil mencapai Camping Area Bukit Pengilon kamu bisa memilih tempat untuk mendirikan tenda dan menyalakan api unggun untuk mengurangi dinginnya angin laut yang menerpa tubuh. Kayu bakar untuk api unggun bisa dibeli di pinggir pantai sebelum kamu menaiki bukit pengilon.  Esok harinya jangan lupa untuk bangun pagi agar tidak ketinggalan melihat momen matahari terbit. Selain keindahan sunrise, saat di bukit pengilon kamu juga akan disuguhi pemandangan bukit yang indah di sisi utara, laut yang luas di sisi selatan, serta ombak-ombak yang menabrak karang.

About Winda Puspita Sari

Mahasiswi Pendidikan Teknik Informatika 2016