Pojok #UNYuTips

Cara Bijak Menyikapi Hari Ulang Tahunmu

Hari ini, hari yang kau tunggu. Bertambah satu tahun, usiamu. Bahagialah kamu. Cieee siapa nih yang lagi ulang tahun? Selamat ulang tahun ya! Hayo siapa yang suka kalau pas ulang tahun dirayain? Hmm perayaan hari ulang tahun kan identik dengan pesta-pesta tuh, tetapi ada lho cara bijak kita untuk menyikapi hari ulang tahun. Bagaimana itu?

1. Proses perenungan diri

Ini penting banget lho gengs. Semakin bertambahnya usia, kamu juga harus semakin dewasa dan dapat berpikir matang sesuai usiamu. Bukan malah semakin tua usiamu, tetapi semakin kanak-kanak perilakumu. Bisa jadi pada saat hari ulang tahunmu itu menjadi waktu yang pas untuk proses perenungan diri. Kamu harus dapat merenungkan apa yang telah kamu lakukan selama perjalanan hidup kamu, sudah benarkah semua perilakumu selama ini, apakah kamu banyak melakukan kesalahan dan menyakiti banyak orang? Nah setelah proses perenungan, tentunya kamu akan mendapatkan manfaat. Kamu jadi tahu apa sifat-sifat burukmu selama ini. Sehingga dalam hal ini menjadi langkah awal untuk merubah sifatmu menjadi lebih baik lagi. Benar gengs, setiap orang itu pasti punya kesalahan, tetapi orang yang bijak pastinya akan mau merubah diri dan tidak akan melakukan kesalahan yang sama.

2. Perayaan ulang tahun itu tidak perlu pakai pesta

Jangan sampai ya gengs hanya demi perayaan pesta ulang tahun yang terkesan wah, kamu sampai meminta uang kepada orang tuamu dengan cara paksa. Padahal saat itu orang tuamu sedang tidak ada banyak uang. Gengs, ulang tahun itu tidak perlu dirayakan dengan pesta yang wah. Walaupun kamu tidak dapat mengundang teman-temanmu untuk hadir di rumahmu, lebih baik manjakan dirimu sendiri. Perayaan pesta dan mengundang teman ke rumah itu juga bukan barang wajib kok gengs. Kalau kamu nggak mampu yaudah cari alternatif lain. Kan kamu bisa masak-masak gitu bareng keluargamu. Nanti hasilnya dimakan bareng-bareng. Ulang tahunmu bakal lebih berkesan lho.

Baca Juga  Camaba 2019 Wajib Baca; Ini Dia Animo PMB UNY 2018 !

3. Daripada menghamburkan uang, salurkan rezekimu ke orang yang membutuhkan

Patut disyukuri ketika kamu memiliki rezeki yang lebih. Tapi bukan berarti dengan seenaknya sendiri kamu hamburkan rezeki itu. Daripada buat biaya pesta, lebih baik rezeki yang kamu punya untuk disalurkan ke orang yang membutuhkan. Misalnya kamu menyantuni anak yatim, atau berbagi nasi bungkus kepada anak-anak jalanan seperti pengamen gitu atau ke tukang becak gitu. Rezeki yang kamu bagikan akan memberikan manfaat kepada banyak orang. Sungguh mulia sekali kan gengs?

4. Ucapan ulang tahun dari orang lain jangan jadikan sebagai kewajiban

Lihat sendiri kita ini siapa gengs. Apa iya semua orang yang kenal kamu harus mengucapkan “selamat ulang tahun” kepadamu? Nggak juga kan gengs? Kalau ada teman yang ingat dan tahu hari ulang tahunmu ya alhamdulillah, kalau nggak ada yaudah sih nggak usah diambil pusing. Toh nggak penting-penting banget ucapan dari orang lain. Apalagi kalau ngucapinnya di sosial media dan cuma copy paste ucapannya orang lain. Beeeuh itu malah bikin males. So, kalau ada yang ngucapin ya bersyukur, kalau nggak ada yaudah nggak papa.

Baca Juga  Festival Watu Giring, Mengingatkan Pada yang Terlupakan

5. Nggak usah minta kado dari orang tua atau pacar kamu

Kado di saat ulang tahun itu juga nggak penting-penting banget kok. Yang lebih penting itu doanya yang baik-baik dari orang yang ngucapin. Kalau kamu udah jadi mahasiswa, masih pantas minta kado ulang tahun ke orang tua? Hallo, usiamu berapa gengs? Kalau usia udah sampai kepala dua masih pantaskah minta kado ke orang tua? Hmm coba pikir kembali ya. Selain itu kamu juga nggak usah minta kado dari pacar kamu, apalagi minta kado yang aneh-aneh, barangnya susah dicari, atau yang mahal-mahal, duh kasihan pacar kamu dong. Jadi jangan banyak permintaan ke pacar kamu ya. Tapi kalau seandainya memang pacar kamu memberikan kejutan tanpa kamu yang minta, itu sih sah-sah saja. Lagian dia juga pengen nyenengin kamu kan? Cieee.

Bekti Renggani

Sastra Indonesia | 2014 | Mahasiswi yang suka nonton anime dan makan makanan Jepang

Related Articles

Back to top button
Close
X